oleh

Masyarakat NTT Rindu dr. Imanuel Purba, Ahli THT yang Humanis

KUPANG, suluhdesa.com | Di tengah pandemi Covid-19 yang melanda bangsa ini membuat semua orang merasa takut dan khawatir. Sedangkan para tenaga kesehatan menjadi garda terdepan untuk membantu mengobati berbagai penyakit yang tengah melanda negeri ini. Tidak terkecuali para tenaga kesehatan di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Dalam situasi seperti sekarang ini, masyarakat NTT merindukan sosok dr. Immanuel E. S Purba, Sp.THT-KL. Beberapa mantan pasien dr. Immanuel saat berbincang dengan Media SULUH DESA berandai-andai, jika saja dr. Immanuel masih ada di Kota Kupang tentu mereka sangat bahagia. Pasalnya, dr. Immanuel ini sangat humanis dan bahkan tidak akan meminta biaya pemeriksaan atau pengobatan dari pasiennya, jika diketahui bahwa pasiennya ini tidak mampu atau tidak sanggup membayar.

Sosok dokter ini pernah bertugas di Kota Kupang sejak tahun 2015 sampai tahun 2020. Ia seorang dokter tentara memiliki nama lengkap dr. Immanuel E.S Purba, Sp.THT-KL di Rumah Sakit Tentara Wirasakti Kupang.

Pengabdian dan pelayanan kesehatan yang dilakukannya sungguh dirasakan masyarakat Nusa Tenggara Timur khususnya masyarakat yang berada di Kota Kupang.

Dokter Spesialis Telinga, Hidung, dan Tenggorokan (THT) ini dalam melayani pasien selalu mengedepankan aspek kemanusiaan. Apabila pasien yang datang berobat dan tidak mampu membayar, dr. Imanuel akan menggratiskan biaya pengobatan itu alias tidak memungut sepeser pun dari pasiennya.

Dokter kelahiran Medan ini adalah seorang dokter atau tenaga kesehatan yang mumpuni. Saat berhadapa dengan pasien, terutama membahas penyakit yang diderita, ia akan berbicara dengan lembut dan hati-hati. Selain itu, dr. Imanuel akan memberi penjelasan dengan akurat tentang diagnosa yang dibuatnya. Dalam menghadapi pasien, dr. Imanuel memperlihatkan empati yang tulus.

Dalam setiap pelayanan tugasnya, dr. Immanuel selalu menampilkan nilai kasih. Siapapun yang meminta tolong pasti akan ditolongnya.

Bersama istrinya dr. Olivia D Napitupulu yang adalah seorang Konsultan ICU dan Spesialis Anestesi atau Ahli Anestesi, ia selalu berkolaborasi dengan baik sehingga saat menangani pasien yang mengalami gangguan pada telinga, hidung, dan tenggorokan yang berat tidak perlu melakukan rujukan ke luar daerah seperti Jawa dan Bali. Karena keahliannya inilah semua pasien yang bermasalah dengan THT dapat ditangani di NTT.

Dokter Immanuel sejak 2015-2020 bertugas di Kota Kupang. Akan tetapi karena tugas mengabdi kepada negara dan bangsa, ia pun saat ini bertugas di tempat lain, yakni di Jakarta.

Banyak pertanyaan dari para pasien yang pernah ditanganinya di manakah dokter Immanuel Purba kini berada?

“Kami butuh dokter yang bisa menangani masalah THT karena selain punya alat pribadi seperti Endoskopi. Kami pasien merasa puas. Apa yang menjadi keluhan kami, dokter Immanuel Purba akan langsung memperlihatkannya di layar monitor. Diagnosa penyakit langsung diketahui tanpa kami bertanya atau menduga-duga saya sakit apa? Kalau sudah tahu jelas dan jika ada pasien yang membutuhkan operasi akan segera ditangani,” ungkap beberapa warga Kota Kupang yang pernah menjadi pasien dr. Imamnuel Purba kepada Media SULUH DESA, Sabtu (23/01/2021) petang.

“Kami masyarakat NTT mengharapkan mudah-mudahan beliau diberi kekuatan, kesehatan, serta mendapat perlindungan dari Tuhan. Kami berdoa kalau Tuhan izinkan, pasti beliau dan isterinya bisa kembali bertugas di NTT. Karena seperti saat pandemi ini kami butuh dokter ahli THT, sehingga dapat meningkatkan mutu pelayanan kesehatan bersama tenaga kesehatan yang ada di NTT,” pinta mereka lagi. (vrg/vrg)

DomaiNesia

Komentar

News Feed