oleh

Bangun Kemitraan, Komisi III DPRD Malaka Kunjungi Dinsos

-Berita, Daerah-167 views

MALAKA, suluhdesa.com | Kunjungan Komisi III DPRD Malaka pada hari Jumat, (22/01/2021) ke Kantor Dinas Sosial (Dinsos) di Harekakae, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur, dalam rangka membangun kemitraan yang kuat. Dalam kunjungan tersebut, Komisi III langsung bertemu dengan petugas lapangan dan juga Koordinator Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) dan juga Tim Koordinator Pendamping Desa.

Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Malaka, Felix Bere Nahak menerangkan bahwa, kunjungan Komisi III hari ini ke Dinas Sosial Kabupaten Malaka, selain sebagai mitra, para anggota dewan juga ingin bertemu langsung dengan para Pendamping PKH dan para Pendamping Desa untuk melihat dan mendengarkan langsung, segala usulan dan masukan atau keluhan dari para pendamping selama melakukan pendampingan.

Komisi III juga berharap program-program yang dari pemerintah pusat dapat dirasakan dan bermanfaat bagi masyarakat Malaka.

Felix juga menyampaikan bahwa pada tahun 2020 lalu, pihak Komisi III DPRD Malaka mendorong anggaran untuk insentif bagi para pendamping.

“Walaupun program ini dari pemerintah pusat dan dibiayai oleh pemerintah pusat, tetapi ada sharing dana dari daerah. Oleh karena itu, dari sisi regulasi memungkinkan, maka dari sisi kesejahteraan pendamping itu kita pikirkan bersama-sama,” ucap Anggota DPRD Malaka dari Fraksi Nasdem ini.

Mantan Ketua KPU TTU ini juga menyampaikan bahwa tujuan dari kunjungan ini untuk memastikan  program-program dari pemerintah pusat agar tepat sasaran.

Dalam kesempatan tatap muka itu juga, Anggota DPRD Malaka asal Fraksi Golkar, Maria Fatima Seuk Kain mengatakan penyaluran bantuan PKH perlu ditunjang dengan pelayanan yang maksimal.

Ia menegaskan, pengelola program perlu memaksimalkan layanan penyaluran bantuan PKH karena ditemukan masalah yang sama dan terjadi di sejumlah wilayah desa dan masyarakatnya.

“Pelayanan harus lebih baik. Karena, di desa-desa masalahnya hampir persis sama,” kata Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Malaka ini.

Menurut Meri, alangkah baiknya dewan perlu dilibatkan dalam proses dan mekanisme penyaluran bantuan. Karena penyaluran bantuan tersebut berkaitan dengan kepentingan masyarakat secara keseluruhan.

“Kita bermitra sehingga kami perlu terlibat,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Anggota Dewan asal Fraksi Gerindra, Fransiskus Xaverius Taolin mengatakan dewan sebagai wakil rakyat selalu pro aktif dalam mengawal program-program pembangunan demi kesejahteraan masyarakat.

“Kami selalu turun ke desa-desa untuk kawal program pembangunan. Karena, tujuan kita satu, kesejahteraan masyarakat,” pungkas Ans. (fecos/fecos)

Komentar

News Feed