oleh

Semua Paslon yang Bertarung di Pilkada TTU Harus Tetap Jaga Persaudaraan

KEFAMENANU, suluhdesa.com – Pilkada Timor Tengah Utara (TTU) pada hari ini Rabu (09/12/2020) akan terjadi beberapa jam lagi. Masing-masing Pasangan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati TTU sudah menyiapkan diri mereka untuk mengikuti perayaan puncak dari pesta demokrasi ini. Salah satunya adalah Pasangan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati TTU dari Paket KITA SEHATI nomor urut 1 yang selama masa tenang berdiam di rumah dan bercengkrama bersama keluarga untuk melepaskan semua kepenatan yang dialami selama kampanye tiga bulan lamanya.

Di sela-sela kesibukannya bermain bersama puteri bungsunya, Calon Wakil Bupati Timor Tengah Utara Yosef Tanu dari Paket KITA SEHATI nomor urut 1 mengatakan bahwa Paket KITA SEHATI siap untuk menang dan siap untuk kalah dalam pertarungan politik ini.

Hal ini disampaikan Yosef Tanu saat berbincang dengan Media SULUH DESA di rumah pribadi di Km 6, Kelurahan Maubeli, Kecamatan Kota Kefamenanu, Kabupaten TTU, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Selasa (08/12/2020 malam.

Menurut Yosef Tanu, sebagai manusia pihaknya sudah berjuang maksimal dan selebihnya itu semua kehendak Tuhan.

“Sebagai manusia kita sudah berusaha dan berjuang dan kalau hitungan di atas kertas kita menang 55 %. Akan tetapi untuk menjadi Bupati dan Wakil Bupati TTU itu adalah kehendak Tuhan Yang Maha Kuasa yang berdaulat untuk menentukan,” ungkap pria bersahaja ini.

Yosef mengatakan, “yang terpenting di sini adalah kita harus menghargai hasil dari pemilu besok. Artinya kita siap menang secara terhormat dan kalah secara terhormat karena tujuan kita tidak hanya berjuang untuk jadi bupati dan wakil bupati, tetapi tujuan kita bagaimana membangun masyarakat Kabupaten TTU jauh lebih maju, memperbaiki seluruh sendi, dan semua aspek kehidupan masyarakat. Itulah yang penting.”

Ia menambahkan dirinya bersama Kristiana Muki yang merupakan Calon Bupati TTU tidak berambisi untuk menang apalagi ingin memperoleh kekuasaan dengan cara yang kotor.

“Saya pikir, saya dan Mama Kristiana Muki, kami tidak berambisi sama sekali. Jika masyarakat mengingini kami menjadi Bupati dan Wakil Bupati TTU maka kami akan melayani. Kami hanya ingin hadir untuk membangun daerah ini. Kamu tidak ada beban sebab ketika kami dicalonkan kami tidak mengeluarkan uang satu peser pun kepada Partai Nasdem. Sehingga beban kami kembali kepada masyarakat. Karena ketika kami jadi bupati dan wakil bupati, kami lebih fokus kepada masyarakat dan bukan pembangunan proyek,” tegas Yosef.

Mantan Kepala Bagian Umum Setda Kabupaten TTU ini juga mengimbau kepada semua paket, baik paket nomor 1, paket nomor 2, dan paket nomor 3 untuk menghargai proses demokrasi.

“Kita jaga bersama dari praktik politik kotor di Kabupaten TTU, dari fitnah, politik uang, dan lain sebagainya yang menimbulkan preseden buruk untuk demokrasi di Kabupaten TTU. Saya mengharapkan untuk apapun hasil pemilu, baik paket nomor 1, 2 dan 3 harus tetap menjaga perdamaian, ketertiban, dan sendi-sendi persaudaraan di TTU,” urai Yosef.

Selain itu, ucap Yosef, Paket KITA SEHATI optimis menang di atas 55 persen, bahkan kalau tidak ada perubahan berarti akan masuk 60 persen.

Yosef Tanu menceritakan bahwa, selama masa tenang ia melakukan kegiatan ke gereja untuk mengucap syukur kepada Tuhan sebab Tuhan telah menyertai Paket KITA SEHATI sejak dari proses awal kampanye sampai akhir kampanye dengan baik.

“Dalam mengisi masa tenang beberapa hari yang telah lewat ini adalah dengan menanam jagung di Kebun Eden. Kebetulan saat ini telah masuk musim hujan. Saya membersihkan tanaman yang lain juga,” tandas Yosef.

Menghadapi Pilkada TTU yang tinggal beberapa jam lagi, Mantan Camat Noemuti Timur ini mengimbau kepada seluruh masyarakat TTU untuk menggunakan hak politik dengan benar dan baik.

“Semua masyarakat TTU harus menggunakan hak pilih karena ini adalah pesta demokrasi yang dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Karena suara rakyat adalah suara Tuhan. Mari kita gunakan suara kita dengan baik. Karena, hak memilih itu adalah suara Tuhan yang dititipkan pada setiap orang untuk kita gunakan secara baik dan benar. Suara itu untuk memilih pemimpin 5 tahun ke depan. Jangan memilih pemimpin yang tidak sesuai dengan hati nurani. Jika jagoan anda tidak berhasi, janganlah membuat hal-hal anarkis yang akan merugikan diri sendiri, masyarakat, dan daerah ini. Karena baik dari sisi keamanan, integritas, demokrasi, dan persaudaraan, itu harus terjaga dengan baik. Mari kita jaga bersama itu. Mari kita juga belajar sportif, dalam arti menjadi pemenang sejati. Kalau kalah menjadi kalah secara terhormat dan menang menjadi menang yang terhormat. Jangan sampai menghalalkan segala cara ketika kalah,” ucap Yosef yang ketika ditanya bagaimana dengan perasaannya dalam menghadapi pilkada yang tinggal beberapa jam lagi, menjawab bahwa, perasaannya biasa saja.

“Karena saya selalu percaya bahwa dari rahim ibu, setiap kita sudah ditentukan dan Tuhan punya rencana untuk misi setiap orang. Jika ini jalan Tuhan saya akan terpilih jadi Wakil Bupati TTU mendampingi Mama Kristiana Muki. Tetapi jika bukan jalan Tuhan, saya harus syukuri karena kalau dipaksakan untuk jadi, mungkin besok-besok terjadi hal-hal yang tidak diinginkan atau saya bekerja tidak akan maksimal.Saya biasa saja, saya tidak terbeban dengan kondisi yang ada,” ungkap Yosef.

Sementara itu Calon Bupati TTU dari Paket KITA SEHATI nomor urut 1 Kristiana Muki ketika dijumpai Media SULUH DESA di rumahnya di Km 5 Jurusan Atambua, meminta kepada semua masyarakat TTU untuk menggunakan hak pilihnya dengan baik.

“Saya meminta kepada bapak, mama, dan saudara-saudari semua untuk mari menggunakan hak pilih dengan baik. Kita harus tetap menjaga keamanan dan ketertiban agar proses Pilkada TTU ini berjalan aman, lancar, dan tertib,” pinta Mantan Anggota DPR RI dari Partai Nasdem ini.

Ia juga menceritakan jika selama masa tenang dirinya berada di rumah sambil menemani anak-anaknya belajar dan bermain. (vrg/ledys)

Komentar

News Feed