oleh

BPIP Terima Audiensi Duta Damai Dunia Maya: Sinergi Bumikan Pancasila

JAKARTA, suluhdesa.com | Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Antonius Benny Susetyo melangsungkan audiensi dengan Duta Damai Dunia Maya Badan Nasional  Penanggulangan Terorisme (BNPT) Regional DKI Jakarta, Kamis (17/12/2020).

Dalam diskusinya, Benny menjelaskan terkait penyebab penyebaran radikalisme salah satunya melalui media sosial.

“Radikalisme tumbuh dan berkembang salah satunya karena media sosial. Ini harus menjadi salah satu fokus,” jelasnya.

Lebih lanjut Benny menjelaskan bahwa radikalisme terjadi di saat seseorang menganggap dirinya paling benar dan yang lain salah serta melegalkan kultur kekerasan.

“Radikalisme ketika orang yang menganggap dirinya paling benar dan yang lainnya salah. Yang melegalkan kultur kekerasan untuk menggantikan ideologi,” tohoknya.

Dalam kesempatan ini, Benny berharap Duta Damai Dunia Maya BNPT dapat saling bersinergi dalam menyosialisasikan toleransi, kedamaian, dan pembumian Pancasila.

“Diharapkan BPIP dan Duta Damai Dunia Maya BNPT dapat  saling bersinergi dalam pembumian Pancasila,” tegas Benny.

Benny menambahkan, Duta Damai Dunia maya BNPT ini dapat mensosialisasikan dan bekampanye tentang toleransi, persatuan, dan kebersaamaan di media sosial untuk merebut wacana publik yang saat ini sering disalahgunakan untuk kepentingan kelompok tertentu.

“Duta Damai dapat mengampanyekan kultur kehidupan bukan kultur kematian. Jika tidak jalan pintas persoalan radikalisme dan ekstrimisme akan terus menjamur karena dirasuki permusuhan,” tambahnya.

Oleh karena itu, Benny menegaskan, dibutuhkan  anak muda yang peduli pada bangsanya. Anak-anak muda bukan hanya mitra tetapi jantung NKRI.

Agama harus menjadi inspirasi batin setiap insan khususnya welas asih integritas dan lainnya masuk ke dalam nilai keimanan.

Wakil Ketua Duta Damai Dunia Maya BNPT, Bintang E P Siregar menyampaikan harapannya dapat bersinergi dengan BPIP khususnya dalam menyebarkan konten toleransi.

“Membuat konten cinta damai dan toleran sebagai anak duta damai. Dengan harapan juga dapat bersinergi dengan berbagai lemabaga termasuk BPIP,” ungkap Bintang

Selanjutnya Bintang menjelaskan bahwa, saat ini Duta Damai Dunia Maya sudah fokus tentang kampenye toleransi.

“Saat ini memang fokus kami adalah kampenye tentang toleransi melalui dunia maya tetapi secara langsung juga dilakukan,” tutup Bintang. (viona/msd)

Komentar

News Feed