oleh

Distan dan Kodim 1618/TTU Gelar Komsos untuk Sukseskan Program TJPS

KEFAMENANU, suluhdesa.com – Kodim 1618/TTU menggelar komunikasi sosial bersama Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten TTU dalam rangka menyukseskan program Tanam Jagung Panen Sapi (TJPS).

Informasi yang dihimpun media ini disampaikan bahwa, Kepala Dinas Pertanian TTU, Gregorius Ratrigis dalam diskusi bersama Dandim 1618/TTU, Letkol Arm. Roni Junaidi, di ruang rapat Dandim, Kamis (03/12/2020) menyatakan, komunikasi sosial tersebut difokuskan pada diskusi penahapan program TJPS untuk periode Oktober 2020 hingga Maret 2021.

Dari diskusi itu, Gregorius menyampaikan bahwa Dinas Pertanian TTU telah berencana untuk melaksanakan pelatihan program TJPS yang digagas Gubernur NTT dan Wakil Gubernur NTT.

Gregorius menyebutkan, lokasi pelaksanaan program TJPS untuk wilayah TTU seluas 850 hektare, dan melibatkan lebih kurang 85 petani. Masing-masing petani menggarap lahan seluas 10 hektare.

“Prinsipnya kita siap mengembangkan program TJPS di Kabupaten TTU. Lahan pertanian sudah siap untuk musim tanam tahun ini,” jelasnya.

Hal tak jauh beda dikemukakan Dandim 1618/TTU, Letkol Arm. Roni Junaidi.

Menurutnya, pihaknya membangun diskusi bersama Distan TTU, di mana diatur bahwa dalam melaksanakan program tersebut, Distan akan menangani teknis pelaksanaan program. Sementara Kodim 1618/TTU akan mengarahkan personilnya untuk berperan sebagai pendamping. Personil Kodim 1618/TTU akan melakukan pendampingan pada saat para petani mulai melaksanakan penanaman dan pemeliharaan lahan jagung.

“Mekanisme ke depan apakah dengan membentuk kelompok-kelompok tani, bagaimana pengawasannya, sehingga bisa panen optimal di periode Oktober-Maret. Waktu lalu, bulan April 2020, Pak Gubernur NTT pernah ke Letneo Selatan untuk panen. Kita ingin memanfaatkan momen itu sebagai langkah tindak lanjut Oktober-Maret ini kapan kita menanam dan kapan pelatihan. Kita mengingatkan untuk mekanisme TJPS untuk periode Oktober-Maret,” jelasnya.

Junaidi menambahkan, keterlibatan pihak Kodim 1618/TTU dalam pelaksanaan program TJPS di TTU tentu dalam rangka menyukseskan penerapan program tersebut.

Menurut Letkol Junaidi, pihak Kodim 1618/TTU akan membantu mengorganisir dan mengarahkan pentahapan kerja program TJPS.

Pihaknya berharap, dengan keterlibatan dan dukungan Kodim 1618/TTU dan pihak-pihak terkait lainnya, penerapan program TJPS di TTU dapat berhasil.

“Secara teknis dari Dinas Pertanian TTU akan menanganinya. Personil Kodim 1618/TTU hanya mendampingi bersama kelompok-kelompok penyuluh dari Dinas Pertanian. Personil Kodim 1618/TTU mendampingi mekanisme agar masyarakat terlibat secara aktif termasuk apabila ada kendala dalam pelaksanaan program,” pungkasnya. (ledys/msd)

Komentar

News Feed