oleh

Kristiana Muki dan Yosef Tanu Lebih Mampu Jadikan Wini Kawasan Ekonomi Khusus

JAKARTA, suluhdesa.com – Kawasan Wini wilayah pantura Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) yang berbatasan langsung dengan Negara Timor Leste wajib dijadikan Program Prioritas Calon Kepala Daerah TTU tahun 2020 untuk diusulkan ke pusat dan dijadikan Kawasan Ekonomi Khusus.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Institute for Research,Consultation and Information of International Investment (IRCI) Gabriel de Sola kepada Media SULUH DESA pada Minggu (01/11/2020) siang.

Hasil survey IRCI ini disampaikan Gabriel de Sola bahwa, kawasan Wini bisa dipersiapkan menjadi Pelabuhan Samudera di Utara Pulau Timor berbatasan langsung dengan Timor Leste karena di Oecussi sudah ada Bandara Internasional yang dikelola oleh Badan Otorita Khusus kerja sama dengan Portugal.

“Lalu Kawasan Wini bisa dikembangkan menjadi destinasi pariwisata terintegrasi dengan investasi pertanian, peternakan, perikanan dan garam,” ucapnya.

“Kawasan Wini bisa juga dijadikan kawasan olahraga bertaraf nasional dan internasional seperti pacuan kuda, paralayang, tinju, bola kaki, volley pantai, dan atletik,” lanjutnya.

Ia juga mengatakan bahwa, hasil survey IRCI sudah disampaikan kepada Bupati TTU Raymundus Sau Fernandez dan ia sangat mendukung agar Wini bisa dijadikan pusat kawasan ekonomi khusus di Pantura TTU yang berbatasan langsung dengan Timor Leste. Hal ini sejalan dengan masuknya NTT menjadi daerah destinasi pariwisata nomor satu di dunia dan sesuai program unggulan Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Timur Viktor Laiskodat dan Wakil Gubernur Joseph Nae Soi yang menjadikan pariwisata sebagai prime mover pembangunan NTT.

“Orang yang tepat untuk merealisasikan rencana program strategis nasional dan internasional ini hanya Cabup TTU dan Cawabup yang diusulkan Partai Nasdem yang jadi pendukung utama VicJos yakni Kristina Muki dan Yosef Tanu. Selain itu, Tokoh Kristina adalah Tokoh Perempuan Nasional asal TTU juga memiliki jaringan dan berpengalaman dalam mendampingi Bupati TTU Rayumndus Sau Fernandez yang mendapatkan penghargaan nasional Hasan Wirajuda dari Kemenlu dan dari Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Tindak Pidana Perdagangan Orang terkait pencegahan dan penanganan serius soal Human Trafficking,” katanya.

Ia juga menyampaikan bahwa Kabupaten TTU jadi contoh Lembaga PBB yang bergerak di International Organization for Migration dalam hal pencegahan Human Trafficking dari desa melalui PerDes dan cepat dalam penanganan Korban TPPO bersama Jejaring Nasional dan Internasional.

“TTU sudah waktunya bangkit bersama Kristiana Muki Tokoh Perempuan. Kami yakin Kristiana Muki bersama Yosef Tanu jika terpilih nanti dan dalam memimpin TTU lebih mampu untuk siapkan SDM TTU khususnya perempuan dan milenial dalam mewujudnyatakan Wini menjadi Kawasan Ekonomi Khusus,” tutupnya. (fwl/fwl)

Komentar

News Feed