oleh

SMAK Negeri St. Thomas Morus Ende, “Seminari Awam” Buka Pendaftaran Siswa Baru

ENDE, suluhdesa.com | Sekolah Menengah Agama Katolik Negeri (SMAKN) St. Thomas Morus Ende merupakan satu-satunya SMAK Negeri di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Sekolah ini sering dijuluki “Seminari Awam” karena seluruh aktivitas pembelajaran dan suasana pendidikannnya khas Katolik dan sesuai dengan tuntutan Gereja (the real Catholic school).

Sekalipun jadi sekolah Katolik Negeri, sekolah ini tetap menjadi milik umat Katolik Keuskupan Agung Ende yang dibina dan dibiayai oleh Kementerian Agama RI dalam pengawasan Otoritas Gereja Katolik.

Tujuan berdirinya SMAK Negeri Ende adalah untuk mendidik dan mendampingi putra dan putri Katolik sehingga menjadi pribadi yang berkembang secara integral dalam pengetahuan (scientia), Kekudusan (sanctitas), Kesehatan (sanitas), Kebajikan/Kebijaksanaan (sapientia) dan Kehidupan Sosial (socialitas) sehingga menjadi generasi Gereja (rasul awam) yang sejati seturut teladan St. Thomas Morus.

Sejarah Berdirinya

Secara nasional, Sekolah Menengah Agama Katolik yang sudah dinegerikan terdiri atas tiga yaitu; SMAK St. Thomas Morus Ende-NTT, SMAK St. Thomas Rasul Samosir-Sumatera Utara, dan SMAK Katilik Keerom-Provinsi Papua.

Baca Juga: SMAK Negeri St. Thomas Morus Ende: Siapkan Kader Awam Katolik yang Militan

Baca Juga: SMAK Negeri St. Thomas Morus Ende Raih Prestasi Dalam Lomba Hardiknas 2021

SMAK Negeri Ende yang pada awalnya bernama SMAK St. Thomas Morus Ende berdiri pada tanggal 14 Januari 2012 oleh para awam Katolik yang mengabdi pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ende dan didukung oleh Otoritas Gereja Keuskupan Agung Ende melalui Rekomendasi Yang Mulia Uskup Agung Ende Nomor: 031/KUS/2012, tanggal 20 Maret 2012. SMAK St. Thomas Morus Ende bernaung di bawah Yayasan Persekolahan Umat Katolik Ende Lio (Yasukel).

Pada tanggal 12 Juli 2012, Kementerian Agama RI mengeluarkan Izin Operasional dengan Surat Keputusan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Katolik RI Nomor: DJ.IV./HK.00.5/123/2012 dengan NPSN: 69815372 dan NSS: 069122006. Pada tanggal 6 Februari 2018, Yayasan Persekolahan Umat Katolik Ende Lio (Yasukel) menyerahkan assetnya di SMAK St. Thomas Morus Ende kepada Pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama RI untuk diproses menjadi SMAK Negeri dalam Berita Acara Penyerahan Aset Nomor: 56/YKL/SP/2018. Pada tanggal 22 November 2018, Pemerintah dalam hal ini Menteri Agama RI menetapkan KMA Nomor: 689 Tahun 2018 tentang SMAK St. Thomas Morus Ende menjadi SMAK Negeri Ende.

Visi Misi

  1. Visi

Menjadi komunitas pendidikan rasul awam  (putra-putri Katolik) yang unggul dalam pengetahuan (scienta), kekudusan (sanctitas), kesehatan (sanitas), kebajikan/kebijaksanaan (sapientia) dan kehidupan sosial (socialitas).

 

  1. Misi
  2. Mendidik dan mendampingi calon rasul awam (siswa) menjadi pribadi yang berkembang secara integral dalam pengetahuan (scienta), kekudusan (sanctitas), kesehatan (sanitas), kebajikan/kebijaksanaan (sapientia) dan kehidupan sosial (socialitas) kea rah kedewasaan sesuai dengan usianya.
  3. Menyelenggarakan pendidikan yang mampu membentuk dan mengembangkan siswa menjadi pribadi yang jujur, setia, disiplin, bertanggung jawab, solider, mampu bekerja sama, berjiwa melayani, berani memperjuangkan keadilan dan mampu berdialog dengan penganut agama kepercayaan lain, dengan mengedepankan manajemen partisipasif.
  4. Melahirkan kader Gereja yang tangguh, beriman dan berakhlak mulia.

