oleh

Pesona Teluk Nanga Lok di Manggarai Timur, Spot Foto Menarik dan Instagramable

TELUK NANGA LOK, suluhdesa.com | Manggarai Timur merupakan satu di antara dari beberapa Kabupaten yang terletak di Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Ibu Kota Kabupaten Manggarai Timur adalah Borong. Kabupaten dengan luas wilayah sekitar 2.643,41 km persegi ini merupakan pemekaran dari Kabupaten Manggarai.

Kabupaten ini baru dibentuk tanggal 17 Juli 2007 silam. Topografi kabupaten ini di daerah bagian Timur sepanjang jalan lintas Flores relatif miring, lahannya agak rendah sehingga dipergunakan untuk kawasan permukiman. Selain itu ada perkebunan yang kaya akan hasil pertanian dan juga digunakan untuk peternakan.

Tak hanya itu, kawasan Manggarai Timur juga memiliki topografi laut yang indah dengan kawasan pantai yang sangat luas. Kawasan pantai tak hanya di bagian selatan juga di bagian utara. Pesona kawasan pantai yang indah dan menarik, membuat wisatawan banyak ke Pantai Utara Manggarai Timur.

Selain pesona kawasan Pantai Utara Manggarai Timur, ada tempat indah di sana yaitu Teluk Nanga Lok.

Teluk ini bak surga tersembunyi di Manggarai Timur. Sangat indah dan mampu menghipnotis setiap pengunjung.

Tentang Teluk Nanga Lok

Teluk Nanga Lok merupakan teluk yang terpanjang di wilayah Kabupaten Manggarai Timur dengan panjang sekitar 2000 meter. Teluk Nanga Lok berada di ujung Utara Kabupaten Manggarai Timur, tepatnya di Desa Golo Lijun, Kecamatan Elar.

Teluk ini memiliki panaroma yang sungguh memanjakan mata, selain airnya yang biru dan tenang, savana yang membentang luas di perbukitan sekitar dan hutan bakau yang yang hijau sepanjang teluk membuat mata seakan tak mau berkedip.

Berada di tempat ini anda akan merasa menemukan surga yang terhampar di antara perbukitan. Sangat-sangat menawarkan keindahan tiada di tempat lainnya.

Untuk menikmati keindahan alam di Teluk Nanga Lok, wisatawan tidak perlu khawatir soal biaya karena mengunjungi di tempat ini tidak dipungut biaya, alias gratis.

Sementara itu untuk akses ke lokasi ini, wisatawan dapat menempuh dua rute perjalanan menuju Teluk Nanga Lok yaitu dari Borong Ibu Kota Kabupaten Manggarai Timur dan Ruteng Ibu kota Kabupaten Manggarai. Wisatawan yang berangkat dari Borong akan terus menuju Pertigaan Bealaing. Perjalanan di lanjutkan ke Watu Nggong kemudian menuju Lengko Ajang dan Pota dengan jarak tempuh sekitar 130 kilo meter dengan waktu tempuh kurang lebih 5 jam perjalan.

Pesona Teluk Nanga Lok di Desa Gololijun, Kecamatan Elar, Kabupaten Manggarai Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur. (Foto: Iyand Ata Rangga)

Sedangkan wisatawan yang berangkat dari Ruteng melewati Reo dan selanjutnya ke Pota, Ibu kota Kecamatan Sambi Rampas, jarak yang ditempuh sekitar 90 km dengan waktu sekitar 4 sampai 4,5 jam perjalanan. Sampai di Pota perjalanan dilanjutkan ke arah Timur sejauh kurang lebih 10 kilo meter dengan waktu tempuh sekitar 30 menit saja.

Kondisi jalan sudah sangat bagus dan menawarkan panorama alam yang menakjubkan sepanjang perjalanan. Bagi mereka yang menyukai petualangan seperti perbukitan, menunggang kuda, berenang atau memancing, kami sarankan untuk datang ke sini.

Nanga Lok yang dikenal juga dengan sebutan Bukit Cinta di Manggarai Timur ini memang memberikan suguhan pemandangan alam yang dapat menenangkan hati setiap wisatawan yang berkunjung. Selain itu pengunjung juga dapat menemukan banyak spot foto yang menarik dan pastinya sangat instagramable.

Nanga Lok sangat cocok untuk dijadikan tempat camping bersama pacar, sahabat dan keluarga.

Bagi anda yang gemar mengisi Feed Instagram atau Story WhatsApp atau beranda Facebook dengan pemandangan alam yang mengagumkan, teluk Nanga Lok menjadi pilihan yang sayang untuk dilewatkan.

Segala letih dan lelahmu tak akan terasa jika sudah tiba di kawasan ini. Lelahmu akan terbayar saat tiba di tempat ini. Kamu akan betah tak mau pulang.

Salah satu Fotografer asal Manggarai Timur, Iyand Ata Rangga, mengaku sangat mengagumi kawasan itu.

Bagi Iyand, Teluk Nanga Lok sangat unik dan menarik karena memang hampir tidak ada di tempat yang lainnya.

Iyand sudah berkesempatan mengunjungi kawasan itu beberapa waktu lalu dan sempat mengabadikan beberapa moment di sana.

“Saya beberapa hari yang lalu sempat ke sana. Jujur, kawasan Teluk Nanga Lok sangat indah. Saya sangat mengagumi kawasan itu. Sangat instagramable,” ujar Iyand kepada Media SULUH DESA, Minggu (14/02/2021).

Pria dengan nama lengkap Flavianus Purnama ini menjelaskan, di Manggarai Timur banyak tempat wisata yang indah dan menarik tetapi pesona Teluk Nanga Lok juga tidak kalah jauh dengan tempat wisata lainnya.

Pria yang akrab disapa Iyand ini menyebutkan kalau setiap akhir pekan dirinya selalu mengajak beberapa temannya menuju ke tempat wisata untuk melakukan pemotretan.

“Banyak tempat bagus, tapi memang sangat butuh promosi, baik lewat foto, video, dan juga tulisan-tulisan,” jelasnya.

Ia menyatakan beberapa tempat yang indah di Manggarai Timur saat ini menjadi spot foto oleh kalangan milenial untuk diekspos ke media sosial masing-masing.

“Memang selama ini banyak orang yang datang berkunjung ke tempat wisata di Manggarai Timur untuk diekspos melalui medsosnya mereka,’’ujar pria asal Desa Rana Mbata, Kecamatan Kota Komba Utara ini.

Ia berharap, ke depan orang terus datang berkunjung ke Manggara Timur. Di sana banyak tempat wisata yang indah dan menarik untuk dikunjungi.

“Kabupaten Manggarai Timur ini tidak kalah jauh dengan kabupaten lain di NTT soal pariwisata. Kita juga bisa bersaing,” ungkap anak bungsu pasangan Yan Juma dan Gregoriana Jelita.

Kamu tertarik dan penasaran? Yuk ke sana dan nikmati sensasinya. (Fian Purnama/msd)

Komentar

News Feed