oleh

Kerugian Negara Belum Dikembalikan Para Kades, Bupati Malaka: Serahkan ke APH

MALAKA, suluhdesa.com | Ultimatum yang disampaikan Bupati Malaka Dr. Simon Nahak, S.H., M.H dan Wakil Bupati Malaka (Wabup) Louise Lucky Taolin, S.Sos, beberapa waktu lalu kepada para Kepala Desa (Kades) dan para Mantan Kades untuk mengembalikan kerugian negara, hasil temuan audit dari Inspektorat Malaka telah selesai. Bupati dan Wabup Tegaskan akan merekomendasikan kepada Aparat Penegak Hukum (APH), apabila dalam jangka waktu yang diberikan tidak mengembalikan kerugian negara hasil temuan dalam audit 100 hari kerja tersebut untuk diperiksa.

Bupati Malaka, Simon Nahak ketika dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp pada hari Rabu (19/05/2021) malam, terkait hari terakhir kesempatan pengembalian kerugian negara tersebut, menyampaikan bahwa sesuai komitmen, bagi para kades dan mantan kades yang tidak mengembalikan uang hasil temuan dimaksud maka akan direkomendasikan ke APH untuk diperiksa.

“Pak Wakil, Pak Sekda dan Pak Inspektorat, saya instruksikan supaya Kamis (20/04/2021) dipastikan menindaklanjuti audit. Sudah berapa desa yang bayar lunas, berapa yang masih cicil dan berapa yang sama sekali tidak atau belum bayar sama sekali,” tegas Simon.

Bupati Simon Nahak menyampaikan bahwa dirinya masih memberi kesempatan 3 hari lagi bagi yang ingin mencicil dengan meminta pernyataan. Namun bagi mereka yang belum sama sekali mengembalikan, akan segera direkomendasikan ke APH.

“Bagi yang cicil minta pernyataan dari mereka untuk segera selesaikan dalam waktu 3 hari lagi. Sedangkan bagi yang belum melunaskan sama sekali segera rekomendasikan ke APH untuk diproses sesuai ketentuan yang berlaku,” kata Bupati Simon.

Untuk diketahui, berdasarkan data yang diperoleh dari Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) kabupaten Malaka, total kerugian hasil temuan dari 99 desa senilai Rp. 8.173.405.157, namun sampai dengan hari Rabu (19/05/2021), total pengembalian baru mencapai Rp. 1. 518.841.158,56. (fecos/fecos)

Komentar

News Feed