oleh

PAMI NTT Lakukan Inspeksi Sanitasi dan Survei Kepadatan Lalat di Oesapa

KUPANG, suluhdesa.com | Pergerakan Anggota Muda IAKMI Daerah Nusa Tenggara Timur (PAMI NTT) Melakukan Inspeksi Sanitasi Tempat Wisata (Pasar Oesapa, Pantai Warna Oesapa, Kolam Batu Nona) Serta Survei Kepadatan Lalat di Pasar Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang Pada Sabtu (04/09/2021).

Kegiatan Inspeksi Sanitasi Tempat Umum dan survei kepadatan lalat yang dilakukan oleh PAMI NTT berlangsung sehari penuh. Peserta dibagi dalam tiga kelompok kecil yang pada tiap kelompoknya terdapat seorang mentor yang memandu proses inspeksi dan survei kepadatan lalat.

Sebelum kegiatan dimulai, para peserta dibreafing oleh masing-masing mentor dalam tiap-tiap kelompok yang sudah dibagi kurang lebih selama lima belas menit. Setelah breafing dilakukan kelompok berpencar menurut lokasi yang sudah ditentukan.

Kelompok pertama di dalam pasar Oesapa, Kelompok Kedua di Pantai Warna dan Kelompok ketiga di Kolam Batu Nona.

Kegiatan pertama yang dilakukan adalah inspeksi. Setelah inspeksi selesai, semua kelompok kembali ke titik kumpul untuk selanjutnya menghitung skor yang didapatkan. Setelah penghitungan skor, selanjutnya kelompok berlanjut dengan kegiatan survei kepadatan lalat yang lokasinya di dalam pasar Oesapa.

BACA JUGA:

Mahasiswa FKM Undana Kupang dan Panti Asuhan Sonaf Maneka Lakukan Ketahanan Pangan

Rayakan BKSN 2021, KUB St. Yoseph Pekerja Oebobo Selenggarakan Katekese

Anggota TNI AD Tanam 1000 Mangrove di Pantai Oesapa

Untuk mencegah kerumunan, tiap kelompok bergilir untuk melakukan survei. Setelah survei dilakukan, tiap kelompok kembali ke titik kumpul untuk selanjutnya melakukan  penghitungan skor.

Pantauan media ini, pada lokasi kegiatan semua peserta sangat antusias.

“Kegiatan ini sangat menarik bagi saya dan teman-teman, kami sangat bersemangat. Saya senang karena ada hal baru yang saya peroleh. Ilmu Kesehatan Masyarakat betul-betul kami aplikasikan disini. Kegiatannya berjalan cukup baik meskipun ada kendala bagi kami, tetapi dengan adanya kaka-kaka mentor, kami sangat terbantu,” ungkap Anastasia Irena yang merupakan salah satu peserta kegiatan.

“Kegiatan ini menjadikan kami tetap produktif dalam situasi Pandemi untuk mengimplementasikan teori yang kami dapat di kampus. Dengan kondisi Pandemi, seperti sangat sulit bagi kami untuk praktik langsung. Namun, kegiatan ini membuka jalan bagi  kami lebih untuk lebih paham mengenai ilmu kesehatan masyarakat khususnya inspeksi sanitasi dan survei kepadatan lalat,” lanjut Anastasia.

Simon Lenggu yang merupakan salah satu mentor mengungkapkan bahwa sangat senang bisa menjadi mentor dalam kegiatan tersebut.

” Saya selaku salah satu mentor dalam kegiatan ini sangat senang karena melihat antusiasme dari semua peserta. Yahh tidak bisa dipungkiri masih banyak kekurangan namun ini merupakan awal yang baik,” ucap Simon .

Ia menambahkan, “untuk kegiatan kali ini sudah cukup baik. Para peserta mudah memahami apa yang dilakukan. Namun, ada beberapa variabel yang belum bisa diukur karena kekurangan sarana penunjang seperti alat ukur. Saya harap agar PAMI NTT terus dan akan melakukan kegiatan semacam ini ke depannya.”

Ni Kadek I Mandala Putri Selaku Ketua Daerah PAMI NTT saat ditemui dilokasi kegiatan mengungkapkan bahwa kegiatan inspeksi sanitasi tempat umum dan survei kepadatan lalat merupakan suatu upaya dari PAMI NTT untuk meningkatkan kapasitas anggota dalam mendalami ilmu kesehatan masyarakat.

“Kegiatan Inspeksi Sanitasi dan Survei Kepadatan Lalat ini dilakukan untuk melatih dan meningkatkan kemampuan anggota dalam praktik keilmuannya yang belajar Ilmu Kesehatan Masyarakat. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas anggota kami dan semua yang ikut ambil bagian di dalamnya mampu mengaplikasikan teori yang mereka pelajari di kampus. Saya mengharapkan juga agar dengan adanya kegiatan ini para anggota semakin menyadari bahwa ilmu kesehatan masyarakat sangatlah luas,” imbuh Ni Kadek yang merupakan mahasiswa semester 9 FKM Undana Kupang.

Dirinya sebagai Ketua Daerah PAMI NTT mengharapkan agar anggota yang sudah ada terus untuk terus bertahan dan selalu aktif ambil bagian dalam kegiatan apapun yang dilakukan oleh PAMI NTT Ke depan.

“Terima kasih untuk semua yang mendukung  kami terutama Pengurus Pasar Oesapa, wisata Pantai Warna dan Kolam Renang Batu Nona,” tutup Ni Kadek. (Erik Jamu/Erik Jamu)

DomaiNesia

Komentar

News Feed