oleh

Upaya Peningkatan Kinerja Guru, UPTD SMPN 10 Kupang Gelar Workshop

KUPANG, suluhdesa.com | Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 10 Kupang,di Jalan Prof. Dr. Herman Johannes, Lasiana, yang berada di bawah naungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, menggelar Workshop Persiapan Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022 yang berlangsung sejak Selasa (27/07/2021) sampai Jumat (30/07/2021).

BACA JUGA:

Belajar di SMPN 10 Kota Kupang; Ada Cinta yang Tulus

Natal Bersama SMPN 10 Kupang: Peristiwa Solidaritas dan Ekspresi Cinta Dalam Perbedaan

Siswa SMPN 12 Kota Kupang Belajar Dari Rumah, Dekatkan Hati Dengan Hati

Kepala SMPN 5 Kota Kupang; Tidak Boleh Lakukan Kekerasan Kepada Anak

Kadis P dan K NTT: Gaji Guru Dibayar Minggu Ini, Nanti Akan Ditransfer

Guru yang Miliki Potensi Menulis Karya Bisa Dimuat di Jurnal UCB Kupang

Kegiatan ini dilaksanakan karena adanya tuntutan pembelajaran yang berbeda dari sebelumnya, serta sebagai suatu upaya menciptakan Merdeka Belajar dalam rangka Revolusi Industri 4.0.

Workshop ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang Drs. Dumuliahi Djami, M.Si, Kepala Bidang Pendidikan Dasar Oktovianus Naitboho, Kepala UPTD SMP Negeri 10 Kupang Johanis Rihy Wattimena, S.Pd, dan para guru dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang Drs. Dumuliahi Djami, M.Si saat membuka workshop itu mengapresiasi semangat para guru SMPN 10 Kupang yang tetap berusaha menjalankan tugas sebagai pengajar dan pendidik meski dibatasi ruang dan waktu karena Pandemi Covid-19.

“Saya memiliki harapan besar bagi para guru untuk tetap memberikan pembelajaran maksimal kepada peserta didik melalui sarana komunikasi online,” ucap Djami.

Workshop ini diawali oleh Daud Lawa, S.Pd., M.Si, yang membawakan materi mengenai penulisan soal berbasis Asesmen Kompetensi Minimum (AKM).

Foto bersama para guru SMPN 10 Kupang bersama Kepala UPTD SMP Negeri 10 Kupang Johanis Rihy Wattimena, S.Pd.

Menurutnya, AKM dapat memonitor tingkat kompetensi minimum guna mempelajari materi yang ditangkap oleh para siswa, dapat menilai efektifitas pengajaran guru, mampu menilai kualitas sekolah, sekaligus dapat membantu pemerintah mengecek sehat tidaknya sistem pendidikan.

“Pembelajaran menurut Asesmen Kompetensi Minimum ini terfokus pada pembelajaran berbasis aktivitas,” jelas Daud yang menjadi Pengawas SMP di Kota Kupang ini.

Selanjutnya, Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas P dan K Kota Kupang Oktovianus Naitboho, S.Pd., M.Si memberikan materi terkait penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

“RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran digunakan sebagai kendali dalam melaksanakan seluruh proses pembelajaran dalam satu tahun ajaran,” ucapnya di hadapan para guru yang mengikuti workshop dengan antusias dan penuh perhatian.

Pelaksanaan workshop diakhiri oleh presentasi para guru terkait RPP yang dirancang untuk tahun ajaran 2021/2022 dengan menerapkan proses penyusunan RPP yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Kali ini, rencana proses pembelajaran berorientasi pada peserta didik mengingat model pembelajaran yang terjadi saat ini adalah pembelajaran jarak jauh.

Walau nampak baru, para guru ditantang untuk memberdayakan segala kemampuan mereka guna mencerdaskan putra/putri bangsa di tengah goncangan Pandemi Covid-19.

Kepala UPTD SMP Negeri 10 Kupang Johanis Rihy Wattimena, S.Pd saat memberikan sambutan penutup menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pengawas dan para guru atas kesetiaan mereka yang mengikuti seluruh rangkaian kegiatan.

“Kehadiran para guru saat PPKM hanya satu kali seminggu dengan protokol kesehatan yang ketat. Proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) sudah dimulai sejak Rabu, 21 Juli 2021 dan seluruh proses belajar dikontrol melalui website kontrol bersama Belajar Dari Rumah (BDR) SMPN 10 Kupang.

Rangkaian workshop persiapan pembelajaran UPTD SMP Negeri 10 Kupang TahunAjaran 2021/2022 ini kemudian ditutup dengandoa, dokumentasi kegiatan, dan santap siang bersama. (Angel Ila Tha/Angel)

DomaiNesia

Komentar

News Feed