oleh

Fakultas Filsafat Unwira Kupang Bakal Memiliki Prodi Magister dan Doktor

-Berita, Daerah-478 views

KUPANG, suluhdesa.com | Dalam pertemuan bersama Alumni Fakultas Filsafat Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang, Sabtu (27/02/2021) pukul 08.00 WITA, Dekan Fakultas Filsafat RD John Subani menyampaikan bahwa sejauh ini Fakultas Filsafat tetap menjadi bagian dari Unwira Kupang sebab ini yang menjadikan Unwira sebagai Universitas Katolik. Fakultas Filsafat adalah Fakultas Gerejawi dan peluang untuk berdiri sangat kecil. Fakultas Filsafat hadir dan tampil sebagai fakultas yang lebih unggul dari fakultas yang lain di Unwira Kupang.

Dalam pembicaraan ini John Subani menyampaikan bahwa, telah dilakukan rapat bersama pengurus fakultas, supaya ke depan harus ada Program S2 (Magister). Rencana ini sudah diajukan kepada tiga Uskup sebagai pemilik Fakultas Filsafat dan para pimpinan biara agar mendukung mimpi ini. Sejauh ini Unwira mempunyai kewajiban untuk mendukung Fakultas Filsafat.

“Kita juga punya mimpi supaya ke depan di Fakultas Filsafat ada Program S3 (Doktor). Ini butuh kerja sama banyak pihak terutama dukungan dari para alumni,” ucap John Subani.

John Subani mengucapkan terima kasih untuk semua alumni yang telah hadir dan yang pernah menjadi bagian dari Fakultas Filsafat Unwira Kupang. Dirinya percaya pada tuntunan Tuhan terhadap setiap pribadi untuk berkembang maksimal dalam melaksanakan setiap pekerjaan yang dipercayakan.

Menurut John Subani, sejak berdirinya Fakultas Filsafat Universitas Katolik Widya Mandira Kupang pada tahun 1993 hingga hari ini 28 Februari 2021 belum ada suatu kesempatan untuk temu kangen para alumni. Hari ini adalah hari pertemuan kembali Almamater dengan Alumninya secara Online. Jumlah mahasiswa dari angkatan pertama sampai angkatan tahun 2020 tercatat 1.513 orang. Lulus dan meraih gelar Sarjaana Filsafat sebanyak 1.198 orang, Mahasiswa yang tidak sempat menyelesaikan studi sebanyak 312 orang; dan yang meninggal sebanyak 3 orang. Selama 30 tahun para alumni telah menduduki berbagai posisi penting dalam negeri ini maupun luar negeri menjadi salah satu daya tarik bagi  masyarakat tentu bisa membantu fakultas dalam berbagai aspeknya.

Fakultas Filsafat Universitas Widya Mandira Kupang memiliki Visi dan Misi. Visi dan misinya adalah sebagai berikut:

Visi

“Terwujudnya Fakultas Filsafat Unwira Kupang di tahun 2025, sebagai komunitas pendidikan dan komunitas ilmiah yang unggul dalam pemikiran filosofis-profetis, berdaya ubah dan berwawasan global berlandaskan iman dan moral kristiani dalam dialog dengan agama dan budaya”

Misi:

  • Menyelenggarakan sistem pendidikan dan pengajaran yang bermutu di Fakultas Filsafat.
  • Melakukan penelitian interdisipliner dan publikasi secara mandiri atau bersama-sama dalam mengembangkan pemikiran filosofis-profetis, berdaya ubah dan berwawasan global.
  • Melakukan pengabdian pada masyarakat berlandaskan iman dan moral kristiani dalam rangka menyumbangkan pemikiran filosofis-profetis dan berdaya ubah.
  • Membangun jejaring dalam kerja sama dengan berbagai elemen masyarakat dalam mewujudkan dialog dengan agama dan budaya yang bermuara pada kehidupan bersama yang rukun, damai dan sejahtera.
  • Menggali dan mengembangkan budaya lokal untuk memperkaya pengembangan ilmu Filsafat dan Teologi untuk pembangunan masyarakat.

Tujuan:

  • Membangun komitmen sebagai satu Fakultas yang melaksanakan pendidikan dan pengajaran untuk menjawabi tuntutan dan kebutuhan masyarakat.
  • Menghasilkan lulusan yang berkualitas.
  • Mewujudkan dan mengembangkan pemikiran filosofis-profetis, berdaya ubah dan berwawasan global.
  • Menyumbangkan pemikiran filosofis-profetis dan berdaya ubah bagi masyarakat.
  • Mencapai kehidupan bersama yang rukun, damai dan sejahtera melalui dialog dengan agama dan budaya.
  • Mengembangkan ilmu Filsafat dan Teologi berdasarkan nilai budaya lokal bagi pembangunan masyarakat.

Sasaran Dan Strategi

Sasaran 1:

Meningkatnya citra, kinerja dan daya saing sebagai Fakultas yang unggul dalam pengembangan ilmu Filsafat dan Teologi dalam dialog dengan ilmu lain yang relevan.

Strategi Pencapaian

  • Menciptakan suasana kampus yang kondusif demi terlaksananya kegiatan pendidikan dan pengajaran berdasarkan kalender akademik, RPS dan bahan ajar.
  • Mengoptimalkan sumber daya manusia, kultur, kapasitas kelembagaan dan struktur Fakultas dengan memanfaatkan dukungan berbagai pihak.
  • Mengikuti dan menyelenggarakan kegiatan ilmiah tingkat lokal, nasional dan internasional baik sebagai pembicara maupun peserta.

