oleh

SI PINTAR Mengawasi Pemilu Secara Cerdas

PAPUA BARAT, suluhdesa.com | Keterlibatan seluruh komponen bangsa dalam Pemilu merupakan salah satu indikator terselenggaranya Pemilihan Umum (Pemilu) secara demokratis. Keterlibatan yang dimaksud tentunya terhadap keseluruhan proses dan tahapan Pemilu. Atas dasar ini, Bawaslu menyadari bahwa salah satu poin penting dalam Pemilu adalah ketersediaan informasi publik secara cepat, aktual, transparan, dan dapat dipercaya. Bawaslu, dalam tugasnya sebagai salah satu penyelenggara Pemilu, perlu memastikan ketersediaan informasi publik secara cerdas, yang dengan demikian menjamin dan mengawal kualitas demokrasi dalam Pemilu.

Hal ini disampaikan oleh Beny Wahon, Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Papua Barat kepada Media SULUH DESA, Senin (06/09/2021) siang.

“Salah satunya membangun inovasi proyek SI PINTAR (Sistem Pengelolaan informasi dan Dokumentasi). SI PINTAR merupakan sistem pengelolaan berbasis web. Diharapkan melalui inovasi sistem ini terjadi penguatan dan peningkatan pengelolaan, penyediaan dan publikasi informasi publik,” kata dia.

Menurut Wahon, inovasi proyek ini tentunya akan bermanfaat bagi semua pihak baik itu Bawaslu, masyarakat, maupun reformer. Untuk memastikan tercapainya kemanfaatan itu, sejak awal proyek ini berjalan, Bawaslu telah mengidentifikasi berbagai stakeholder utama dan melibatkan dalam setiap tahapan dan proses, serta berdasar pada rencana strategi marketing yang matang.

BACA JUGA:

Pejabat NTT Pesta Saat PPKM

IRCI Dukung Pembangunan Universitas Okmin Papua

Orang Papua Dapat Pukul, Mereka Hanya Mengatakan Kasihan

“Secara jangka panjang, di Provinsi Papua Barat, tujuan SI PINTAR cuma satu yakni memastikan ketersediaan dan sistem pengelolaan informasi berbasis terbangun dalam lingkup tugas dan wewenang Bawaslu. Untuk memastikan tercapainya tujuan di atas, beberapa capaian jangka pendek mestinya tercapai di antaranya terbangunnya SI PINTAR di sebelas lembaga Bawaslu Kabupaten / Kota se-Provinsi Papua Barat, adanya monitoring dan evaluasi  penerapan penginputan data dan informasi, kemudian tersedianya podcast,” tutur dia.

Aplikasi SI PINTAR

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa, SI PINTAR menjadi media bagi Bawaslu untuk mewujudkan tugas dan wewenang secara optimal dan maksimal. SI PINTAR merupakan cara CERDAS mengawas dan mengawal Pemilu. (idus/msd)

DomaiNesia

Komentar

News Feed