oleh

KUB St. Lukas Jadi Panitia Natal, Umat Kapela HKY Bimoku Taati Prokes

BIMOKU, Umat Katolik di Kapela Hati Kudus Yesus (HKY) Bimoku, Kelurahan Lasiana, Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur kali ini merayakan Natal dengan penuh khidmat dan tenang walaupun di tengah pandemi Covid-19. Hal ini terjadi berkat kerja keras Panitia Natal Kapela HKY Bimoku yang telah mempersiapkan perayaan Natal dari beberapa minggu sebelumnya. Semua umat yang menghadiri perayaan Ekaristi ini mematuhi protap kesehatan (prokes) dengan memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, memakai hand sanitizer, dan mengukur suhu tubuh.

Edi Mane Da Lopez, Ketua KUB Santo Lukas yang juga merupakan Ketua Panitia Natal Kapela HKY Bimoku saat diwawancarai Media SULUH DESA pada Kamis (24/12/2020) usai perayaan misa malam Natal menjelaskan bahwa, umat yang hadir di Kapela HKY Bimoku wajib mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

“Semua umat saat datang untuk mengikuti perayaan Ekaristi malam Natal, Natal, dan Tahun Baru 1 Januari 2021 wajib hukumnya menaati aturan yang ada. Yang tidak mengenakan masker kita minta untuk pulang dan mengikuti misa secara live dari rumah. Ini kita perhatikan secara benar untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19,” tegas Pria ini yang akrab disapa Bapa Edi.

Bapa Edi juga menungkapkan, terkait keamanan selama perayaan berlangsung, panitia telah menugaskan beberapa anggotanya untuk menjaga tata tertib dan keamanan umat. Selain itu, dibantu oleh IPDA Hermanus Pati Bean, S.H dari Satuan Brimob Polda NTT.

“Di pintu masuk gerbang Kapela HKY Bimoku, umat diarahkan untuk masuk Kapela dengan tertib. Semua kendaraan roda dua dan roda empat kita atur supaya diparkir dengan baik sehingga tidak menghalangi umat lain yang datang. Umat yang datang juga kita periksa, apakah memakai masker atau tidak? Membawa senjata tajam atau tidak? Kalau sudah dipastikan umat itu menaati tata tertib baru kita izinkan masuk ke dalam Kapela. Ini kita lakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan,” ungkap Bapa Edi.

Selain itu, tambah Bapa Edi, kursi-kursi yang ada di dalam Kapela diatur dengan jarak baik sehingga saat umat duduk atau berdiri tidak saling bersentuhan. Ini dibuat untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Bapa Edi juga menceritakan bahwa yang menjadi Panitia Natal di Kapela HKY Bimoku kali ini adalah umat dari Kelompok Umat Basis (KUB) Santo Lukas.

KUB Santo Lukas inilah yang mempersiapkan perayaan misa untuk Natal dan Tahun Baru 2021 dengan baik bersama Orang Muda Katolik (OMK) HKY Bimoku.

“Kami panitia Natal dari beberapa minggu yang lalu telah mempersiapkan semuanya. Kami mengecat Kapela HKY Bimoku, membersihkan rumput, meratakan gundukan tanah, menanam bunga, membersihkan semua kursi yang diduduki umat, dan menyiapkan air cuci tangan, serta menyiapkan hand sanitizer. Sedangkan OMK HKY Bimoku membuat kandang Natal dan mengecat huruf,” jelas Bapa Edi.

Dalam kesempatan itu, dirinya mengucapkan terima kasih kepada semua umat Kapela HKY Bimoku yang telah mematuhi protokol kesehatan selama misa berlangsung, menjaga situasi aman dan kondusif selama di dalam lingkungan Kapela, serta tetap menjalin persaudaraan.

“Selamat Natal untuk semuanya. Terima kasih juga kami ucapkan untuk IPDA Herman Pati Bean dari Brimob Polda NTT yang telah membantu kami menjaga keamanan selama misa Natal berlangsung. Ucapan terima kasih juga saya ucapkan untuk semua umat KUB Santo Lukas yang bersedia menjadi Panitia Natal tahun 2020,” tutup Bapa Edi.

Pantauan Media SULUH DESA, umat Kapela HKY Bimoku yang menghadiri perayaan malam Natal pada Kamis (24/12/2020) dan perayaan Ekaristi pada hari Natal, Jumat (25/12/2020), berlangsung aman, tertib, dan aman. Yang memimpin perayaan Ekaristi adalah RD. John Subani, Pembina Seminari Tinggi Santo Mikhael Kupang dan Dosen Hukum Gereja pada Fakultas Filsafat Universitas Katolik Widya Mandira Kupang. (fwl/fwl)

Komentar

News Feed