oleh

Ray Fernandez Adalah Profesor Politik di TTU

KEFAMENANU, suluhdesa.com – Calon Bupati Timor Tengah Utara dari Paket KITA SEHATI nomor urut 1, Kristiana Muki, melakukan kampanye terbatas di tiga lokasi di Kecamatan Biboki Anleu pada Kamis (05/11/2020). Ketiga lokasi yang dikunjungi antara lain Bokon, Desa Motadik, Desa Maukabatan, Kecamatan Biboki Anleu, Kabupaten Timor Tengah Utara, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Calon Bupati TTU Kristiana Muki mendatangi Bokon, Desa Motadik pada pukul 13.00 Wita untuk melakukan kampanye terbatas. Masyarakat telah menunggu di pintu masuk tenda kampanye terbatas. Mama Agustina membawakan takanab dalam bahasa Tetun untuk menyambut kedatangan Kristiana Muki. Kemudian sesudah menuturkan takanab, Mama Agustina mengalungkan seutas selendang bermotif Biboki kepada sang idola Pilkada TTU.

Di Desa Motadik pada pukul 15.00 Wita, Kristiana Muki memasuki tenda kampanye terbatas dengan dituntun bagaikan ratu. Dihantar ke tempat cuci tangan yang disediakan, Kristiana Muki mencuci tangan dan mengukur suhu tubuh dengan thermo gun. Lalu bergegas memasuki tenda sambil menjabat tangan masyarakat.

Di Desa Maukabatan pada pukul 17.00 Wita, Kristiana Muki menyerahkan kabi nok tua kepada tetua adat setempat sebagai tanda hormat dan juga undangan kepada masyarakat untuk menghadiri pesta Pilkada TTU tanggal 9 Desember 2020 mendatang.

“Saya Kristiana Muki Calon Bupati TTU dan Calon Wakil Bupati TTU Yosef Tanu datang ke hadapan orang tua sekalian untuk memohon restu dan dukungan. Sirih pinang dan sopi ini kami serahkan kepada orang tua sekalian untuk mengundang kita sekalian hadir dalam pesta Pilkada TTU pada tanggal 9 Desember 2020 dengan mencoblos hanya pada Paket KITA SEHATI nomor urut 1,” ucap Kristiana Muki sambil menyerahkan kabi nok tua kepada tetua adat.

Dalam menyampaikan orasi politiknya, Ketua Fraksi Partai Nasdem Paulinus Efi meyakinkan masyarakat bahwa Paket KITA SEHATI sudah pasti menang.

“Saya mau bilang bapak dengan mama mau percaya atau tidak tapi Paket KITA SEHATI sudah pasti menang. Saya orang Mutis dan kami di sana sudah sangat yakin bahwa kita akan menang. Kalau dalam wilayah tiga swap raja, wilayah Miomaffo jauh lebih besar ketimbang Insana dan Biboki. Mama Kristiana adalah orang Miomafo sehingga bisa menang kalau orang Biboki dan Insana juga antusias seperti saat ini untuk memenangkan Pilkada TTU. Kemudian Mama Kristiana Muki adalah seorang perempuan dan pemilih perempuan di TTU jauh lebih besar dibandingkan pemilih laki-laki. Jadi kalau mama-mama bergabung saja pasti kita sudah menang. Jadi mari kita melihat kemenangan yang sudah ada di depan mata. Kita pilih orang yang menang sehingga suara kita tidak terbuang percuma,” ujar Paulinus Efi.

Calon Bupati TTU Kristiana Muki dalam pemaparan visi dan misi Paket KITA SEHATI menjelaskan keberpihakan programnya kepada kesejahteraan masyarakat.

