oleh

Wilayah Mutis Bukan Tempat Buangan ASN, KITA SEHATI Bermalam di Kofin

KEFAMENANU, suluhdesa.com – Calon Bupati Timor Tengah Utara (TTU) Kristiana Muki dan Calon Wakil Bupati TTU Yosef Tanu melakukan kampanye terbatas pada Jumat (20/11/2020) di  Kofin, Desa Nifutasi, Kecamatan Mutis, Kabupaten Timor Tengah Utara, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Paket KITA SEHATI dalam kampanye terbatas ini didampingi oleh Ketua DPW Partai Nasdem Raymundus Sau Fernandez.

Calon Bupati TTU Kristiana Muki dan calon Wakil Bupati TTU Yosef Tanu disambut dengan meriah oleh masyarakat Dusun Kofin pada pukul 19.30 Wita. Dengan didampingi oleh Ketua DPW Partai Nasdem Raymundus Sau Fernandez, Kristiana Muki dan Yosef Tanu berdiri di hadapan tetua adat yang menuturkan takanab. Kemudian tetua adat menyerahkan kabi nok tua kepada kedua idola pilkada sambil mendoakan keduanya kepada Tuhan dan leluhur.

Masyarakat menjemput rombongan Paket KITA SEHATI di gerbang masuk perkampungan dalam kondisi tanpa lampu karena tidak ada listrik. Dengan penerangan seadanya, masyarakat mengarak rombongan memasuki perkampungan menuju ke tenda kampanye terbatas. Masyarakat terus menari sepanjang jalan dan kedua calon pemimpin daerah TTU ini turut serta berjalan kaki bersama masyarakat. Jalan yang berbatu dan gelap itu dilalui kedua sosok calon pemimpin ini sambil mengobrol dengan masyarakat dan sesekali memeluk masyarakat yang menawarkan peluk.

Dalam memaparkan visi dan misi Paket KITA SEHATI, Calon Wakil Bupati TTU Yosef Tanu menyebut kondisi kesehatan menjadi salah satu hal yang urgen untuk ditangani.

“Mengenai program kesehatan kami akan fokus untuk melancarkan pelayanan di Polindes dan Pustu sehingga bapak mama kalau sakit atau ibu yang mau bersalin bisa ditangani dengan lebih cepat. Terkadang pelayanan di Polindes dan Pustu sangat lambat karena bidan hanya satu orang. Sehingga ke depan akan kita tambahkan tenaga kesehatan untuk melancarkan pelayanan di Polindes dan Pustu. Kemudian kita akan membantu masyarakat dengan memberikan Jamkesda untuk mempermudah urusan administrasi dan tidak berbelit-belit. Biaya pengobatan untuk yang punya Jamkesda bakal ditanggung oleh Pemerintah Daerah, jadi bapak mama tidak perlu pusing kalau mau berobat ke Pustu, Polindes, maupun Puskesmas terdekat,” ujar Yosef Tanu.

Lebih lanjut Calon Wakil Bupati TTU Yosef Tanu juga mengajak masyarakat untuk mencermati setiap visi dan misi yang ditawarkan dalam berbagai program.

“Saya juga mengajak bapak mama sekalian untuk tidak perlu langsung tergiur dengan setiap program yang ditawarkan. Bapak mama harus dengar dan cermati program-program tersebut sehingga tidak hanya sebagai pemanis kampanye untuk mengajak bapak mama memilih kami para calon. Kami juga menawarkan program dalam kaitan dengan peternakan, tetapi bapak mama harus cermati baik-baik. Sehingga jangan sampai tergiur dengan program paronisasi sapi. Kalau sapi yang diberikan seberat 230 kg dan hanya dipelihara 5 bulan dan langsung dijual karena sudah mencapai 300 kg. kalau sistemnya seperti ini, maka konsep program mengembalikan TTU sebagai gudang ternak itu ada di mana? Karena logikanya begini, bapak mama diberikan sapi jantan untuk diparon dan kemudian dijual maka yang tinggal di kandang itu hanya kotoran sapi. Kalau modelnya seperti ini, maka kita akan kembalikan TTU sebagai gudang kotoran ternak  dan bukan kembalikan sebagai gudang ternak. Maka Kemudian kalau ada yang datang ajak dengan memaparkan berbagai program, bapak mama harus cermati baik-baik supaya tidak hanya tergiur,” ujar Yosef Tanu sambil tertawa.

Selanjutnya, Calon Bupati TTU Kristiana Muki dalam orasinya mengatakan, “malam ini kami tidur Kofin maka ada tugas untuk sejahterakan Kofin karena kami sudah lihat keadaan di Kofin. Saya juga mengajak bapak mama sekalian untuk memilih Paket KITA SEHATI supaya kemudian masyarakat diperhatikan secara baik. Karena perempuan punya cara kerja itu lebih adil dan teliti. Ada juga banyak yang datang kampanye dan berbicara banyak soal Kristiana Muki dan Yosef Tanu maka bilang ke dia bahwa kamu baru lawan satu orang perempuan saja takut, sebaiknya pakai rok. Karena kalau lawan satu orang perempuan saja takut setengah mau mati. Sebaiknya kami yang perempuan pakai celana dan kamu yang laki-laki pakai rok saja.”

