Polres Malaka Tetapkan Tiga Tersangka yang Keroyok Wartawan

oleh -250 views
Kapolres Malaka, AKBP Albertus Neno, S.H bersama Tim Kuasa Hukum Wartawan Gardamalaka.com.

MALAKA, suluhdesa.com – Penyidik Polres Malaka akhirnya mengantongi tiga nama tersangka kasus dugaan penganiayaan Yohanes Seran Bria alias Bojes, Wartawan Media Online Gardamalaka. Demikian informasi yang diperoleh tim media dari Kapolres Malaka, AKBP Albertus Neno, S.H melalui Kasat Reskrim, IPTU Yusuf, S.H ketika dikonfirmasi via pesan WatsApp dari ponselnya, Kamis (21/10/2020) malam yang membenarkan peningkatan status penanganan kasus dari penyelidikan ke penyidikan.

IPTU Yusuf tidak memberi komentar panjang lebar soal peningkatan kasus ke tingkat penyidikan. Akan tetapi, dengan peningkatan status tersebut, penyidik sudah mengantongi nama para calon tersangka.

“Pasti ada tersangka,” kata IPTU Yusuf sambil memastikan jumlah tersangka kasus tersebut sebanyak tiga orang.

Baca Juga:  Lakukan Penghinaan, Gadis Asal Langa Laporkan Anggota Polres Sikka ke Polres Ngada

Sebelumnya diberitakan oleh hampir semua media, Kapolres Albert menunjukkan keseriusan Polres Malaka dalam penanganan kasus yang terjadi di ruas jalan sekitar Sekretariat Tim Pemenangan Paslon SBS-WT yang beralamat di Desa Haitimuk, Kecamatan Weliman, Kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Kamis (15/10/2020) sekira pukul 17. 00 Wita.

Dikatakan, Polres Malaka tidak mentolerir kesalahan dan pelaku kasus pemukulan wartawan karena sudah menjadi atensi khusus Polda NTT. Itulah sebabnya, penyidik Polres Malaka membentuk tim khususnya untuk mengungkap kasus penganiayaan tersebut.

Data dan informasi yang dihimpun, Kamis (22/10/2020) menyebutkan proses hukum kasus dugaan penganiayaan Bojes ditingkatkan menjadi penyidikan. Dengan demikian, dalam kasus tersebut, sudah terdapat unsur tindak pidana dan adanya penetapan tersangka.

Baca Juga:  Bupati SBS Senang 674 Peserta Tes CPNS Kabupaten Malaka Lulus Passing Grade

Diperoleh informasi, tiga tersangka yang akan diperiksa dan ditahan masing-masing berinisial, SFK, RSK dan JS. Tidak menutup kemungkinan, penyidik akan melakukan penahanan untuk mempercepat kelancaran penanganan kasus.

Terpisah, Tim Kuasa Hukum Yulianus Bria Nahak, S.H., M.H. saat dihubungi melalui pesan WatsApp pada Kamis (22/10/2020) malam menyampaikan, dirinya mengapresiasi kinerja Polres Malaka (penyidik), yang sangat cepat menangani kasus pengeroyokan terhadap Wartawan gardamalaka.com (Yohanes Seran Bria alias Bojes).

“Penyidik Polres Malaka telah menunjukan kinerja yang baik dan saya sangat mengapresiasi, karena telah mempercepat proses penyelidikan menjadi penyidikan. Bahwa berdasarkan Surat SP2HP (Perkembangan Hasil Penelitian) tersebut yang diberitahukan kepada Yohanes Seran Bria alias Bojes, Penyidik Polres Malaka telah menaikan status laporan dari Penyelidikan menjadi Penyidikan dan telah menetapkan 3 (tiga) orang tersangka dengan inisial RSK, SFK dan YS alias M,” jelasnya.

Baca Juga:  Aparat Polres Malaka Gelar Patroli Dialogis dan Bubarkan Kerumunan Massa Cegah Corona

Dengan adanya Surat Perkembangan Hasil Penelitian tersebut, lanjut Yulianus, kemungkinan besar 3 (tiga) Tersangka ini besok sudah bisa ditahan.

Yanuarius menegaskan, perkara ini merupakan salah satu perkara publik sehingga pihak kepolisian  harus tegas dan serius menangani perkara ini.

“Jangan membiarkan pelaku berkeliaran di luar karena sekarang momen politik. Sehingga Polres Malaka segera  menahan ke tiga tersangka agar politik (Pilkada) di Malaka bisa berjalan dengan baik dan aman,” tegasnya. (gtj/tim)