oleh

Mutis Bukan Tempat Buangan Pegawai, Mutis Harus Dilayani

KEFAMENANU, suluhdesa.com – Yosef Tanu Calon Wakil Bupati Timor Tengah Utara (TTU) dari Paket KITA SEHATI nomor urut 1 melakukan kampanye di Oelmuke dan Oelfab, Desa Tasinifu, pada Jumat (20/11/2020) dan dilanjutkan di Desa Noelelo, Sabtu (21/11/2020). Titik kampanye ini berada di Kecamatan Mutis, Kabupaten TTU, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Jarak jauh dari titik yang satu menuju ke titik yang lainnya, serta kondisi jalan yang terjal dan penuh bebatuan lepas tak menyurutkan semangat Yosef Tanu dan tim untuk pergi berkampanye. Tim harus melewati bukit dan lembah, kemudian menaklukan tanjakan penuh liku. Lagu-lagu kemenangan Paket KITA SEHATI berkumandang keras dari speaker mobil mengiringi roda mobil yang melaju pasti. Yosef Tanu dan tim sangat tangguh dan tidak mengenal lelah, apalagi putus harapan. Ini menggambarkan semangat Paket KITA SEHATI yang mampu menerjang aral rintangan untuk melayani masyarakat jika terpilih pada 9 Desember nanti.

Saat tiba di titik-titik kampanye itu, Yosef Tanu diterima dengan takanab oleh tetua adat. Sedangkan masyarakat yang lainnya meneriakan pekikan palate. Bapa-bapak menari meliukan badan mereka bersemangat. Mama-mama mengacungkan satu jari sambil tersenyum bahagia, ada juga yang meneteskan air mata. Bagaimana tidak? Sosok Yosef Tanu sangat bersahaja dan mau mengunjungi mereka di daerah Mutis yang oleh sebagian orang dikatakan terpencil, jauh dari keramaian, dan terbuang.

Selanjutnya, Yosef Tanu berkampanye di hadapan ratusan masyarakat yang hadir. Mantan Camat Noemuti Timur ini memaparkan visi misi dan program kerja Paket KITA SEHATI.

Visi Paket KITA SEHATI adalah Terwujudnya Masyarakat Timor Tengah Utara yang Sejahtera, Berdaya Saing, Adil, Profesional, Demokratis dan Mandiri melalui Pemberdayaan Potensi Sumber Daya Manusia dan Sumber Daya Alam secara Lestari.

Sedangkan Misi Paket KITA SEHATI adalah:

  1. Memberdayakan ekonomi kerakyatan berbasis potensi unggulan daerah yang berwawasan lingkungan hidup secara sinergis dan berkelanjutan.
  2. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pembangunan pendidikan dan kesehatan yang berkualitas, merata dan terakses.
  3. Meningkatkan aksebilitas melalui pembangunan dan pemerataan infrastruktur daerah.
  4. Mewujudkan tata kepemerintahan yang baik dan bersih.
  5. Mengembangkan kawasan strategis daerah dengan menata Kota Kefamenanu, mengembangkan kawasan pesisir, kawasan perbatasan serta memberdayakan masyarakat desa.

Sedangkan untuk program kerja yang bakal dilakukan oleh Kristiana Muki dan dirinya jika terpilih menjadi Bupati TTU dan Wakil Bupati TTU, adalah akan memaksimalkan potensi pertanian, perikanan, peternakan, pendidikan, kesehatan, perikanan, kelautan, pariwisata, infrastruktur, pemberdayaan masyarakat desa, pemberdayaan kaum wanita, peningkatan ekonomi strategis untuk kawasan pesisir, dan lain sebagainya.

Masyarakat yang diberikan kesempatan untuk menyampaikan pendapat mereka, kepada Yosef Tanu, meminta supaya akses jalan menuju ke tiap desa dan dusun yang belum baik agar diperhatikan jika dirinya terpilih bersama Kristiana Muki.

Selain itu, perwakilan masyarakat juga meminta supaya Paket KITA SEHATI membantu masyarakat daerah Mutis yang saat ini di beberapa tempat belum mendapat jangkauan jaringan telekomunikasi, sebab jaringan yang didapat adalah jaringan roaming dari Timor Leste dan itu sangat mahal.

Yosef Tanu usai mendengar permintaan warga itu menjawab bahwa jika dirinya dan Kristiana Muki terpilih akan membantu masyarakat menjawab kebutuhan mereka akan akses jalan dan akses jaringan telekomunikasi. Sebab, Paket KITA SEHATI hadir untuk menjawab setiap solusi atas masalah yang dihadapi masyarakat TTU.

Pada kesempatan itu juga Yosef Tanu mengatakan supaya masyarakat yang ada di wilayah Mutis jangan merasa sebagai daerah terbuang atau menjadi tempat buangan para pegawai.

“Mutis juga merupakan bagian dari Kabupaten TTU yang harus dilayani. Di sini ada kantor layanan publik. Oleh karena itu, penempatan pegawai di tempat ini harus diterima sebagai bentuk pengabdian. Bukan dibuang, atau dilempar, atau disisihkan, atau karena balas dendam politik. Mutis itu satu kesatuan dengan TTU. Mutis itu daerah yang subur dan indah. Jadi Mutis bukan daerah pembuangan untuk para ASN. Saya juga mau minta masyarakat semua untuk jangan dengar isu ini. ini sengaja dihembuskan oleh orang yang tidak bertanggung jawab hanya untuk menjatuhkan pemerintah saat ini. Mereka mau menjatuhkan Bapak Ray Fernandez. Ingat baik-baik bapak mama yang saya kasihi, daerah Mutis itu memiliki alam yang subur dan jika diolah dengan baik maka akan memperoleh hasil berlimpah. Jadi tidak ada itu daerah buangan atau terbuang. Apalagi menjadi tempat pembuangan,” tegas Yosef Tanu.

Salah satu masyarakat yang mendengar uraian Yosef Tanu ini secara spontan menyampaikan bahwa, “kami di Mutis bukan tempat pembuangan pegawai. Kami juga ada di dalam wilayah TTU yang perlu mendapat distribusi pegawai untuk melayani kami di sini. Begitu rendahkah Mutis ini? Ingat Mutis adalah simbol kehormatan masyarakat Timor.”

Yosef Tanu pun menimpali bahwa, Paket KITA SEHATI sangat mencintai semua desa di Mutis. Oleh karena itu sebagai bentuk mencintai masyarakat di wilayah Mutis, dirinya dan Kristiana Muki menjelajahi setiap desa di Mutis.

“Jika terpilih nanti, kami akan selalu berkunjung ke tempat ini. Kami juga akan mengunjungi secara berkala semua tempat di Kabupaten TTU yang dianggap sangat jauh dari pusat kota. Tidak ada dalam kamus kami bahwa ada daerah yang menjadi anak emas dan anak tiri. Semua sama, sebab bapak mama semua adalah warga TTU yang harus didengar aspirasi dan dilayani,” tutup Yosef Tanu yang disambut tepuk tangan meriah masyarakat. (fwl/fwl)

Komentar

News Feed