oleh

KITA SEHATI akan Aktifkan PAUD di Setiap Desa di TTU

KEFAMENANU, suluhdesa.com – Yosef Tanu Calon Wakil Bupati Timor Tengah Utara dari Paket KITA SEHATI nomor urut 1 melakukan kampanye di Desa Persiapan Eon Amaunut (pukul 09.00 Wita), Desa Oenbit (pukul 11.00 Wita), Desa Nunmafo (pukul 13.30 Wita), dan di Desa Manunain A (pukul 16.00 Wita), Kecamatan Insana, Kabupaten Timor Tengah Utara, Provinsi Nusa Tenggara Timur, pada Rabu (28/10/2020). Yosef Tanu yang didampingi tim diterima oleh ratusan masyarakat di empat desa itu dengan sangat antusias. Bahkan, saat menjemput Yosef Tanu yang berpindah dari titik kampanye yang satu ke titik yang lain, ratusan pemuda yang sangat mencintai Paket KITA SEHATI melakukan konvoi dengan kendaraan dan memenuhi badan jalan.

Yosef Tanu sebelum melakukan kampanye, selalu diterima secara adat oleh tetua adat yang hadir dalam takanab. Sedangkan pada saat di dalam tenda kampanye, Yosef Tanu Calon Wakil Bupati TTU yang mendampingi Kristiana Muki Calon Bupati TTU itu menyerahkan kabi nok tua kepada para tua adat sebagai ciri khas orang Dawan yang memahami budaya asli Timor.

Dalam menyerahkan kabi nok tua itu, Yosef Tanu mengutarakan maksud kedatangannya bersama tim dan mengundang semua masyarakat untuk datang menghadiri pesta demokrasi yakni Pilkada TTU yang akan digelar 9 Desember mendatang.

“Saat Pilkada TTU, ada Paket KITA SEHATI nomor urut 1 yang hadir bersama paket lainnya. Oleh karena itu kami mengundang semua untuk hadir dan memilih Paket KITA SEHATI. Ini kabi nok tua kami serahkan sebagai bentuk ikatan cinta di antara kita. Di dalam Paket KITA SEHATI nomor urut 1 itu ada Mama Kristiana Muki dan saya sendiri Yosef Tanu yang maju sebagai Calon Bupati TTU dan Calon Wakil Bupati TTU. Kami diusung oleh Partai Nasdem. Oleh karena itu, kami undang bapak mama semuanya untuk memenangkan Paket KITA SEHATI,” ujar Yosef Tanu yang disambut jawaban dari tetua dat bahwa mereka akan memilih Paket KITA SEHATI nomor urut 1. Kata mereka, Kristiana Muki dan Yosef Tanu adalah harga mati dan tidak akan memilih yang lain.

Selanjutnya, Yosef Tanu memaparkan visi misi yang bakal dikerjakan Paket KITA SEHATI jika terpilih menjadi Bupati TTU dan Wakil Bupati TTU. Program kerja yang menjadi prioritas untuk kebutuhan masyarakat juga disampaikannya dalam kampanye di empat desa ini.

Program kerja itu adalah memaksimalkan potensi perikanan dan kelautan, pertanian, kesehatan, membantu masyarakat dalam upaya mencukupi kebutuhan air bersih, perumahan, pendidikan, kesehatan, infrastruktur, pariwisata, dan lain-lain.

Salah satu yang menjadi program prioritas adalah bidang pendidikan. “Kondisi  pendidikan di Kabupaten TTU telah mengalami peningkatan, di antaranya indikator harapan lama sekolah pada tahun 2015 yakni 13,26 tahun. Dalam  kurun waktu 3 (tiga) tahun meningkat menjadi 13,29 pada tahun 2018. Jumlah  fasilitas sekolah yang ada di Kabupaten TTU di antaranya SD sebanyak 182,  SMP sebanyak 84, SMA sebanyak 30, SMK sebanyak 19 dan Perguruan tinggi  sebanyak 3 unit,” urai Yosef Tanu.

Ia mengatakan bahwa, jumlah guru di Kabupaten TTU sebanyak 5.419 orang.  Kondisi output pendidikan  di  Kabupaten TTU dapat dilihat dari persentase penduduk yang mampu membaca dan menulis (Angka Melek Huruf) yaitu dengan tingkat rata-rata AMH Kabupaten TTU adalah 93%. AMH Kabupaten TTU terus mengalami peningkatan dari 90,16% hingga 95,90% selama tahun 2017-2019.

“Bahkan angka ini telah melebihi capaian AMH tingkat nasional sebesar 92,19% – 92,91%. Permasalahan untuk bidang pendidikan yang kita hadapi adalah sesuai data BPS (2020), pada tahun 2019 masih ada penduduk yang buta huruf, yaitu 4,1% (2,35% berusia diatas 15 tahun). Angka Partisipasi Murni (APM) jenjang pendidikan SMA juga masih rendah, yaitu 53,46 pada tahun 2019. Pada tahun 2018 diketahui bahwa sebanyak 24,14% penduduk usia 15 tahun ke atas tidak tamat SD atau  tidak pernah sekolah. Kondisi ini mendorong  perlunya upaya pembenahan sarana dan prasarana pendidikan serta kualitas  tenaga pendidik dan kependidikan,” ucapnya.

Oleh karena itu, kata dia, KITA SEHATI akan melanjutkan keberhasilan pemerintah sebelumnya di bidang pendidikan dengan melakukan hal-hal baru yang sesuai dengan kebutuhan pendidikan saat ini. sedangkan yang masih kurang, akan KITA SEHATI evaluasi lalu dibenahi sehingga dalam penjabarannya bisa membantu masyarakat.

Hal-hal yang akan dilakukan oleh KITA SEHATI dalam bidang pendidikan adalah :

1)  PROGRAM KELAS PINTAR (ruang belajar secara online).

Program ini diwujudkan dengan memberikan bantuan paket data bagi siswa sebesar 10 GB tiap bulan (selama masa pandemi Covid-19), Pemasangan wifi di seluruh sekolah (ada jaringan internet), dan penyediaan komputer di sekolah-sekolah.

2)  Meningkatkan kesejahteraan dan profesionalisme bagi guru kontrak dengan memfasilitasi guru kontrak untuk menjadi PPPK.

3)  Menyediakan sarana dan prasarana sekolah yang menunjang pelayanan kelas dunia.

4)  Meningkatkan kapasitas tenaga pendidik melalui pendidikan dan pelatihan.

5)  Melakukan evaluasi dan pengawasan terhadap kebijakan, program, penyelenggaran dan keluaran pendidikan.

6)  Pengembangan pendidikan non formal sampai ke tingkat pemerintahan  terkecil dengan membuka ruang belajar bagi masyarakat umum untuk menekan angka buta huruf.

7)  Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dengan mengaktifkan kembali  PAUD yang tidak aktif di setiap desa, melengkapi PAUD dengan sarana dan prasarana belajar, serta peningkatan kapasitas tenaga pendidik.

8)  Pemerataan tenaga pendidik.

9)  Peningkatan minat baca masyarakat dengan meningkatkan sarana dan prasarana perpustakaan serta memfasilitasi terbentuknya perpustakaan desa. (fwl/fwl)

DomaiNesia

Komentar

News Feed