oleh

Diduga Kletus Obaria Palsukan Ijazah, Berny Ngebu: Kami akan ke Warupele II

-Berita, Daerah-1.819 views

BAJAWA, suluhdesa.com | Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ngada Berny Dhey Ngebu akan menurunkan tim dari Komisi I ke Desa Warupele II, Kecamatan Inerie, Kabupaten Ngada, Provinsi Nusa Tenggara Timur, untuk bertemu masyarakat terkait adanya dugaan penyalahgunaan wewenang dan jabatan oleh Kepala Desa (Kades) Warupele II Kletus Obaria.

Selain itu, kata Politisi Partai Kebangkitan Bangsa ini, DPRD Ngada akan melakukan uji petik ke Desa Warupele II bersama dinas terkait mengenai adanya dugaan pemalsuan ijazah oleh Kades Kletus Obaria.

Hal ini disampaikan Berny Dhey Ngebu saat dihubungi Media SULUH DESA, Selasa (16/03/2021) Pukul 19.00 Wita.

“Kletus Obaria itu sudah tiga kali menjabat sebagai Kepala Desa Warupele II itu berarti sudah tiga periode. Kalau memang dugaan pemalsuan ijazah ini benar maka cara itu dianggap memenuhi. Kalau benar dugaan itu, berarti kecolongan bagi panitia dan dinas terkait saat Kletus mengikuti tahapan untuk maju dalam pemilihan kepala desa. Ini juga kecolongan bagi pemerintah,” kata Berny.

Menurut Berny, dirinya sebagai Ketua DPRD Ngada akan menurunkan tim dari Komisi I untuk ke Desa Warupele I supaya dapat bertemu masyarakat dan Kades Kletus Obaria.

“Kita akan ke lokasi untuk mengecek kebenaran dan bersama OPD terkait kita laksanakan fungsi kontrol. Kita mau bertemu masyarakat untuk mendengar serta melihat permasalahannya di mana. Langkah lainnya kita akan lakukan rapat kerja,” tambah Berny.

Saat ditanya soal waktu yang jelas kapan dirinya dan Anggota Komisi I ke Desa Warupele II, Berny menjawab, “dalam waktu dekat satu dua hari ini setelah musrembangcam.”

Diberitakan oleh media sebelumnya bahwa, masyarakat Desa Warupele II, Kecamatan Inerie, Kabupaten Ngada, Provinsi Nusa Tenggara Timur, mengeluhkan cara kerja dan sikap dari Kepala Desa Warupele II Kletus Obaria. Menurut mereka, Kletus Obaria diduga sewenang-wenang dan diduga menyalahgunakan jabatan dan kekuasaannya selama ini. Salah satu hal yang dikeluhkan adalah, pengadaan dan penggunaan rumpon yang salah sasaran dan tidak melibatkan kelompok nelayan dari Desa Warupele II, malah diserahkan kepada warga desa lain untuk dikelola.

Baca juga:

Kades Warupele II di Ngada Diduga Manipulasi Pengadaan Rumpon

Diberitakan juga bahwa, Kletus Obaria, Kepala Desa Warupele II, Kecamatan Inerie, Kabupaten Ngada, Provinsi Nusa Tenggara Timur, diduga menggunakan ijazah palsu selama ini. Ijazah sekolah tersebut diduga digunakan Kletus Obaria untuk memuluskan dirinya dalam proses pencalonannya sebagai Kepala Desa Warupele II hingga dirinya lolos seleksi dan tepilih menjadi kepala desa selama tiga periode.

Baca juga:

Kades Warupele II di Ngada Diduga Memalsukan Ijazah. (idus/idus)

 

Komentar

News Feed