oleh

Babinsa Koramil Batakte Imbau Masyarakat Siapkan Lahan Jelang Musim Hujan

KUPANG, suluhdesa.com – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 1604-06/Batakte Serda Ruben AT melakukan komunikasi sosial (komsos) dengan warga binaannya, yakni Lambertus Lanus beserta keluarga yang bertempat di Dusun 04, Desa Kuanheun, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Rabu (04/11/2020).

Babinsa Serda Ruben AT mengatakan bahwa, pelaksanaan komunikasi sosial ini merupakan tugas rutin yang dilaksanakan Babinsa demi kelancaran tugas dan tanggung jawabnya. Komunikasi sosial dengan masyarakat binaan rutin dilakukan untuk mempererat tali silaturahmi dan kerja sama yang baik dalam rangka mendukung tugas pokok Babinsa.

“Secara rutin kita mendatangi dan berkomunikasi dengan masyarakat. Dalam berkomunikasi, kami memberikan pandangan dan mengimbau masyarakat untuk menyiapkan lahan kebun menjelang musim hujan,” ujarnya.

“Kami hadir di sini untuk memberi motivasi dan imbauan kepada warga agar memanfaatkan lahan kosong menjelang musim hujan untuk mendukung ketahanan pangan pada masa pandemi Covid-19 yang belum bisa dipastikan kapan berakhirnya. Bisa juga memanfaatkan lahan perkarangan sempit di rumah, disulap menjadi kebun mini dan lahan kosong yang bisa diolah menjadi tanaman pangan yang menghasilkan,” tambahnya.

Menanggapi hal tersebut, Komandan Kodim 1604/Kupang Letkol Inf Jimmy Rihi Tugu menyampaikan, komunikasi sosial (komsos) merupakan sarana efektif bagi Babinsa untuk dapat berinteraksi langsung dengan warga desa binaannya dengan sederhana untuk mengetahui dan menyampaikan informasi maupun kondisi lingkungan saat ini, seperti yang dilakukan oleh Babinsa Serda Ruben AT melaksanakan komsos dengan masyarakat di wilayah binaannya menjelang musim hujan.

Dandim 1604/Kupang mengharapkan peran aktif dari Babinsa termasuk perangkat desa untuk mensosialisasikan kepada warganya agar menjaga kebersihan menjelang musim penghujan.

“Kami juga berharap kerja sama dari kepala desa untuk memberikan informasi terkait setiap permasalahan yang ada di wilayah, terlebih kalau ada masalah bencana, sehingga bisa diatasi dengan sigap dan cepat. Selain mewaspadai terjadinya bencana alam tersebut, Babinsa juga harus mengingatkan warga untuk menjaga kesehatan. Karena dimusim penghujan nanti sering kali menimbulkan berbagai serangan penyakit berbahaya seperti Demam Berdarah (DBD), Muntaber dan lain-lain,” pintanya.

Ia juga menandaskan, “di musim penghujan seperti ini, kita harus tetap waspada, karena hal-hal buruk bisa saja sewaktu-waktu menimpa kita, baik terhadap bencana alam dan juga serangan penyakit.” (pen/kpg)

DomaiNesia

Komentar

News Feed