Ketua DPW Partai Nasdem Raymundus Sau Fernandez dalam orasi politiknya menyebut desa dan dusun yang belum dipasangkan listrik termasuk salah satunya, Kofin.

“Sebentar lagi saya akan selesai dan sebagian program belum sampai benar-benar tuntas. Khususnya listrik masih tersisa 2 desa dan 22 dusun yang belum ada termasuk di Kofin. Malam ini Paket KITA SEHATI tidur bersama masyarakat Kofin dan tahu persis keadaan di sini. Sehingga mari kita satu hati untuk memilih Paket KITA SEHATI sehingga dapat melanjutkan apa yang sudah dimulai dan belum selesai,” ujar Bupati TTU ini.

Selanjutnya Raymundus Fernandez mengatakan, “saya juga mau bilang mereka yang sekarang calon itu ada yang protes mati-matian bahwa yang ditugaskan ke Mutis itu dibuang. Artinya bahwa mereka hanya mau ditugaskan di Kota. Mereka tidak mau datang ke  Mutis karena anggap Mutis ini paling terpencil. Coba lihat mereka punya wajah yang ada di spesimen. Di antara mereka itu siapa yang pernah datang tidur dengan masyarakat di sini. Mungkin hanya satu orang yang pernah tinggal di sini tapi waktu itu belum menjadi wakil rakyat. Setelah jadi wakil rakyat mereka malah menolak program yang sebenarnya sangat baik untuk masyarakat. Ini bisa jadi barometer untuk mengukur bahwa suatu saat kalau jadi pemimpin pasti tidak bisa memperhatikan masyarakat.

Raymundus Fernandez juga mengingatkan masyarakat untuk mencermati program-program yang ditawarkan setiap Pasangan Calon.

“Malam ini saya sudah janji untuk tidur di Kofin karena di sini belum ada listrik sehingga saya mau rasakan tidur di sini. Saya juga mau mengajak bapak dan mama sekalian untuk memilih Paket KITA SEHATI karena merekalah yang akan melanjutkan apa yang sudah saya letakkan. Sehingga mereka juga dapat melanjutkan jalan yang masih tersisa dan listrik yang belum dipasang. Saya juga mau imbau kepada masyarakat supaya cerdas dalam memilih. Jangan sampai ada yang datang lalu bilang akan berikan kunci rumah dengan segala perabotnya berarti itu pembohongan yang luar biasa. Ada juga yang bilang mau kembalikan TTU sebagai gudang ternak. Tetapi mau kembalikan bagaimana kalau dia sendiri tidak pernah beternak. Bayangkan dalam lima bulan dapat ditimbang. Itu konsepnya agak keliru. Kembalikan TTU sebagai gudang ternak tapi ternaknya dijual jadi TTU hanya jadi gudang-gudangan,” ujar Raymundus sambil tertawa.

Raymundus Fernandez juga meyakinkan masyarakat bahwa selama dirinya masih di TTU maka masyarakat masih bakal mengikutinya terutama dalam memilih Paket KITA SEHATI.

“Selama saya masih ada di TTU berarti semua masyarakat masih ikut saya. Masyarakat masih akan memberi hati untuk saya. Kalau ada yang masih ikut nomor lain silakan kembali ikut Paket KITA SEHATI. Karena saya sudah tahu siapa yang akan menang di tanggal 9 Desember nanti. Saya juga sudah siap tempat untuk menari. Kita akan merayakan kemenangan di tempat yang sudah saya siapkan. Bapak dan mama sekalian, Bupati ada 1 atau 2? Kalau hanya satu maka pilih nomor 1. Karena tidak ada Bupati yang dua orang. Maka jangan buang-buang energi untuk pilih yang dua karena Bupati hanya 1,” tutupnya sambil tersenyum.

Pantauan Media SULUH DESA, Paket KITA SEHATI dan tim pada malam itu tidur di Kofin bersama masyarakat sebab ingin merasakan suasana sulit yang dialami masyarakat Kofin, terutama infrastruktur dan listrik.

Beberapa warga yang berbincang dengan Media SULUH DESA mengucapkan terima kasih mereka kepada Kristiana Muki dan Yosef Tanu yang sudah bermalam bersama mereka di Dusun Kofin. Menurut mereka, Paket KITA SEHATI adalah paket terbaik yang saat ini di Kabupaten TTU. Kata mereka juga, kehadiran Paket KITA SEHATI dengan bermalam di Dusun Kofin merupakan bentuk simpati dan empati yang dilakukan Calon Bupati TTU dan Calon Wakil Bupati TTU kepada seluruh masyarakat daerah Mutis.

“Ini sebagai bukti bahwa daerah Kofin dan Mutis seluruhnya bukan daerah buangan para pegawai dari lingkup Pemda TTU,” ucap mereka. (Seko/Seko)

Komentar

News Feed