oleh

Masyarakat Desa Kiuola Sebut Paket KITA SEHATI Macam Bagus

KEFAMENANU, suluhdesa.com – Kristiana Muki Calon Bupati Timor Tengah Utara (TTU) dan Yosef Tanu Calon Wakil Bupati TTU dari Paket KITA SEHATI nomor urut 1, melakukan tatap muka dan dialog terbatas bersama masyarakat di Desa Kiuola, Kecamatan Noemuti, Kabupaten TTU, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Senin (17/11/2020).

Kristiana Muki dan Yosef Tanu dijemput oleh tetua adat dan puluhan massa di batas desa dengan takanab dan pengalungan selendang. Kemudian rombongan meneruskan perjalanan dalam iringan kendaraan lalu menuju pusat Desa Kiuola dengan melewati kali Noemuti yang kering.

Ratusan warga sudah menanti Kristiana Muki dan Yosef Tanu. Pekikan kemenangan terdengar di mana-mana. Musik Dawan membahana mengiringi langkah kaki massa pendukung Paket KITA SEHATI yang bersuka cita meliukan tubuh mereka menuju tenda kemenangan. Tampak di sisi kiri kanan jalan ada beberapa baliho paket lain namun tidak dipedulikan oleh para pendukung. Beberapa melontarkan kalimat, “pasang di situ, te kami hanya mau KITA SEHATI. Yang lain kami sonde nodek memang.”

Saat tiba dan berdiskusi dengan masyarakat, Yosef Tanu yang didaulat oleh pemandu acara untuk terlebih dahulu memaparkan visi misi dan program kerja Paket KITA SEHATI nomor urut 1 jika terpilih pada 9 Desember mendatang.

Menurut Yosef Tanu, Paket KITA SEHATI akan melanjutkan pembangunan yang telah dilakukan pemerintah saat ini. Hal-hal yang masih kurang akan dievaluasi terlebih dahulu untuk selanjutnya dikerjakan untuk masyarakat. Sedangkan yang sudah berjalan baik tetap ditingkatkan dengan inovasi-inovasi.

“Untuk masalah air minum dan menjaga kelestarian alam, kami akan melibatkan lembaga adat. Masing-masing suku diberi uang operasional untuk mengurus faut kanaf dan oekanaf. Kita sediakan biaya pemberdayaan. Supaya anak-anak jangan kesulitan air kelak,” urai Yosef Tanu.

Baca Juga:  Kristina Muki Bantu APD untuk RSUPP, KPU dan Bawaslu Malaka

Di bidang pertanian, Paket KITA SEHATI akan menempatkan penyuluh pertanian tinggal di setiap desa supaya dapat membantu masyarakat dalam mengolah lahan. Pemerintah juga akan membantu traktor, cultivator, dan excavator bagi masyarakat yang mengolah lahan masing-masing.

“Di bidang peternakan, Kristiana Muki dan Yosef Tanu ingin menjadikan TTU sebagai gudang ternak. Kita bantu masyarakat untuk inseminasi buatan supaya dapat membantu masyarakat mendapatkan hasil ternak sapi yang baik dan berkualitas,” jelas Yosef Tanu.

Pada bidang infrastruktur, kata Yosef Tanu, dalam lima tahun kepemimpinan KITA SEHATI dapat diselesaikan.

“Jalan raya masih tersisa saat ini 402 km yang belum diselesaikan. Kita pastikan, jika terpilih pada 9 Desember, kami akan selesaikan dalam waktu 5 tahun,” ucap Yosef Tanu sambil mengajak masyarakat Kiuola untuk memilih Paket KITA SEHATI.

Selanjutnya untuk perumahan, KITA SEHATI akan melanjutkan program ini yang telah dibuat Ray Fernandez Bupati TTU saat ini.

“Pemerintah sebelumnya beri 25 juta rupiah untuk masyarakat, maka KITA SEHATI akan beri 40 juta rupiah. Dengan dana yang ada, masyarakat hanya bangun rumah. Kami tidak berikan dana untuk masyarakat isi dengan perabot rumah atau terima kunci istilahnya,” tegas Yosef Tanu.

Selain itu, Yosef Tanu juga menyampaikan bahwa untuk bidang pendidikan, pihaknya akan memasang internet gratis untuk semua sekolah.

“Kita juga akan sumbangkan buku-buku bagi perpustakaan sekolah. Anak-anak yang tamat SMA dan berprestasi kita dorong untuk anak-anak itu sekolah dokter. Pemerintah yang bayar. Hal ini kita lakukan untuk memenuhi tenaga dokter di TTU. para guru honor dan guru komite kita angkat menjadi tenaga kontrak daerah, sehingga mereka diperhatikan dari sisi penggajian yang layak,” tandas Yosef Tanu.

