oleh

Terpujilah Mama Kristiana Muki di antara Lima Lelaki dalam Pilkada TTU

KEFAMENANU, suluhdesa.com – Calon Bupati Timor Tengah Utara Kristiana Muki dari Paket KITA SEHATI nomor urut 1, melakukan kampanye terbatas di empat lokasi pada Jumat (30/10/2020). Empat lokasi yang dikunjungi antara lain Desa Fafinesu, Desa Fafinesu C, Desa Fafinesu B, Desa Fafinesu A, Kecamatan Insana Fafinesu, Kabupaten Timor Tengah Utara, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Kristiana Muki mengunjungi Desa Fafinesu pada pukul 10.30 Wita. Masyarakat telah menanti di tenda kemenangan, sedangkan tetua adat berdiri di pintu masuk menuju tenda untuk menyambut sang jagoan politik. Tetua adat menuturkan takanab sedangkan mama-mama mengalungkan selendang kepada calon pemimpinnya.

Usai penyambutan, Kristiana Muki diiring masuk ke tenda kemenangan. Tempat yang dipakai untuk melakukan kampanye terbatas adalah Lopo Naek Suku Banusu. Masyarakat duduk di sekeliling lopo sedangkan Calon Bupati TTU Kristiana Muki duduk di sudut barat dengan posisi mengelilingi sebuah meja.

Menghormati masyarakat setempat, Kristiana Muki menyerahkan kabi nok tua kepada tetua adat. Penyerahan ini juga sekaligus untuk mengundang masyarakat turut hadir dalam pesta Pilkada TTU pada tanggal 9 Desember 2020 dengan mencoblos hanya pada Paket nomor urut 1, Paket KITA SEHATI.

Anggota DPRD TTU Polce Naibesi dalam orasi politiknya mengatakan, “hari ini kita duduk di Lopo Naek Suku Banusu dan kalau kita duduk di sini artinya kemenangan sudah pasti. Kita sudah membuktikannya ulang kali bahwa kita selalu menang jika datang dan menyampaikan kabi nok tua di hadapan leluhur. Oleh sebab itu, kita mesti satukan hati untuk memilih Ibu Kristiana Muki dan Bapak Yosef Tanu. Kita pilih orang yang senantiasa mendengarkan keluhan kita. Mama Kristiana dan Bapak Yosef itu seperti Bapak Ray Fernandez. Saya ini Anggota DPRD. Semenjak saya menjabat sebagai DPRD baru Fafinesu ini mulai berkembang. Sebelumnya kita di sini tidak ada listrik dan jalan juga masih parah. Tetapi setelah saya menjabat sebagai DPRD baru kita mulai berkembang. Oleh sebab itu, mari kita satukan pilihan. Jangan terkecoh dengan isu yang tidak benar. Apalagi isu-isu yang sifatnya memprovokasi.”

Lebih lanjut, Polce Naibesi menjelaskan alasan di balik majunya Kristiana Muki mengikuti kontestasi Pilkada TTU. Bahwasanya Kristiana Muki dicalonkan oleh Partai Nasdem berdasarkan hasil survei yang menempatkannya pada posisi ranking tertinggi.

“Saya mau jelaskan bahwa Mama Kristiana Muki ini dicalonkan atas dasar hasil survei. Hasil survei ini yang menjadi patokan bagi Partai Nasdem untuk mengambil sikap mencalonkan kader-kader yang sudah pasti menang. Mama Kristiana Muki sudah diyakini menang. Saya juga mau jelaskan bahwa saya tidak mau supaya orang membohongi kita di tanah sendiri. Saya ini DPRD sehingga tahu jelas siapa yang menolak tenaga kontrak daerah. Tetapi dengan tekad luar biasa dari Bapak Ray, akhirnya tenaga kontrak daerah direkrut. Maka dari itu, mari kita memilih orang-orang yang mau melanjutkan program yang berpihak kepada masyarakat,” ujar Polce Naibesi mengakhiri orasi politiknya.

Selanjutnya, rombongan bergeser lagi ke titik kampanye berikutnya di Desa Fafinesu C pada pukul 12.00 Wita. Masyarakat telah menanti rombongan dalam barisan untuk menyambut kehadiran sang jagoan mereka di Pilkada TTU. Tetua adat kemudian menuturkan takanab menyambut Kristiana Muki dan rombongan yang hadir. Lalu mama-mama maju mengalungkan sehelai selendang usai tuturan takanab  diakhiri.

