Kampanye di Wini, KITA SEHATI akan Maksimalkan Potensi Kelautan dan Perikanan

oleh -334 views
Ratusan masyarakat Desa Humusu Wini, Kecamatan Insana Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Provinsi Nusa Tenggara Timur, sedang mengikuti kampanye yang dilakukan oleh Kristiana Muki Calon Bupati TTU dan Yosef Tanu Calon Wakil Bupati TTU, Kamis (12/11/2020).

KEFAMENANU, suluhdesa.com – Calon Bupati Timor Tengah Utara (TTU) Kristiana Muki dan Calon Wakil Bupati TTU Yosef Tanu dari Paket KITA SEHATI nomor urut 1 berkampanye di Desa Humusu Wini, Kecamatan Insana Utara, Kabupaten TTU, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Kamis (13/11/2020). Kristiana Muki dan Yosef Tanu dijemput dengan konvoi kendaraan bermotor oleh ratusan pemuda di ruas Jalan Utama Wini dan dihantar ke Resort Marjon. Warga yang penasaran berdiri di pinggir jalan dan sesekali mengacungkan satu jari sebagai simbol mendukung Paket KITA SEHATI.

Tiba di Resort Marjon pukul 16.00 Wita, Kristiana Muki dan Yosef Tanu diterima secara adat dan dikalungkan selendang. Di belakang resto berdiri tenda kampanye yang telah dipadati oleh ratusan masyarakat. Tampak di ufuk barat mentari senja memerah malu-malu menuju peraduannya. Angin pantai utara berdesir lembut menyapu wajah setiap pendukung Paket KITA SEHATI yang bahagia berjumpa dengan kekasih mereka Kristiana Muki dan Yosef Tanu. Ombak putih juga turut menari gembira menyapa pasangan calon bupati dan calon wakil bupati ini sambil melumat mesrah bibir pantai Wini yang jelita.

Yosef Tanu saat kampanye menyampaikan Visi Paket KITA SEHATI yakni “Terwujudnya Masyarakat Timor Tengah Utara yang Sejahtera, Berdaya Saing,  Adil, Profesional, Demokratis, dan Mandiri melalui Pemberdayaan Potensi Sumber Daya Manusia dan Sumber Daya Alam secara Lestari.”

Sedangkan Misi Paket KITA SEHATI yang dikemukakan Yosef Tanu adalah: 1.  Memberdayakan ekonomi kerakyatan berbasis potensi unggulan daerah  yang berwawasan lingkungan hidup secara sinergis dan berkelanjutan.

  1. Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia melalui pembangunan pendidikan dan kesehatan yang berkualitas, merata dan terakses.
  2. Meningkatkan aksebilitas melalui pembangunan dan pemerataan infrastruktur daerah.
  3. Mewujudkan tata kepemerintahan yang baik dan bersih.
  4. Mengembangkan kawasan strategis daerah dengan menata Kota Kefamenanu, mengembangkan kawasan pesisir, kawasan perbatasan serta memberdayakan masyarakat desa.

Untuk program kerja yang bakal dikerjakan Kristiana Muki dan dirinya jika terpilih pada 9 Desember yaitu memaksimalkan pelayanan pemerintahan dan birokrasi. Selain itu KITA SEHATI fokus pada pertanian, pendidikan, kesehatan, air bersih, infrastruktur, pemberdayaan masyarakat desa, pemberdayaan kaum ibu lewat tenun ikat, pariwisata, perikanan, dan lain-lain.

Baca Juga:  Simon Nahak; Pembangunan di Dapil 3 Kabupaten Malaka Tidak Merata

“Untuk daerah Wini karena memiliki potensi laut yang luas, kita akan memberdayakan semua masyarakat di sini. Paling tidak masyarakat di daerah ini hidup sejahtera dari potensi laut yang ada ini. Wini ini kita juga akan tata menjadi tempat pariwisata yang lebih baik sehingga semua orang datang untuk menikmati tempat-tempat indah dan menaikan ekonomi masyarakat dan Kabupaten TTU,” jelas Yosef Tanu.

Menurut Yosef Tanu, daerah Wini dan sekitarnya memiliki potensi yang sangat besar. Kelautan dan perikanan merupakan potensi yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan penghasilan/pendapatan masyarakat. Kabupaten TTU memiliki luas wilayah laut sebesar 950 Km2 dengan panjang garis pantai 50 Km2. Potensi sumber daya laut dan pesisir cukup besar. Pengembangan  kegiatan kelautan berupa kegiatan perikanan tangkap maupun budidaya perikanan. Dengan luas ± 950 km2 jenis sumber daya perikanan yang dimiliki berupa ikan demersal maupun ikan pelagis dengan jumlah potensi lestari sebesar 1.800 ton per tahun.

“Akan tetapi, data BPS (2020) menunjukkan bahwa produksi ikan tangkap masih rendah, yaitu hanya sebesar 748,3 ton pada tahun 2019. Produksi perikanan budidaya sebesar 162,4 ton. Terdapat lima ikan yang paling menonjol peningkatan produksinya pada tahun 2019, yakni gurame, lele, patin, udang dan nila. Adapun pertumbuhan tersebut masing-masing gurami 68,15%, lele 56,32%, patin 31,76%, udang 30,02%, dan nila 7,62%,” urai Mantan Camat Noemuti Timur ini.

