oleh

Umat HKY Bimoku Diminta Taati Protap Kesehatan Selama Perayaan Pekan Suci

KUPANG, suluhdesa.com | Umat Katolik di Kapela Hati Kudus Yesus (HKY) Bimoku Paroki Santo Yoseph Pekerja Penfui Keuskupan Agung Kupang, Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, diminta untuk patuh dan taat terhadap protokol tetap (protap) kesehatan selama perayaan Ekaristi Pekan Suci dari Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Suci, dan Minggu Paskah, serta Senin Paskah kedua.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Panitia Perayaan Paskah Kapela Bimoku Yustinus Pentau atau Yuven, saat berbincang dengan Media SULUH DESA, Minggu (28/03/2021) siang.

Baca juga: Umat HKY Bimoku Rayakan Minggu Palma, RD John Subani: Mari Meneladani Yesus

Selain itu Yuven mengimbau supaya seluruh umat HKY Bimoku menjaga situasi ketertiban dan keamanan selama perayaan Ekaristi yang akan dilangsungkan di Kapela HKY Bimoku.

“Saat ini masih merebak Covid-19. Jadi saya sebagai Ketua Panitia Perayaan Paskah di Kapela HKY Bimoku mengajak umat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Masker harus digunakan. Saat akan memasuki kapela umat harus mencuci tangan dengan air pada tempat yang telah disediakan oleh panitia serta kursi-kursi yang telah diatur jangan dipindahkan oleh umat. Kita menjaga supaya jangan sampai ada yang tertular virus ini,” ajak Yuven.

Yuven juga menyampaikan bahwa anak-anak dan para orang tua lanjut usia (lansia) untuk tetap berada di rumah dan mengikuti perayaan Ekaristi selama Pekan Suci yang disiarkan secara live melalui akun YouTube Paroki Santo Yoseph Pekerja Penfui.

Panitia Perayaan Paskah Kapela HKY Bimoku adalah KUB Mater Boni Consilii

“Kita dari kapela juga akan berupaya untuk membuat streaming supaya umat yang tidak dapat hadir untuk mengikuti secara langsung dari rumah,” ucap Yuven.

Yuven yang juga Ketua Komunitas Umat Basis (KUB) Mater Boni Consilii ini mengatakan bahwa, terkait dengan keamanan selama Pekan Suci, panitia telah memiliki tim yang berjaga di sekitar kapela.

“Ini kita lakukan untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama perayaan Ekaristi berlngsung supaya umat yang ada bisa tenang. Kita juga akan berkoordinasi dengan pihak keamanan supaya bisa melakukan pemantauan. Kita menjaga semua hal buruk tidak terjadi,” imbuh Yuven.

Yuven juga menyampaikan bahwa, RD John Subani akan memimpin perayaan Ekaristi selama Pekan Suci.

“RD John Subani ini Dosen Kitab Hukum Kanonik dan Dekan di Fakultas Filsafat Universitas Katolik Widya Mandira Kupang. RD John Subani selama ini tinggal di Seminari Tinggi Santo Mikhael Penfui, Kupang. Oleh karena itu Umat harus datang misa tepat waktu supaya perayaan ini dapat memberi kesan secara rohani di hati masing-masing,” tandas Yuven.

Mengenai perayaan Ekaristi selama Pekan Suci, Yuven membeberkan bahwa, untuk Kamis Putih akan dilaksanakan Pukul 18.00 Wita dengan koor dari KUB Santo Lukas Kapela HKY Bimoku, ibadat Jumat Agung Pukul 15.00 Wita dengan koor dari KUB Bunda Penolong Abadi Kapela HKY Bimoku, Sabtu Suci Pukul 18.00 Wita dengan koor dari Orang Muda Katolik Kapela HKY Bimoku, hari Minggu Paskah Pukul 08.00 Wita dengan koor dari KUB Santo Markus Kapela HKY Bimoku, dan perayaan Ekaristi Paskah kedua hari Senin Pukul 08.00 Wita dengan koor dari Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI) Kapela HKY Bimoku.

“Kepada semua petugas Liturgi untuk datang tepat waktu. Jangan terlambat dan bagi semua yang menanggung koor itu harus menjaga kesehatan. Yang paling penting itu harus tetap mematuhi aturan mengenai protap supaya kita semua terhindar dari Covid-19,” ujar pria ini sambil tersenyum.

Untuk Panitia Perayaan Paskah Kapela HKY Bimoku Tahun 2021 ini adalah KUB Mater Boni Consilii.

“Kita sudah atur supaya selama Pekan Suci ini umat dapat mengikuti perayaan Ekaristi dengan khidmat dengan protokol kesehatan yang ketat,” tutup Yuven. (idus/idus)

Komentar

News Feed