oleh

Mahasiswa Kota Komba Kupang Gelar MPAB Secara Virtual

-Berita, Daerah-280 views

KUPANG, suluhdesa.com | Ikatan Keluarga Pelajar Mahasiswa Kota  Komba (IKPMK) Kupang menggelar kegiatan Masa Penerimaan Anggota Baru (MPAB).

Kegiatan MPAB berlangsung sejak Jumat (19/03/2021) Hingga Sabtu (20/03/2021) secara virtual dengan Meet Google.

Tema yang diusung dalam kegiatan ini yaitu membentuk kader yang berintelek dan menumbuhkan jiwa organisasi dalam semangat kekeluargaan.

Ketua panitia MPAB, Yohanes S. E. Rembong, menyebutkan jumlah anggota yang mengikuti kegiatan ini sekitar 40-an orang. Mereka semua ini wajib mengikuti tata tertib yang dikeluarkan oleh panitia. Panitia sudah membuat aturan dan susunan acara dengan baik demi kelancaran kegiatan MPAB.

Pria yang akrab disapa Johan mengaku, kegiatan MPAB merupakan program tahunan IKPMK Kupang demi merekrut kader-kader untuk bergabung dalam wadah organisasi.

Johan berharap agar pelaksanaan kegiatan berjalan aman dan lancar hingga usai nanti.

Sementara itu ketua umum IKPMK Kupang, Apolonarius Prima, mengaku meskipun secara virtual, kegiatan MPAB diharapkan dapat menjadi bekal calon anggota baru untuk bergabung dengan IKPMK Kupang.

Pandemi Covid-19 bukan menjadi penghalang bagi organisasi untuk tetap eksis. Ada berbagai kendala namun tetap kreatif dalam rangka membina dan mendidik kader Kota Komba yang militan pada masa yang akan datang.

“Kami badan pengurus dan beberapa panitia tinggal disatu tempat di Perumnas, kami laksanakan dari sana. Sementara peserta yang merupakan calon anggota baru mereka ikut Zoom dari kos atau rumah mereka masing-masing. Jadi kami buat tidak sekadar seremonial tapi dengan penuh tanggung jawab,” ujar pria asal Waelengga tersebut.

Apri menerangkan memang kegiatan tersebut tidak mudah karena harus disesuaikan dengan kondisi saat ini. Pandemi masih tetap ada hingga sekarang namun semangat untuk mendidik dan membina kader tetap dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Kami tetapkan buat kegiatan ini dengan menerapkan protokol kesehatan. Kami yang duduk satu tempat wajib pakai masker. Mereka yang menjadi peserta juga wajib patuhi prokes. Kalau mereka ikut Zoom di tempat umum wajib jaga jarak dan pakai masker,” tegas Apri.

Apri menerangkan selama MPAB peserta dibekali dengan berbagai ilmu oleh sejumlah pemateri. Mulai dari pengenalan organisasi hingga materi umum yang relevan dengan kemajuan teknologi saat ini.

Sebagai agen of change sudah saatnya dibekali dengan materi yang berkualitas demi masa depan. Masa depan bangsa dan negara ini ada di tangan orang muda.

Ia menyampaikan limpah terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan MPAB, kepada pembina, alumni, senior, badan pengurus, panitia dan semua peserta kegiatan.

“Mari kita sukseskan kegiatan MPAB ini,” ajak Apri.

Tidak Boleh Korupsi

Sementara itu, Pembina IKPMK Kupang, Servasius Budiman, memberikan apresiasi kepada badan pengurus dan panitia yang dengan sungguh-sungguh menggelar kegiatan tersebut.

Servasius memberikan wejangan kepada semua mahasiwa agar menjadikan organisasi sebagai tempat belajar. Ikut organisasi tidak hanya mengenal banyak orang tapi harus menjadi kader yang militan dan bertanggung jawab.

“Saya mengapresiasi terhadap kalian, meskipun Pandemi Covid-19 kalian tetap eksis dan membuat kegiatan ini,” katanya.

Ia berpesan agar kader Kota Komba tidak boleh melakukan tindakan korupsi. Uang yang dikirim oleh orang tua harus digunakan sesuai dengan keperluan. Jangan sampai disalahgunakan untuk kebutuhan yang tidak penting.

“Gunakan kesempatan untuk kuliah dengan baik, rajin belajar, dan tekun berdoa. Jangan membuat orang tua kecewa. Jadilah manusia yang bertanggung jawab dan membuat orang tua bahagia sehingga umur panjang. Gunakan uang orang tua dengan bertanggung jawab. Jaga diri baik-baik, itu semua demi menjaga nama baik IKPMK. Bawa diri baik-baik, belajar dengan rajin, jangan sia-siakan waktu untuk kuliah. Kamu bawa sebuah pengharapan, lalong bakok du lakoa lalong rombeng du kole (harapan akan keberhasilan untuk mewujudkan cita-cita). Ini ada doa untuk orang tua agar orang tua umur panjang. Jika kalian tidak mengindahkan ini maka kalian itu menjadi pembunuh berdarah dingin. Jangan patah semangat, tetap belajar dan tetap rajin berdoa,” pesan dia. (idus/idus)

Komentar

News Feed