Produksi garam di TTU, lanjut Yosef Tanu, juga mengalami penurunan, pada tahun 2018, yaitu sebesar 883 ton dibandingkan tahun 2017 (888,02 ton). Potensi perikanan dan kelautan di Kabupaten TTU cukup besar. Hasil perikanan dan kelautan harusnya dapat dijadikan sebagai produk pangan utama masyarakat dengan meningkatkan produksinya setiap tahun.

Baca Juga:  Satgas Pamtas RI-RDTL Bantu Evakuasi Seorang Nenek Yang Terluka Parah

Oleh karena KITA SEHATI akan meningkatkan produksi garam berkualitas melalui pengembangan dan penerapan teknologi tepat guna berupa penggunaan  sistem tunel, meningkatkan kualitas garam melalui pemberian alat iodisasi garam dan pelatihan proses iodisasi garam kepada kelompok petani garam dan koperasi/UKM.

“Ibu Kristiana Muki dan saya jika dipilih oleh bapa mama semua akan memberikan bantuan alat tangkap ikan cerdas berupa alat tangkap ikan dengan teknologi penginderaan jauh untuk menentukan zona potensial penangkapan, kita akan meningkatkan sarana dan prasarana perikanan tangkap melalui pemberian bantuan alat tangkap ikan yang ramah lingkungan, kemudian KITA SEHATI juga akan meningkatkan produksi perikanan budidaya melalui pelatihan teknologi budidaya dan penyediaan induk dan benih unggul gratis, KITA SEHATI juga akan menumbuhkan sumber-sumber penangkar benih/bibit ikan, dan KITA SEHATI mendorong Pemuda Cinta Bahari (PACARI) dengan pola kemitraan,” ujar Yosef Tanu disambut tepukan tangan masyarakat.

Yosef Tanu juga dalam paparan itu menyampaikan bahwa untuk daerah Wini dan Pantura akan dibenahi pelabuhan laut untuk bongkar muat barang dan penumpang supaya kawasan Wini menjadi lebih hidup dan semua masyarakat diberdayakan.

Kristiana Muki yang diberikan kesempatan oleh Pemandu Acara Reno Sila menyampaikan bahwa, Partai Nasdem saat ini mendorong kaum perempuan untuk menjadi pemimpin. Sebab, kaum perempuan juga memiliki komptensi dan setara dengan pria.

“Sejak tahun 1958 TTU ada, baru tahun 2020 ini Partai Nasdem mendorong seorang perempuan untuk maju dalam pilkada, yakni Kristiana Muki. Sebab, sudah saatnya TTU ini harus dipimpin oleh kaum perempuan. Oleh karena itu, pada tanggal 9 Desember 2020 saya mengajak bapak mama semua untuk memilih Kristiana Muki dan Yosef Tanu. Selama ini orang bicara soal emansipasi, dan kali ini Partai Nasdem ingin mewujudkan itu. Ini adalah kesempatan emas dan pertama kali dalam sejarah Kabupaten TTU. maka, mari kita bersama menciptakan sejarah. Kaum ibu di TTU harus menjadi sejarah dalam kepemimpinan perempuan pertama di TTU. Mari kita wujudkan itu bersama Paket KITA SEHATI, Kristiana Muki dan Yosef Tanu. Pasangan ini adalah pasangan ideal sebab terdiri dari laki-laki dan perempuan. Yang satunya Politisi, yang satunya lagi adalah Birokrat sejati,” imbuh Kristiana Muki.

Baca Juga:  Kampanye di Desa Humusu Oekolo, Yosef Tanu Diarak dengan Tarian

Marjon Ishak Boik, pemilik Resort Marjon dan beberapa warga Wini lainnya saat berbincang dengan Media SULUH DESA menandaskan bahwa, Paket KITA SEHATI, adalah pasangan yang ideal.

“Dari sudut usia masih sangat kuat dan milenial. Ibu Kristina Muki 46 tahun dan Pak Yosef 40 tahun. Pasangan yang ideal ini akan sangat menolong dalam hubungan komunikasi bila nanti memimpin TTU. Ibu Kristiana Muki tipe yang tidak memegang senioritas dan yunioritas. Mereka hampir sama secara usia sehingga akan menghindari ketersinggungan. Mereka masih muda. Secara fisik dan mental akan lebih kuat dan cepat dalam mengambil keputusan dan eksekusi di lapangan,” ucap Marjon.

Marjon juga mengatakan bahwa, Pasangan Kristiana Muki dan Yosef Tanu merupakan pasangan yang sangat rendah hati.

“Sehingga sudah dapat dipastikan mereka akan lebih punya hati dan jujur dalam memimpin daerah ini. Masyarakat Wini khususnya dan Pantura sangat menyambut baik salah satu program dimana akan diberikannya insentif bagi nelayan pemula. Ini ide sangat cerdas yang akan membantu, mendorong para lulusan SMK Perikanan untuk lebih bersemangat berusaha mengelolah potensi sumber laut kita. Pengembangan Pelabuhan Wini dan bidang lain yang sangat rasional untuk dapat diwujudkan. Untuk itu kita pantas mendukung pasangan Kristiana Muki dan Yosef Tanu menjadi Bupati dan Wakil Bupati TTU. Yang lain itu tidak usahlah, mereka hanya gara-gara saja. Hanya habis diomong,” ucap Marjon yang disambung warga lain bahwa semua masyarakat di Pantura mendukung KITA SEHATI 100 persen. (fwl/fwl)