oleh

Apel Kendaraan Dinas, Bupati Malaka: Digunakan Dalam Menjalankan Tugas

-Berita, Daerah-160 views

MALAKA, suluhdesa.com | Pemerintah Daerah Kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur menggelar apel kendaraan dinas dan penandatanganan penyerahan aset daerah di lapangan umum Kota Betun dan dipimpin langsung oleh Bupati Malaka, Dr. Simon Nahak, S.H., M.H, pada Selasa (06/07/2021).

Selain itu, apel ini juga dilaksanakan guna memeriksa dan memastikan setiap kelengkapan kendaraan, terutama pajak kendaraan.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Simon Nahak dalam arahannya menegaskan bahwa, kendaraan yang diberikan untuk digunakan sebagai alat transportasi dalam menjalankan tugas negara. Apabila dalam perjalanan, tugas, dan tanggung jawab negara yang diembankan telah selesai, maka kendaraan yang digunakan wajib dikembalikan kepada daerah.

“Kalau tugas dan tanggung jawab sudah selesai, wajib kembalikan kendaraan ke daerah supaya orang lain bisa gunakan. Jangan sampai Pol PP harus ke rumah dulu untuk ambil paksa. Sudah begitu, minta maaf yah, ada yang tidak mau dan masih berkelahi dengan Pol PP,” ucap Bupati Simon.

Bupati Malaka, Dr. Simon Nahak, S.H., M.H, sedang memeriksa salah satu kendaraan dinas.

Bupati Simon juga menegaskan agar setiap kendaraan wajib membayar pajak.

“Semua kendaraan baik roda dua maupun roda empat wajib hukumnya membayar pajak,” tegasnya.

Apel kendaraan yang dilakukan ini sebagai wujud pelaksanaan pengamanan barang daerah sesuai ketentuan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2016 dan Peraturan Daerah Kabupaten Malaka Nomor 4 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah.

Di samping sebagai upaya pengamanan dan menguji keberadaan barang daerah, apel kendaraan dan penandatanganan pakta integritas aset daerah, juga dilakukan untuk menindaklanjuti rencana aksi koordinasi dan supervisi pencegahan korupsi (Korsupgah) Monitoring Centre for Prevention (MCP) KPK RI pada lingkungan Pemerintah Kabupaten Malaka.

Adapun  jumlah kendaraan dinas sebanyak 1.045 unit dengan perincian, Kendaraan Roda 2 :  867 unit, Kendaraan Roda 3 : 5 unit, Kendaraan Roda 4: 154 unit dan Kendaraan Roda 6 : 19 unit.

Dalam kesempatan apel kendaraan dinas hari pertama ini, jumlah kendaraan yang ikut pada acara pembukaan sebanyak 46 unit. Untuk hari kedua dan seterusnya diatur sesuai jadwal instansi sampai dengan empat hari ke depan.

Sementara itu, Bupati Simon menginstruksikan kepada panitia untuk menyurati kepada pihak yang tidak hadir dalam kegiatan ini.

“Panitia, segera kasih surat kepada mereka yang hari ini tidak hadir, supaya semuanya tuntas,” tutup Bupati Simon. (fecos/fecos)

Komentar

News Feed