Rumah Warga Desa Lakekun Utara Ludes Terbakar

oleh -166 views
Rumah milik Delfinus Mau Ati, Warga Dusun Welaus B, Desa Lakekun Utara, Kecamatan Kobalima, Kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur ludes terbakar pada Kamis (19/11/2020).

MALAKA, suluhdesa.com – Rumah milik Delfinus Mau Ati, Warga Dusun Welaus B, Desa Lakekun Utara, Kecamatan Kobalima, Kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur dilahap si jago merah pada Kamis (19/11/2020) sekira pukul 19.50 Wita.

Salah satu tetangga Delfinus, Patris kepada media ini mengatakan diduga sumber api berasal dari dalam rumah dan sebelum melihat api menyala besar, ada sebuah ledakan kecil.

“Sepertinya sumber api dari dalam rumah dan sebelum kami melihat api yang begitu cepat menyala besar, ada dengar ledakan kecil sepertinya dari dalam rumah itu,” kata Patris.

Baca Juga:  Tersangka Berkeliaran, Wartawan di Malaka Korban Pengeroyokan Dibuntuti Terus

Saat melihat kobaran api membesar, warga mulai berdatangan untuk mencoba memadamkan api dengan air apa adanya, namun sayang usaha untuk memadamkan api tidak bisa, sebab ketersediaan air saat ini di Desa Lakekun Utara sedang kritis, sehingga masyarakat sekitar tak berdaya untuk memadamkan api tersebut dan hanya menontonnya sampai rumah milik Delvinus sampai rata tanah. Warga hanya berupaya menjaga agar api tidak merambat ke rumah warga lainnya.

Baca Juga:  Tidak Pernah Dapat Bantuan, 32 KK Aksi Damai ke Pemdes Umakatahan

Patris mengatakan, mereka sempat menghubungi beberapa pihak untuk meminta bantuan tangki air dan juga sempat menghubungi Kepala Badan Nasional Penanganan Bencana (BNPB) Kabupaten Malaka namun usaha mereka tak membuahkan hasil.

“Kita berusaha telepon para sopir tangki, namun katanya tidak ada air di mobil tangki, Camat Kobalima juga dihubungi tapi nomor di luar jangkauan. Hanya ada salah satu aparat desa yang ada dilokasi,” jelasnya.

Untung petugas PLN langsung ke TKP setelah mendapat informasi dari warga, sehingga pemutusan arus listrik dapat dilakukan.

Baca Juga:  Satgas Yonif 132/BS Bantu Grestiana Tefa yang Mengalami Pendarahan

Patris juga menuturkan, saat terjadi kebakaran, pemilik rumah tidak berada di tempat karena sedang berada di tempat duka, di dusun tetangga.

Tdak ada korban jiwa dalam insiden ini, namun barang-barang yang ada dalam rumah ludes terbakar, tak satupun yang bisa diselamatkan. Diperkirakan kerugian mencapai puluhan juta rupiah.

Disampaikan Patris, hingga kobaran api padam, tidak ada mobil tangki yang tiba di lokasi. (fecos/fecos)