oleh

Rayakan BKSN 2021, KUB St. Yoseph Pekerja Oebobo Selenggarakan Katekese

KUPANG, suluhdesa.com | Komunitas Umat Basis (KUB) St. Yoseph Pekerja Oebobo B, Paroki Santa Maria Assumpta, Keuskupan Agung Kupang, menyelenggarakan katekese Bulan Kitab Suci Nasional (BKSN) minggu pertama secara virtual, pada Jumat (03/09/2021). Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bagian dari program KUB dalam rangka merayakan BKSN 2021, di bawah tema Yesus Sahabat Seperjalanan Kita.

Hadir sebagai fasilitator sekaligus narasumber dalam katekese virtual ini, Katua Komisi Kitab Suci (KAK) Rm. Sipri Senda, Pr. Peserta yang hadir ternyata bukan saja dari KUB yang bersangkutan, tetapi juga dari pelbagai tempat.

BACA JUGA:

BBM OMK KAK: Jangan Biarkan Orang Lain Mengambil Kebahagiaanmu

Romo Dus Bone: OMK HKY Bimoku Cukup Jadi Kunang-kunang

OMK di Betun Gelar Rekoleksi, RD Sipri Senda Jadi Pembimbing

Ketua KUB St. Yoseph Pekerja Oebobo B Sil Tena, menjelaskan bahwa, yang hadir dalam kegiatan ini, selain anggota kelompok KUB yang dipimpinnya, ada juga anggota kelompok tetangga, dari KUB St. Yohanes.

“Juga dari KMK Fakultas Teknik Undana, keluarga Relawan Delkit KAK, serta peserta tertentu dari Maumere,” katanya.

Dalam katekese minggu pertama ini, Rm. Sipri mengajak para peserta untuk membaca dan mendalami teks Mat 14:22-33.

Perikop ini berbicara tentang kisah Yesus berjalan di atas air, menemui para murid yang putus asa dihantam angin sakal berjam-jam. Peserta dituntun mendalami teks ini dalam alur sub tema pertama, Yesus Sahabat bagi mereka yang putus asa.

Dari pendalaman teks, para peserta memahami bahwa berjalan tanpa Yesus itu berat. Tetapi berjalan bersama Yesus, tantangan hidup sebesar apapun bisa dihadapi dan diatasi.

Berdasarkan pemahaman itu, beberapa peserta membagi pengalaman iman. Intisari semua pengalaman itu adalah perjuangan menghadapi tantangan hidup dengan menyertakan Tuhan di dalamnya. Hasilnya luar biasa. Mujizat dialami karena campur tangan Tuhan.

Dengan inspirasi sabda Tuhan ini, para peserta diajak untuk membangun komitmen iman, bahwa perjalanan hidup ke depan seyogyanya selalu menghadirkan Yesus, sang Sahabat yang setia menemani dalam segala situasi, terutama situasi angin sakal yang menerpa hidup. (Rosi/Rosi)

DomaiNesia

Komentar

News Feed