oleh

Diskominfo TTU Gelar FGD Penyusunan Data Statistik Sektoral

KEFAMENANU, suluhdesa.com – Data Statistik Sektoral merupakan basik data yang sangat penting dalam penyusunan rencana, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi pembangunan. Oleh karena itu, akurasi dan validasi data statistik sektoral sangat dibutuhkan, agar sasaran program pembangunan di semua sektor bisa tepat sasaran.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Timor Tengah Utara, Kristo Ukat pada kegiatan diskusi dengan tema Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Statistik Sektoral Kabupaten Timor Tengah Utara Tahun 2020 di Grand Royal Café n Resto Kefamenanu, Jalan Kartini, Senin (23/11/2020).

Kegiatan diskusi ini dibuka oleh Asisten Administrasi Setda Kabupaten Timor Tengah Utara, Drs. Raymundus Thall, M.M.

Dalam Sambutan Bupati Timor Tengah Utara Ray Fernandez yang dibacakan Raymundus mengatakan bahwa, pemerintah daerah harus memiliki informasi data kepada semua pihak.

“Pertemuan diskusi hari ini ditindaklanjuti untuk TTU menuju satu data yang dikoordinir oleh Dinas Kominfo. Saya mengharapkan kegiatan diskusi ini dapat menghasilkan database untuk referensi pembangunan Kabupaten Timor Tengah Utara yang akan datang,” jelas Bupati TTU Ray Fernandez.

Sementara itu Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Timor Tengah Utara, Kristo Ukat meminta kepada semua peserta agar fokus dan serius menyimak materi yang disampaikan oleh narasumber.

“Kita mau maju harus punya data yang akurat dan valid. Pengisian data merupakan point penting yang akan menentukan kualitas data statistik sektoral yang akan dihasilkan. Untuk itu dengan berbagai keterbatasan, kami berharap semua peserta dapat fokus menyimak materi yang disampaikan. Jangan sampai ada kesalahan sedikit pun dalam pengisian data,” ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk dijadikan rujukan para pemangku kepentingan dalam mengambil keputusan dalam perencanaan pembangunan Daerah TTU.

Tersedianya data statistik sektoral secara tersentral di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Timor Tengah Utara akan mudah diakses oleh semua kalangan pengguna data. Focus Group Discussion(FGD) menjawab kebutuhan data terutama oleh pihak Pemerintah Daerah TTU dalam pembuatan evaluasi dan perencanaan kebijakan daerah.

Dalam menyusun data statistik sektoral yang akurat dan valid, diperlukan sinergi semua stakeholder terkait dan pembentukan tim penyusunan data yang berkompeten. Sehingga data statistik sektoral yang dihasilkan bisa seragam dan dapat digunakan sebagai acuan dalam penyusunan rencana pembangunan maupun sebagai bahan monitoring dan evaluasi pelaksanaan pembangunan.

Ditambahkan juga, Dinas Kominfo sesuai tugas dan fungsinya sebagai penyedia informasi juga memiliki tanggung jawab untuk menyediakan data statistik sektoral. Dengan adanya database statistik sektoral yang berdokumentasi dengan baik akan memudahkan para pihak yang membutuhkan data tersebut melalui layanan informasi publik pada Dinas Kominfo

Terpisah, mewakili Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Timor Tengah Utara, Viktorius Manek Yani mengatakan kegiatan FGD ini untuk menyeragamkan atau menyamakan persepsi dalam penyusunan data statistik sektoral.

“Selain menyamakan persepsi FGD ini juga bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang pengumpulan, penyusunan, analisis dan penyajian data sehingga data yang dihasilkan benar-benar akurat dan valid. Data dasar statistik sektor adalah yang kita buat hari ini dan untuk dijadikan dasar atau barometer untuk perumusan perencanaan. Data bukan asal data saja dan ini menjadi catatan kita bersama,” tandasnya.

Turut hadir pada kegiatan Focus Group Discussion (FGD) tersebut perwakilan 43 OPD se Kabupaten TTU, BPS TTU dan Dinas Kominfo TTU. (Vrg/Vrg)

DomaiNesia

Komentar

News Feed