Di Bidang Pendidikan, KITA SEHATI akan Pasang Wifi di Sekolah-sekolah

oleh -477 views
Calon Bupati Timor Tengah Utara dari Paket KITA SEHATI nomor urut 1, Kristiana Muki melakukan kampanye terbatas hari ke-27 di Desa Suanae dan Desa Fatunisuan, Kecamatan Miomafo Barat, Kabupaten Timor Tengah Utara, Provinsi Nusa Tenggara Timur, pada Senin (26/10/2020).

KEFAMENANU, suluhdesa.com – Calon Bupati Timor Tengah Utara dari Paket KITA SEHATI nomor urut 1, Kristiana Muki melakukan kampanye terbatas hari ke-27 di dua desa pada Senin (26/10/2020). Desa-desa tersebut antara lain Desa Suanae dan Desa Fatunisuan, Kecamatan Miomafo Barat, Kabupaten Timor Tengah Utara, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Kristiana Muki dan tim tiba di Desa Suanae pada pukul 12.10 Wita. Masyarakat telah menanti di depan tenda kemenangan sambil membentuk barisan. Tetua adat berdiri di posisi paling depan dengan didampingi mama-mama. Masyarakat menggunakan bête dan tais motif Miomafo untuk menggambarkan kekuatan budaya atoin meto.

Masyarakat menyambut kedatangan sang Kristiana Muki dengan takanab yang dituturkan oleh tetua adat setempat. Mama-mama melakukan pengalungan kepada sang calon bupati dengan sehelai selendang bermotif Miomafo.

Pantauan Media SULUH DESA, masyarakat Desa Suanae sangat bangga dikunjungi sang idola politik. Tampak di dalam tenda sebelum memulai rapat kampanye terbatas, mama-mama bertepuk tangan mengikuti musik yang disetem oleh operator. Melihat mama-mama bertepuk tangan, bapak-bapak juga ikutan bertepuk tangan sembari menggoyangkan kepala mereka.

Selanjutnya, sebagai atoin meto yang terikat oleh budaya, Kristiana Muki menyerahkan kabi nok tua kepada tua adat yang mewakili.

Baca Juga:  Kak Seto Ajak Orang Tua Jadi Guru Bagi Anak Saat WFH Perangi Covid-19   

“Saya Kristiana Muki dan Yosef Tanu datang ke hadapan bapak dan mama sekalian untuk mengundang kita semua hadir dalam pesta Pilkada TTU tanggal 9 Desember 2020 mendatang. Mari kita satukan pilihan hanya kepada Paket KITA SEHATI,” ujar Kristiana Muki sembari menyerahkan kabi nok tua.

Ketua Fraksi Partai Nasdem Paulinus Efi dalam menyampaikan orasi politiknya menjelaskan mengenai survey yang hasilnya menempatkan Kristiana Muki berada di posisi paling atas. Hal inilah yang menjadikan Kristiana Muki dipanggil pulang oleh Partai Nasdem untuk melayani masyarakat TTU secara lebih dekat. Bahwasanya TTU merupakan lumbung suara Partai Nasdem sehingga diyakini Kristiana Muki bakal menang dalam Pilkada TTU.

“Partai Nasdem sudah menganggap TTU sebagai lumbung suaranya. Diperkuat dengan hasil survey yang menempatkan Ibu Kristiana Muki di peringkat paling atas maka beliau dipanggil pulang untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Kemarin tahun 2019, Ibu Kristiana Muki dikirim ke Senayan dengan 46.173 suara dari Kabupaten TTU sehingga Ibu Kristiana Muki tidak mungkin kalah dalam Pilkada TTU kali ini. Maka mari kita pilih orang yang sudah pasti menang,” ujar Paulinus Efi.

Baca Juga:  KPU Malaka Minta Warga Siapkan Tiga Dokumen untuk Coklit Calon Pemilih

Dalam pemaparan visi dan misi Paket KITA SEHATI, Kristiana Muki menjelaskan berbagai program yang bakal direalisasikan jika terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati TTU.

“Di bidang pendidikan, kita akan memetakan sekolah-sekolah yang sudah ada jaringan 4G sehingga kita pasangkan wifi. Dengan demikian peningkatan pola pembelajaran terhadap siswa semakin baik dan siswa juga menjadi proaktif untuk mencari dan menemukan materi-materi yang berkaitan dengan pelajaran yang diperoleh. Kita juga akan mengaktifkan kembali PAUD di desa-desa dengan memperhatikan fasilitasnya. Kalau PAUD sudah diaktifkan maka tenaga pendidik juga akan banyak terserap,” tandas Kristiana Muki.

Sementara itu, di Desa Fatunisuan masyarakat telah menanti sang Calon Bupati TTU Kristiana Muki dan tim. Rombongan baru tiba di Desa Fatunisuan pada pukul 15.45 Wita. Masyarakat menyambut kedatangan rombongan dengan takanab yang diserukan tetua adat dan pengalungan selendang oleh mama-mama yang telah bersiap sejak awal penyambutan.

Menaati protokol kesehatan, Kristiana Muki dan Tim melakukan cuci tangan dan dilanjutkan dengan pengukuran suhu tubuh. Setelah semua dipastikan aman sesuai protokol kesehatan, barulah dipersilakan masuk untuk mengambil tempat di dalam tenda kemenangan.

Sebagai pembuka kegiatan dan untuk menghormati masyarakat setempat, Kristiana Muki menyerahkan kabi nok tua kepada tetua adat. Kemudian Kristiana Muki didoakan kepada leluhur dan Tuhan agar diberkati dalam kontestasi Pilkada.

Baca Juga:  Masyarakat Bikomi Nilulat akan Memenangkan Paket KITA SEHATI 100 Persen

Dalam pemaparan visi dan misi Paket KITA SEHATI, Kristiana Muki mengatakan, “mengenai program tanam air panen air akan kita galakkan untuk mengatasi masalah air yang tengah menjadi permasalahan masyarakat TTU. Kita akan adakan reboisasi dan juga membuat sumur resapan untuk menanam air ke dalam tanah sehingga untuk membuat sumur, kita dapat memperoleh air di dengan cukup mudah. Selain itu, kita juga akan memberdayakan lembaga-lembaga adat untuk membantu pemerintah dalam melestarikan hutan dan mata air.”

Mengenai program di bidang peternakan, Kristiana Muki menjelaskan peternakan yang menghalalkan kawin suntik (inseminasi buatan) untuk memperbaiki genetika sapi-sapi di TTU.

“Ke depan kita akan memperbaiki genetik ternak kita terutama sapi-sapi kita dengan kawin suntik. Di TTU kita memiliki 7 inseminator sehingga kita akan mengadakan pelatihan kepada  sehingga genetik sapi kita dapat dikembangkan. Kita akan membagi indukan sapi yang sudah disuntik kepada setiap kepala keluarga yang kurang mampu,” jelas Kristiana Muki disambut tepuk tangan masyarakat. (Seko/Seko)