“Pendidikan, perumahan, dan kesehatan menjadi sektor terpenting dalam kesejahteraan masyarakat. Ketiga sektor ini merupakan pelayanan dasar dan menjadi kewajiban seperti yang diatur dalam Undang-Undang. Sehingga tidak bisa kita berdalih dengan penyesuaian fiskal daerah. Hal itu wajib untuk kesejahteraan masyarakat dan tidak bisa kita beralasan dengan menjadikan fiskal sebagai tameng. Lalu masyarakat adalah subjek dari pembangunan sehingga untuk program Bedah Rumah Tidak Layak Huni (Berarti) kita tidak perlu kontraktor sehingga masyarakat bisa diuntungkan apabila sudah memiliki beberapa bahan untuk pembangunan tersebut. Kalau kemarin Pak Ray hanya kasih 25 juta untuk program Berarti, maka Kristiana Muki dan Yosef Tanu akan memberikan 40 juta untuk program tersebut,” tandas Kristiana Muki.

Selanjutnya, Kristiana Muki menegaskan terkait program-program yang berkaitan dengan pendidikan. Bahwasanya pendidikan di TTU mesti dibenahi untuk tidak hanya menciptakan kuantitas tetapi juga kualitas pendidikan yang memadai bagi anak-anak.

“Untuk pendidikan kita akan identifikasi sekolah yang terjangkau jaringan untuk bisa dipasang WiFi karena ke depan bakal ada sekolah online. Kita juga akan adakan literasi kepada setiap sekolah dengan ketentuan 15 menit sebelum mulai KBM harus membaca di perpustakaan. Tujuannya bahwa kita tidak hanya menciptakan kuantitas jumlah siswa yang lulus, tetapi juga kualitasnya. Kita juga akan tetap perhatikan tenaga kontrak daerah untuk semakin ditingkatkan jumlahnya karena pendidikan di TTU masih membutuhkan pengajar yang baik dalam jumlah yang banyak. Kita juga akan aktifkan kembali PAUD di setiap desa agar dapat meningkatkan mutu pendidikan bagi anak-anak dan dapat mampu bersaing dengan sekolah lainnya di luar TTU,” urai Kristiana Muki.

Kepada masyarakat yang hadir, Kristiana Muki mengimbau agar memberikan pendidikan politik yang baik kepada anak-anak.

“Saya minta kita semua untuk ikut kampanye tanpa membuat kacau. Kita harus memberikan pendidikan politik yang baik kepada anak-anak kita. Sehingga kelakuan buruk itu tidak menjadi pegangan anak-anak kita dalam Pilkada TTU mendatang. Kita juga harus berusaha memberikan pendidikan politik yang baik dengan imbauan yang baik pula kepada masyarakat. Jangan mengungkit pribadi orang lain kalau pribadi kita juga belum baik,” tegas Kristiana Muki.

Master of Ceremony (MC) Dominikus Abi sebelum menutup acara rapat kampanye terbatas mengatakan, “mengenai Teko atau tenaga kontrak kenapa gaji itu belum dibayar sampai akhir Oktober? Karena ada oknum yang tidak simpati terhadap Pak Ray Fernandes dan membawa masalah itu sampai ke kejaksaan. Setelah diperiksa ternyata tidak ada masalah sesuai laporan dan Kejaksaan sudah memberikan Surat Perintah Pemberhentian Penyidikan (SP3). Lalu mengenai jumlah tenaga kontrak daerah sekarang berjumlah 1712 orang dan akan ditambah lagi 4000 orang secara bertahap jika Paket KITA SEHATI terpilih nanti. Lalu berkaitan dengan politik di TTU, saya mau bilang Pak Ray Fernandez adalah profesor politiknya. Jadi untuk kemenangan Paket KITA SEHATI sudah pasti akan kita raih pada tanggal 9 Desember mendatang,” ujar Dominikus Abi berapi-api.

Mengakhiri rapat kampanye terbatas, Dominikus Abi melontarkan kata-kata mutiara kepada seluruh peserta kampanye terbatas.

“Sebelum menutup kegiatan kampanye terbatas ini, saya mau bilang apabila Tuhan sudah menutup pintu maka siapa yang akan membukanya. Dan jika Tuhan sudah membuka pintu maka siapa yang akan menutupnya. Mari kita dukung Paket KITA SEHATI sebagai pemenang Pilkada TTU,” tutup Domi Abi sembari menyimpan microphone di meja. (Seko/Seko)

Komentar

News Feed