Sasaran 2:

Meningkatnya kuantitas dan kualitas penelitian dan publikasi interdisipliner secara mandiri atau bersama-sama dalam dialog dengan agama dan budaya lokal, dan menyumbangkannya demi kepentingan masyarakat ilmiah, Gereja dan masyarakat umum.

Strategi Pencapaian

  • Mendorong dosen dan mahasiswa melakukan penelitian dan publikasi sesuai standar Permenristek Dikti Nomor 44 Tahun 2015.
  • Mewajibkan dosen membuat penelitian dan publikasi yang menjadi bahan untuk laporan BKD setiap semester.

Sasaran 3:

Meningkatnya kualitas dan kuantitas pengabdian kepada masyarakat dalam rangka menyumbangkan pemikiran filosofis-profetis dan berdaya ubah bagi masyarakat.

Strategi Pencapaian

  • Mendorong dosen dan mahasiswa melakukan pengabdian kepada masyarakat sesuai standar Permenristek Dikti Nomor 44 Tahun 2015.
  • Mewajibkan dosen melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang menjadi bahan untuk laporan BKD setiap semester.

Sasaran 4:

Terlaksananya kerjasama dengan berbagai pihak terkait.

Strategi Pencapaian

  • Menyelaraskan kebijakan pengelolaan yang mempertemukan peran dan kepentingan Seminari Tinggi, Fakultas Filsafat Unwira dan
  • Membangun dan mengembangkan dialog dan kerjasama dengan alumni serta stake-holders mengenai masalah, tantangan dan peluang Pengelolaan Fakultas Filsafat Unwira.
  • Membangun dan mengembangkan kerjasama dengan institusi-insitusi eksternal Unwira umumnya dan Fakultas Filsafat khususnya dalam rangka pendanaan, peningkatan mutu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan publikasi, pengabdian pada masyarakat, pemanfaatan teknologi informasi.

Sasaran 5:

Meningkatnya pengkajian nilai budaya dan kearifan lokal untuk mengembangkan ilmu Filsafat dan Teologi.

Strategi Pencapaian

  • Mendorong dosen dan mahasiswa untuk melakukan pengkajian budaya dan kearifan lokal.
  • Memfasilitasi dosen dan mahasiswa untuk mempublikasikan budaya dan kearifan lokal.

Profil Lulusan:

Sarjana Ilmu Filsafat yang unggul dalam bidang Filsafat dan Teologi dalam dialog dengan ilmu lainnya yang memiliki spiritualitas kristiani, integritas kepribadian, wawasan ekologis dan kemampuan untuk menerapkan ilmunya dalam hidup dan karya sehingga berkontribusi secara kreatif bagi kehidupan sosial dan budaya demi keluhuran martabat manusia.

“Fakultas Filsafat tiga kali Terakreditasi B. Belum bisa mendapat Akreditas A karena berbagai faktor, di antaranya sarana-prasarana yang masih kurang. Untuk itu alumni harus bersinergi dengan fakultas untuk melengkapi berbagai kekurangan demi Terakreditasi A,” ucap John Subani.

Rencana strategis dari Fakultas Filsafat Unwira Kupang adalah dalam waktu dekat senat fakultas akan merancang kerangka karir alumni, hubungan alumni dan kerja sama Fakultas Filsafat Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

Berikut ini adalah ketentuan umum yang dipaparkan John Subani.

  1. Fakultas Filsafat adalah fakultas berbadan hukum.
  2. Alumni Fakultas Filsafat adalah lulusan dari Prodi Ilmu Filsafat yang diselenggarakan oleh Fakultas Filsafat atau mereka yang pernah menjadi Mahasiswa Fakultas Filsafat dua semester berurutan.
  3. Hubungan alumni adalah kekerabatan, kohesivitas yang dapat memperluas peluang kerja sama antar alumni.
  4. Karir alumni adalah perkembangan dan kemajuan baik pada kehidupan pekerjaan atau jabatan alumni.
  5. Kerja sama alumni adalah ikatan berjejaring antar alumni di berbagai bidang yang dapat dibina secara intensif dengan pemetaan profesi dan keterkaitan yang tepat dalam tataran lokal, regional, nasional dan global

Hak dan Kewajiban Fakultas Filsafat

  1. Memberikan informasi terkini tentang perkembangan fakultas kepada alumni.
  2. Bekerja sama di bidang akademik dan non akademik.
  3. Berbaprtisipasi dalam berbagai kegiatan yang melibatkan alumni.
  4. Memberikan pendapat, umpan balik, masukan maupun kritikan.
  5. Memberikan penghargaan atas kntribusi dan peran alumni dalam meningkatkan citra Fakultas Filsafat.
  6. Mendorong alumni untuk bekerja.
  7. Mendukung program pengembangan karir alumni yang didasarkan pada loyalitas antar alumni.

“Ciri khas Alumni Fakultas Filsafat Unwira Kupang adalah terbuka rendah hati, dan menjunjung tinggi kebersamaan, serta saling percaya. Terima kasih untuk semua alumni yang telah bergabung. Ibu asuhmu merindukanmu selalu demi kemajuan kita bersama. Sampai jumpa. Tuhan memberkati,” tutup John Subani.

Pertemuan virtual ini dipandu oleh RD Okto Kosat dan berakhir pukul 10.00 WITA, dihadiri oleh Ketua Alumni Fakultas Filsafat Paul Bataona, Kepala Program Studi Filsafat RD Sipri Senda, dan seluruh alumni yang tersebar di seluruh dunia. (fwl/fwl)

Komentar

News Feed