oleh

SMK Muhammadiyah Kupang Gelar Prakerink untuk Peserta Didik

-Berita, Daerah-231 views

KUPANG, suluhdesa.com | Di tengah Pandemi COVID-19 di Kota Kupang yang kian hari makin meningkat, tidak menyurutkan semangat SMK Muhammadiyah Kupang untuk melaksanakan pembekalan kepada siswa Praktik Kerja Industri dan Kantor (Prakerink).

Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari sejak Kamis hingga Jumat (21-23/01/2021) di SMK Muhammadiyah Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Pembekalan dilakukan secara tatap muka dan siswa yang mengikuti pembekalan ini berjumlah 35 orang dengan menerapkan Protokol Kesehatan COVID-19.

Adapun tujuan dari pembekalan dan Praktik Kerja Industri dan Kantor ini adalah secara umum agar siswa dapat menghayati proses kegiatan industri dan mengenal komponen industri, sehingga mendapat pengalaman nyata dari industri. Sedangkan secara khusus adalah siswa dapat :

  • Mempelajari manajemen industri dan kantor terutama struktur organisasi, data-data produksi, deskripsi tugas staf teknik dan kompetensi lulusan SMK yang dikehendaki industri.
  • Melaksanakan tugas kegiatan produksi dan jasa serta pengendalian mutu di industry atau kantor.
  • Membuat laporan Praktik Kerja Industri dan Kantor dengan format yang telah ditentukan.
  • Menghasilkan tenaga kerja yang kompeten yaitu memiliki pengetahuan, keterampilan dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan kerja.
  • Memperoleh hubungan keterkaitan dan kesepadanan (link and match) antara sekolah dan DUDI/Kantor.
  • Meningkatkan efisiensi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas dan profesional.
  • Memberi pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan.

Kepala SMK Muhammadiyah Kupang,  Usman Sakan, S.Pd., M.Pd dalam sambutannya menyampaikan bahwa, pelaksanaan Praktik Kerja Industri dan Kantor selama 2 bulan terhitung mulai tanggal 25 Januari sampai dengan 25 Maret 2021.

“Dengan teknis pelaksanaannya adalah penempatan siswa di kantor yang relevan dan Project Work di sekolah karena kondisi penyebaran COVID-19 yang makin meningkat, maka tidak semua kantor mitra bersedia menerima untuk 5 penempatan siswa praktik,” katanya.

Karena itu, Sakan berharap penuh dalam kegiatan Pembekalan PRAKERINK agar memberi kesan dan pembelajaran yang terbaik sebagai pedoman peserta didik dalam mengaplikasikannya di dunia praktik nantinya di tengah kondisi wabah pandemi yang lagi meningkat. (taufiq/msd)

Komentar

News Feed