oleh

Mengurangi Stress dan Depresi Lewat Yoga

Yoga adalah suatu disiplin sejak zaman kuno yang dikembangkan oleh orang India, yang “menggunakan” kekuatan pikiran. Melalui teknik-teknik konsentrasinya, seorang Yoga mendapat persepsi yang kuat dan tinggi tentang realitas yang tampaknya membawa perasaan damai, bahagia dan tentram.

 

 Penulis: Januario Elfrem Namal

(Mahasiswa Fakultas Filsafat, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang)

=======================

Rutinitas yang padat sering membuat kebanyakan orang menjadi stres tetapi  jangan sampai stress kemudian mengganggu kesehatan tubuh yang akan berdampak pada aktivitas-aktivitas lainnya.  Ada banyak cara untuk menghilangkan stress. Salah satunya dengan berolahraga. Nyatanya, olahraga tidak hanya bisa memberikan manfaat yang besar untuk kesehatan fisik, tapi juga mental. Olahraga dapat memperbaiki suasana hati, membantu seseorang berperilaku tenang, mengurangi stress, bahkan mengatasi gejala depresi ringan.

Mungkin kita berpikir, apa hubungannya stress dengan olahraga? Olahraga adalah aktivitas yang melibatkan fisik, sedangkan stress berhubungan dengan kondisi mental seseorang. Berangkat dari pertanyaan tersebut, para ilmuwan pun mencoba mencari tahu dan meneliti hubungan antara olahraga dan stress. Hasilnya, didapati bahwa stress dapat memengaruhi kondisi tubuh seseorang. Salah satu efek yang biasanya dialami orang yang sedang stress adalah menurunnya nafsu makan, berat badan berkurang dan susah tidur. Hal ini karena di dalam tubuh manusia, terdapat sebuah saraf yang bernama saraf simpatik atau hypothalamic pituitary adrenal, yaitu sistem tubuh yang bertanggung jawab untuk merespon stress sehingga membuat fungsi tubuh menurun secara drastis.

Tidak heran jika seseorang sedang stress, maka kondisi tubuhnya juga akan melemah. Bila dibiarkan berlarut-larut, maka akan menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius.

Salah satu cara yang ampuh untuk membuat hormon dan saraf stress tersebut menjadi kurang dan stabil adalah dengan melakukan aktivitas fisik seperti olahraga. Dengan berolahraga, secara otomatis organ di dalam tubuh akan bekerja, seperti otot menegang, tekanan darah meningkat, serta irama jantung bertambah cepat. Hal inilah yang membuat seluruh hormon dan saraf kita akan menjadi normal kembali.

Yoga

Asal-usul Yoga dipercayai berasal dari India sekitar 3.000 SM, walaupun banyak praktisi dan sejarawan mempercayai keberadaannya jauh sebelum masa itu.Adapun Yoga memiliki makna bersatu. Kata ini bisa diartikan sebagai bersatunya tubuh, pikiran dan jiwa di satu sisi, dan kesatuan selanjutnya adalah bersatunya manusia dengan Sang Pencipta. Yoga dikenal sebagai olahraga yang ampuh hilangkan stress, karena melibatkan kekuatan tubuh dan pikiran. Ketika melakukan gerakan-gerakan yoga, kita dituntut untuk memfokuskan pikiran, sehingga secara perlahan pikiran kita pun akan menjadi lebih tenang.

Menurut beberapa ahli, hatha yoga adalah model yoga yang cocok untuk meredakan stress karena gerakannya mudah dilakukan dan berintensitas rendah. Kemajuan teknologi yang semakin canggih memampukan kita untuk mempelajari dan mengikuti kelas yoga melalui internet khususnya YouTube bila kita tidak memiliki kesempatan untuk mengikutinya secara langsung di tempat latihan.

Yoga berasal dari bahasa sansekerta “Yuj” yang berarti union atau penyatuan. Penyatuan antara spirit (jivatman) dengan Spirit universal (paratman). Yoga merupakan kombinasi dari aktivitas yang mengandung unsur-unsur peregangan  (stretching), menekuk (bending), fokus, penekanan (pressing), pernapasan (bretahing), kekuatan (Strength), ketahanan (enduranceI), keseimbangan (balancing) dan penghayatan. Jadi aktivitas fisik yang selama ini merupakan aktivitas terbesar dari olahraga lain hanya merupakan sebagian kecil dari latihan Yoga. Sedangkan Yoga memenuhi semua hal yang disebutkan di atas.

Yoga adalah suatu disiplin sejak zaman kuno yang dikembangkan oleh orang India, yang “menggunakan” kekuatan pikiran. Melalui teknik-teknik konsentrasinya, seorang Yoga mendapat persepsi yang kuat dan tinggi tentang realitas yang tampaknya membawa perasaan damai, bahagia dan tentram.

Yoga mengajak orang untuk terhubung dengan dirinya sendiri. Orang diajak untuk menutup hal-hal di luar, fokus ke dalam diri. Mulai dari sini, sedikit demi sedikit Yoga bisa membantu untuk melepas luka batin, stress, dan depresi.Yoga ada beragam jenis dan bentuk.  Kita bisa memilih yoga apapun untuk membantu tubuh lepas dari stres. Sebab pada prinsipnya, yoga membantu menghubungkan tubuh, pikiran, dan hati. Semua Yoga bisa dilakukan, tetapi kembali kepada diri kita masing-masing apakah siap atau tidak untuk melepaskan hal-hal negatif dalam diri seperti stres dan depresi. (*)

Komentar

News Feed