oleh

BNPBD dan Komisi III DPRD Malaka Salurkan Bantuan bagi Korban Kebakaran di Desa Lakut

-Berita, Daerah-176 views

MALAKA, suluhdesa.com | Badan Nasional Penanggulangan Bencana Daerah (BNPBD) Kabupaten Malaka, menyalurkan bantuan tanggap darurat untuk korban bencana kebakaran di Dusun Welaus B, Desa Lakekun Utara (Lakut), Kecamatan Kobalima, Kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Kamis (04/02/2021).

Kepala BNPBD Kabupaten Malaka, Gabriel Seran menyampaikan permohonan maaf karena baru memberikan bantuan. Hal ini disampaikan karena beberapa waktu lalu bertepatan dengan momen politik.

“Hari ini baru kami memberikan bantuan karena pada saat kebakaran bertepatan dengan situasi politik pilkada Malaka, sehingga kami belum menyerahkan bantuan, agar tidak muncul anggapan masyarakat bahwa bantuan ini dari pihak lain. Jadi kami dari pemerintah tidak tutup mata sebenarnya, tetapi karena alasan inilah hari ini baru kami serahkan bantuan ini,” jelas Gabriel.

Gabriel menerangkan bahwa, bantuan untuk korban kebakaran ini bersifat hanya darurat, untuk mengatasi sementara beban yang dialami korban karena rumahnya terbakar. Sedangkan untuk kelanjutan terkait bantuan rumah layak huni, pihaknya perlu berkoordinasi dengan pihak desa dan dinas terkait dalam hal penganggaran untuk bantuan rumah.

“Untuk kelanjutannya kita harus koordinasi dengan dinas teknis ataupun pemerintah desa dalam hal penganggaran untuk bantuan perumahan. Kalau di dinas teknis ada, misalnya PUPR atau dinas sosial, itu lewat komisi 3 DPRD bisa diarahkan,” ucap Gabriel.

Gabriel juga menyampaikan, saat ini bantuan perumahan untuk korban kebakaran dari BNPBD belum ada, yang ada hanya untuk bantuan perumahan untuk korban banjir.

“Kalau di Bencana (BPNBD Malaka, red) yang ada sekarang itu, bantuan perumahan untuk masyarakat korban bencana banjir, tetapi untuk kebakaran belum ada,” tuturnya.

Ketua Komisi III DPRD kabupaten Malaka, Felix Bere Nahak, dalam kesempatan itu menyampaikan kepada pihak korban kebakaran, Delvinus Mau Ati bersama keluarga bahwa, bantuan ini sekadarnya saja untuk meringankan beban yang dialami.

Felix juga menerangkan bahwa, sebelum hadir di tempat ini, pihak komisi bertemu dengan Kepala BNPBD untuk membahas terkait beberapa masyarakat korban kebakaran di seluruh Kabupaten Malaka termasuk di salah satunya Desa Lakut.

Kehadiran Komisi III DPRD Malaka bersama BNPBD Kabupaten Malaka, sebagai salah satu bentuk kemitraan antara Komisi III dan BNPBD, selain itu juga menjadi kewajiban DPRD Malaka untuk memperhatikan aspirasi masyarakat Malaka.

Felix juga menerangkan bahwa ini adalah bentuk kepedulian pemerintah, bukan pemerintah menutup mata terhadap kondisi yang dialami masyarakatnya, tetapi karena mengurusi Kabupaten Malaka bukan hanya mengurus satu orang, tetapi seluruh masyarakat Malaka.

Felix juga menyampaikan jika pihaknya akan terus mengupayakan dan terus membangun komunikasi dengan dinas terkait, agar bisa membantu Delvinus sehingga mendapatkan rumah layak huni, tetapi dirinya tidak berjanji.

Delvinus Mau Ati (korban kebakaran) usai menerima bantuan tersebut, kepada Media SULUH DESA menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diberikan Pemerintah Malaka melalui BNPBD Kabupaten Malaka. Harapannya, semoga pemerintah desa maupun pemerintah daerah dapat memerhatikan agar dirinya bersama keluarga mendapatkan bantuan rumah layak huni.

Delvinus mengaku, bahwa saat ini dirinya kewalahan, selain mencari nafkah untuk menghidupi keluarga. Dirinya juga harus berusaha untuk membangun rumah layak huni. Karena situasi yang dialaminya saat ini bertepatan dengan Pandemi Covid-19 dan dirinya hanyalah seorang petani, maka hal ini sangat tidak memungkinkan. Dirinya berharap ada uluran kasih dari pemerintah.

Pembagian bantuan ini disaksikan langsung oleh aparat desa yakni Kepala Dusun Welaus B, Hero Nipu, Anggota BPD, Frederikus Sarmento, Mantan Sekretaris Lakut, Pius Asa, Mantan Kepala Desa Lakut, Gaudensius, Ketua Komisi III DPRD Malaka, Felix Bere Nahak, dan Sekretaris Komisi III, Robert T Taruk. Sementara Kepala Desa Lakut, Ignasius Bau, S.H tidak hadir karena ada urusan lain.

Disaksikan Media SULUH DESA, batuan yang diberikan kepada korban kebakaran berupa terpal, tikar, beras, paket pakaian sekolah, dan perabot dapur. (fecos/fecos)

Komentar

News Feed