Tetua adat kemudian meminta Kristiana Muki untuk melakukan ritual di hadapan hau teas untuk mengundang leluhur turut hadir. Di hadapan hau teas tetua adat menyembelih seekor ayam putih dengan berdoa mohon restu leluhur dan Sang Pencipta. Kemudian Kristiana Muki diiring masuk ke Rumah Adat Suku Aban untuk melakukan lagi ritual adat. Di dalam rumah adat berbentuk kerucut itu tetua adat menyembelih lagi seekor ayam putih dengan terus mendoakan kemenangan bagi Paket KITA SEHATI nomor urut 1.

Selesai dari dalam rumah adat, Kristiana Muki kemudian menyerahkan kabi nok tua sebagai penghormatan dan undangan kepada masyarakat setempat untuk menghadiri pesta Pilkada TTU. Kabi nok tua yang diterima tetua adat segera didoakan kepada Tuhan dan leluhur dalam bahasa Dawan.

Lebih lanjut, di Desa Fafinesu B, Kristiana Muki disambut tetua adat dengan takanab oleh tetua adat. Sementara itu, dua orang remaja menenteng sebuah baki berisi selendang untuk dikalungkan kepada sang Calon Bupati TTU. Selanjutnya, Kristiana Muki masuk tenda kampanye terbatas dengan tarian gong. Sebelum memasuki tenda kampanye terbatas Kristiana Muki mencuci tangan dan mengukur suhu tubuh dengan thermo gun.

Kristiana Muki kemudian menyerahkan kabi nok tua kepada tetua adat sebagai tanda hormat dan undangan kepada masyarakat untuk menghadiri pesta Pilkada TTU pada tanggal 9 Desember 2020 mendatang. Tetua adat yang menerima kabi nok tua itu segera mendoakan berkat dan tuntunan Tuhan dan leluhur untuk kemenangan Paket KITA SEHATI.

Anggota DPRD TTU Polce Naibesi dalam orasinya mengatakan, “kita di Fafinesu secara adat kita bersaudara dengan Bapak Yosef Tanu. Kita ada di sini sebagai Ama Banusu sedangkan Bapak Yosef Tanu sebagai cucu Ama Taboi. Secara historis leluhur kita adalah Hitu, Taboi, Saijao, dan Banusu. Kalau kita tidak mendukung Bapak Yosef sebagai cucu Ama Taboi, maka suatu ketika Bapak Yosef juga tidak akan membiarkan Ama Taboi melirik kita. Jadi jangan biarkan orang lain memecah belah persaudaraan yang digariskan leluhur. Mari kita satu hati menangkan Paket KITA SEHATI.”

Lebih lanjut, Anggota DPRD TTU Brando Sonbiko dalam orasinya mengatakan, “bapak dan mama sekalian, sebentar lagi kita akan memasuki masa Adven, masa penantian akan kelahiran Yesus Kristus. Selama masa penantian, Malaikat Gabriel mengunjungi Maria dengan membawakan kabar gembira. Malaikat Gabriel mengatakan kepada Maria: Terpujilah Engkau di antara semua wanita. Oleh sebab itu, hari ini kami datang membawakan kabar kepada bapak dan mama sekalian bahwa Terpujilah Mama Kristiana Muki di antara lima orang lelaki dalam Pesta Pilkada TTU tahun ini.”

Sementara itu, tokoh masyarakat Antonius Antoin ketika ditemui Media SULUH DESA seusai kampanye mengatakan, “kami dari tua adat lima bersaudara suku Naibesi, Naikteas, Maneno, Pineol,  dan Meo Naikase di Desa Fafinesu bersatu mendukung Mama Kristiana Muki dan Bapak Yosef Tanu. Karena kami punya anak yang Pak Polce sehingga turut mendukung Paket KITA SEHATI adalah sebagai rasa terima kasih kami kepada Bapak Ray yang sudah memperhatikan anak-anak kami di Partai Nasdem. Kami juga memilih Mama Kristiana karena beliau datang dan dekat dengan masyarakat, kalau orang lain datang selalu kasih naik kaca mobil dan lewat tanpa bel untuk kami juga.”

Paket KITA SEHATI mengakhiri kampanye di Desa Fafinesu A pada pukul 22.00 Wita. Dalam barisan belasan mobil, Kristiana Muki dan Yosef Tanu bergegas kembali ke rumah untuk persiapan kampanye lagi hari esok. (Seko/Seko)

Komentar

News Feed