oleh

Pendukung SBS-WT di Malaka Halangi Pembukaan Kotak Suara

MALAKA, suluhdesa.com | Pembukaan Kotak Suara oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Malaka sesuai regulasi PKPU sedikit alot ketika Tim Pasangan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Malaka nomor urut 02 (Pasangan Stef Bria Seran dan Wandelinus Taolin) memprotes dan terjadi perdebatan yang tidak ada titik temunya.

Proses pembukaan kotak suara yang digelar hari ini, Jumat (22/01/2021), di Betun, Kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur, menuai protes dari tim pendukung SBS-WT. Pihak pendukung SBS-WT menduga KPU Malaka tidak transparan di balik pembukaan kotak suara sebab tidak mau melibatkan pihak lain untuk menyaksikan pembukaan kotak suara.

“Kenapa mau buka kotak, kami mau menyaksikan tidak mau? Ada apa?,” tanya salah seorang pendukung SBS-WT yang hadir saat itu.

Namun Ketua KPU Kabupaten Malaka, Makarius Bere Nahak dan Komisioner KPU, Yuventus Bere didampingi Komisioner Bawaslu, Nadap Bety saat beraudiens dengan para pendukung SBS-WT menyampaikan bahwa, pihak KPU tetap melaksanakan pembukaan kotak suara sesuai dengan instruksi KPU Pusat yang terjadwal hari ini.

“Kami tetap buka kotak suara tersebut untuk mempersiapkan sebagai alat bukti di persidangan MK, dan semua yang kita lakukan sesuai regulasi PKPU,” ungkap Yuven.

Sementara itu, Ketua KPU Malaka, Makarius Bere Nahak, S. Fil menjelaskan Dalam Surat KPU RI Nomor: 1232/PY.02.1-SD/03/KPU/XII/2020, KPU Provinsi dan/atau KPU Kabupaten / Kota diperbolehkan membuka Kotak Suara Tersegel. Kotak suara tersegel tersebut diperbolehkan dibuka sejauh terdapat permohonan PHP yang sudah teregistrasi di MK.

Pantauan Media SULUH DESA, walaupun Tim SBS-WT ngotot untuk membatalkan pembukaan kotak suara, namun KPU tetap melaksanakan kegiatan pembukaan kotak suara sesuai regulasi.

Dalam kesempatan itu, Yuven menegaskan, jika menurut pendukung Paslon SBS-WT merasa tidak puas dengan regulasi yang ada, dipersilahkan untuk menempuh jalur lain. (fecos/fecos)

Komentar

News Feed