Baca Juga:  Semoga Bupati dan Wakil Bupati Malaka Terpilih Meneladani Yesus

Untuk kesehatan masyarakat TTU, Kristiana Muki dan Yosef Tanu jika terpilih akan menempatkan petugas kesehatan untuk tinggal di desa.

“Akan ada ambulans gratis 24 jam. Itu namanya HALO TTU SEHAT. Kita sediakan call center untuk membantu masyarakat. Jadi kapan saja masyarakat butuh bantuan, ini ambulans sudah siap layani. Kami juga menyediakan asuransi kesehatan. Akan kita tanggung dalam jaminan kesehatan daerah. Warga TTU yang ber KTP TTU akan mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis,” lanjut Yosef Tanu.

Mantan Camat Noemuti Timur ini juga menyinggung tentang pengembangan ekonomi masyarakat. Ia mengatakan bahwa, bagi para pemilik UMKM akan disiapkan dan dibantu modal bantuan sebesar 10 juta rupiah sampai 15 juta rupiah. Bagi masyarakat, Kita juga siapkan dan bantu modal untuk koperasi di TTU supaya tidak mati. Modal yang kita bantu itu 50 juta rupiah sampai 100 juta rupiah,” ujar Yosef Tanu.

Kristiana Muki kemudian menyampaikan program kerja saat didaulat oleh pemandu acara menandaskan bahwa, jika terpilih bersama Yosef Tanu, pemasaran hasil pertanian dan peternakan akan mereka urus dan atur itu dengan menggandeng stakeholder yang ada supaya masyarakat dapat dibantu.

“Kami juga fokus pada program pemberdayaan perempuan. Caranya kita hidupi kembali tenun ikat. Semua perempuan di TTU silakan bentuk kelompok tenun ikat. Kita bantu fasilitasi peralatan dan benang secara gratis. Kalau sudah ada hasil dari tenun itu, kita sebagai pemerintah membantu mempromosikan. Salah satunya di kantor atau instansi-instansi pemerintah maupun swasta yang ada di TTU, seminggu dua kali kita akan wajibkan semua staf pakai pakaian adat TTU. Namun kita harus jaga kualitas tenun ikat dengan baik. Promosi secara masif juga kita lakukan dengan melibatkan semua anak muda yang paham teknologi sehingga dapat di jual keluar daerah dengan menggunakan jaringan internet,” imbuh istri dari Bupati TTU Ray Fernandez ini.

Baca Juga:  Satgas Pamtas RI-RDTL, Bangun Tanggul Untuk Masyarakat Perbatasan

Kemudian, lanjut ia, masalah air menjadi prioritas KITA SEHATI.

“Kita ada program tanam air panen air. Kita juga harus jaga sumber mata air kita agar jangan kering. Kita harus tanam pohon. Kita reboisasi. Jangan potong sembarang kayu yang ada. Kita harus menanam kembali. Kita harus ramah terhadap lingkungan. Kita dorong setiap rumah harus memiliki sumur resapan supaya anak cucu kita ke depan tidak kesulitan air,” tutur Mantan Anggota DPR RI dari Partai Nasdem ini seraya menambahkan, Program rumah layak huni yang disampaikan Yosef Tanu menjadi penyumbang terbesar mengurangi angka kemiskinan.

Beberapa warga Desa Kiuola yang berbincang dengan Media SULUH DESA mengucapkan bahwa, Paket KITA SEHATI macam bagus. Sebab, menurut mereka, program kerja paket ini tidak muluk-muluk dan masuk akal. Tidak seperti paket lain yang banyak omong kosongnya.

“Ini paket luar biasa. Paket KITA SEHATI ini macam bagus e. Kami juga senang pribadi Mama Kristiana Muki dan Bapak Yosef Tanu yang sangat rendah hati. Lihat saja mereka sangat dekat dengan masyarakat. Mereka mau pegang tangan kami lama-lama sambil peluk. Calon yang lain itu datang omong dengan kami sambil tangannya rogoh di saku celana. Yang paling kurang ajar itu kami mau jabat tangan tapi dia hanya sentuh di ujung jari sambil buang muka ke tempat lain. Kalau Paket KITA SEHATI ini sangat sempurna dan macam bagus e,” tutup mereka sambil mengacungkan satu jari untuk Kristiana Muki dan Yosef Tanu. (fwl/fwl)

Komentar

News Feed