Keunggulan

Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) pada SMAK Negeri Ende berpijak pada Kurikulum Nasional di bawah pengawasan Kementerian Pendidikan RI untuk mata pelajaran umum dan Kementerian Agama RI untuk mata pelajaran khusus keagamaan. Sasaran pendidikan yang ingin dicapai SMAK Negeri Ende adalah:

  1. Putra-putri Katolik memiliki ketahanan ilmu pengetahuan 100% yang diperoleh melalui mata pelajaran umum seperti pada SMA lain.
  2. Putra-putri Katolik memiliki ketahanan iman, mental, spritualitas Katolik 100% yang diperoleh melalui mata pelajaran agama Katolik yang praktis seperti Moral Kristiani-Dogma Gereja, Liturgi Kitab Suci dan music Gereja (orgel/keyboard) serta penguatan bahasa latin.

Prestasi Akademik

SMAK Negeri Ende dalam proses penyelenggaran akademiknya turut menyumbangkan berbagai macam prestasi, seperti:

  • Angkatan I Tahun Pelajaran 2014/2015, peringkat ke-3 UN Kabupaten pada jurusan Bahasa dan IPS.
  • Angkatan II Tahun Pelajaran 2015/2016, peringkat ke-3 UN Kabupaten jurusan Bahasa.
  • Angkatan III Tahun Pelajaran 2016/2017, peringkat I UNPK Kabupaten Jurusan Bahasa dan IPS
  • Juara II Umum Olimpiade SMAK Se-NTT 2017 di Kupang
  • Angkatan IV Tahun Pelajaran 2017/2018, peringkat ke- 4 UN Kabupaten
  • Juara I Olimpiade Bahasa Indonesia SMAK se-NTT Tahun 2018 di Kupang
  • Juara I Olimpiade Lomba Cipta Puisi Tingkat Kabupaten Tahun 2019 di Kabupaten Ende
  • Juara I Olimpiade Lomba Cipta Puisi Tingkat Provinsi Tahun 2019 di Kupang
  • Juara II Olimpiade Lomba Cipta Puisi Tingkat Nasional Tahun 2019 di Bandar Lampung
  • Juara II lomba debat Bahasa Indonesia tingkat Kabupaten 2021
  • Juara III lomba cipta dan baca puisi tingkat kabupaten tahun 2021
  • Juara III lomba vokal solo putri tingkat kabupaten tahun 2021

 

Pendaftaran Peserta Didik Baru

SMAK Negeri Ende kembali membuka pendaftaran peserta didik baru tahun pelajaran 2021/2022. Pendaftaran dilakukan secara ofline dan online.

Pendaftaran secara ofline dilakukan pada setiap jam kerja pukul 07.00-12.00 bertempat di Sekretariat SMAK Negeri St. Thomas Morus Ende, Jln. Flores, Nanganesa Ende.

Pendaftaran secara online melalui link: https://bit.ly/3bbdlRp (pengisian formulir) dan https://bit.ly3unGOzf (download berkas pendukung lainnya). Berikut persyaratan pendaftaran peserta didik baru;

  1. Foto kopi rapor SMP yang sudah dilegalisir
  2. Surat Permandian/Baptis (Foto kopi)
  3. Surat Akte Kelahiran (foto kopi 2 exemplar)
  4. Foto kopi SHUN SMP yang dilegalisir masing-masing 2 eksemplar
  5. Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)
  6. Surat rekomendasi kemampuan belajar dan kelakuan baik dari Kepala Sekolah
  7. Surat keterangan sehat dari Dokter
  8. Uang foto sebesar Rp 50.000,00 (dibayar pada saat pendaftaran) dan selanjutnya pengambilan foto akan diatur di sekolah
  9. Foto kopi kartu golongan darah
  10. Map folio warna kuning (untuk perempuan)
  11. Map folio warna biru (untuk laki-laki)
  12. Kostum olahraga Rp 250.000,00
  13. Pakian seragam sekolah tambah kaos kaki 2 pasang (hitam-putih) Rp 450.000,00
  14. Pakian pramuka dan pakaian putih abu disiapkan oleh siswa
  15. Wajib memiliki buku Rekening Bank BRI
  16. Bebas uang pendaftaran. (waeguru/damianus loni)
DomaiNesia

Komentar

News Feed