oleh

Menarik! Ini Sejarah Stadion Real Madrid Santiago Bernabeu di Spanyol

INTERNASIONAL, suluhdesa.com | Pada tanggal 14 Desember 2020 lalu stadion Santiago Bernabeu genap berusia 73 tahun setelah membuka gerbang untuk yang pertama kalinya di tahun 1947. Stadion tersebut memiliki sejarah yang panjang sebelum akhirnya menjadi sebuah arena bermain sepakbola megah yang dapat menampung 85 ribu penonton di dalam stadion. Menjadi stadion kebanggaan Real Madrid, Estadio Santiago Bernabeu ternyata memiliki sejarah menarik yang wajib diketahui oleh para Madridista.

Berikut sejarah Stadion Real Madrid nan megah ini yang kami himpun dari berbagai sumber.

Estadio Santiago Bernabeu saat malam hari. (Foto; Frids Wawo Lado/Media SULUH DESA)

Real Madrid yang baru didirikan pada tahun 1902 menjadikan sebuah arena adu banteng bernama Estrada Lot milik Ratu Christina di dekat wilayahnya, menjadi tempat mereka untuk bertanding dan berlatih dengan menyewanya selama beberapa tahun. Melihat perkembangan antusias penonton, manajemen klub muda tersebut akhirnya melakukan renovasi terhadap lapangan itu. Dengan penambahan pagar  pemisah antara lapangan dan dengan mendirikan tribun kecil, arena tersebut berganti nama menjadi O’Donnel Field yang bisa menampung hingga 6000 penonton.

Hanya bertahan beberapa tahun, pada tahun 1923 O’Donnel Field menjadi ‘korban’ penggusuran untuk proyek perumahan di wilayah tersebut dan membuat Madrid harus membangun rumah baru. Velodrome Ciudad Lineal akhirnya dipilih untuk menjadi basis sementara Los Blancos yang disaat bersamaan sedang membangun stadion baru. Barulah di tahun 1924 Estadio de Chamartin dapat ditempati dengan kapasitas 15.000 penonton.

Trofi kemenangan milik Real Madrid. (Foto; Frids Wawo Lado/Media SULUH DESA)

Selama 23 tahun Chamartin menjadi markas Madrid hingga pada tahun 1943 presiden Real Madrid kala itu memutuskan untuk mendirikan stadion baru yang ditargetkan menjadi stadion termegah dan paling modern, yang sekarang kita kenal sebagai Santiago Bernabeu.

Inilah fakta menarik lain yang dimiliki Estadio Santiago Bernabeu yang patut diketahui oleh Madridista, yaitu:

  1. Pertandingan dan kemenangan perdana Los Blancos adalah saat melawan OS Belenenses dengan skor 3-1.
  2. Sabino Barinaga adalah pemain Real Madrid pertama yang mencetak skor di Bernabeu.
  3. Sejak 1947 hingga 1955 stadion tersebut bernama Nuevo Chamartin.
  4. Nama Santiago Bernabeu diambil dari nama presiden Real Madrid saat itu yang juga mencetuskan ide pembangunan Nuevo Chamartin di 1943.
  5. Pernah menjadi tuan rumah perhelatan Piala Eropa 1964 dan Piala Dunia di tahun 1982, serta tuan rumah partai final Liga Europa dan Liga Champions.
  6. Pada tahun 2007 di perayaan ulang tahun ke-60 Bernabeu diganjar penghargaan dari UEFA sebagai Elite Stadium.
  7. Cristiano Ronaldo mencetak gol ke 4000 yang pernah terjadi di Bernabeu. (indosport.com/berbagaisumber)

Komentar

News Feed