Tiwan Tally Juara I Putra Pariwisata TTU, Promosikan Budaya Biinmaffo

oleh -865 views
Septiawan G. Tally dan Riza F. B. Akoit (16 tahun) mendapat predikat juara I Putra dan Putri Pariwisata Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) tahun 2020.

KEFAMENANU, suluhdesa.com – Septiawan G. Tally dan Riza F. B. Akoit (16 tahun) mendapat predikat juara I Putra dan Putri Pariwisata Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) mewakili Kecamatan Insana Fafinesu. Ajang  pemilihan Putra dan Putri Pariwisata Kabupaten TTU ini diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten TTU berlangsung pada Kamis (15/10/2020) sejak pukul 09.00 Wita sampai pukul 14.00 Wita di Rumah Jabatan Bupati TTU. Peserta lomba sebanyak 15 kecamatan yang ada di Kabupaten Timor Tengah Utara. Juara I dari Kecamatan Insana Fafinesu, juara 2 putra dari Biboki yang putri dari Insana, juara 3 putra dari Noemuti, putri dari Biboki Anleu.

Kepada Media SULUH DESA pada Jumat (16/10/2020) pukul 07.00 Wita, pemuda kelahiran Kefamenanu 12 September 1998 ini menceritakan bahwa ia bersama Riza Akoit memakai pakaian adat dari Insana Fafinesu dengan kain Buna motif belah ketupat.

Dijelaskannya proses awal pendaftaran untuk menjadi Putra dan Putri Pariwisata Kabupaten TTU terjadi tanggal 13 Oktober 2020 dan tanggal 14 Oktober 2020 dilakukan technical meeting. Yang mendaftarkan dirinya ke Dinas Pariwisata Kabupaten TTU adalah dari Camat Kecamatan Insana Fafinesu.

Baca Juga:  Dinas Lingkungan Hidup TTU Gelar FGD Rencana Tata Ruang Wilayah

Visi misi yang dibawanya adalah pengembangan pariwisata di TTU, pengembangan anak muda agar lebih mengenal budaya tenun ikat di Kabupaten TTU, dan itu menjadi tujuan diselenggarakan pemilihan Putra dan Putri Pariwisata Kabupaten TTU.

Menurut  Septiawan, rekomendasi yang diberikan kepada publik soal pariwisata di Kabupaten TTU, mengajak semua datang berwisata karena Kabupaten TTU karena memiliki keindahan dan masih alami.

“Kita  punya banyak obyek wisata di TTU seperti pantai Wini, pantai Oebubun, kolam renang Oeluan, rumah adat Taslulu, obyek wisata di Kota Kefamenanu Sonaf Maslete dan Sonbai, ada rumah adat Uspupu di Kecamatan Insana Fafinesu, pantai Wini yang baru di Insana Utara,melestarikan kebudayaan tenun seperti tenun dari Insana yang terkenal di banyak kalangan yaitu Buna,” ungkap Septiawan yang akrab disapa Tiwan dan saat sedang ini kuliah di Universitas Nusa Cendana Kupang Jurusan Pendidikan Geografi.

Ditambahkan juga, ia sangat senang karena mendapat dukungan dari orang tua dan teman-teman.

“Tidak pernah terpikirkan oleh saya dan ini juga mendadak karena sebelumnya sudah ada peserta tetapi karena dia mengundurkan diri jadi saya yang diminta oleh Bapak Camat Insana Fafinesu untuk mewakili Kecamatan Insana Fafinesu. Itupun sehari sebelum pendaftaran,” urai Tiwan yang mengaku belum mempunyai pacar dan memiliki wajah tampan ini.

Baca Juga:  Forum Pengembangan Ekonomi TTU Adakan Lokakarya, Kaji Pembangunan Daerah

Tiwan mengimbau kepada kaum muda TTU agar kaum muda tetap melestarikan kebudayaan dan pariwisata Biinmaffo karena kaum muda lebih menguasai teknologi.

“Saya minta kaum muda di Kabupaten TTU untuk membantu saya dalam mempromosikan kebudayaan dan pariwisata di Kabupaten TTU ini agar orang-orang dari kabupaten lain dapat mengetahui apa saja keunggulan kita di Kabupaten TTU,” pinta lulusan SMA I Kefamenanu ini dengan ramah.

Tiwan yang lolos dalam ajang Putra dan Putri Pariwisata Kabupaten TTU bersama Riza F. B. Akoit tentu saja akan mewakili Kabupaten TTU ke tingkat Provinsi NTT. Tiwan dan Riza F.B.Akoit akan mengikuti ajang pemilihan Putra dan Putri Pariwisata Provinsi NTT pada awal bulan November 2020 dan sebelumnya 3 hari harus masuk karantina, selanjutnya mengikuti acara puncak. Tema yang dibawakan Tiwan bersama Riza adalah tentang kebudayaan dan pariwisata asal Kabupaten Timor Tengah Utara.

Baca Juga:  Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 132/BS Bangun Jamban di Rumah Bapak Tejo

“Andaikan nanti di tingkat Provinsi  NTT kami menang, saya dan Reza akan menjadi duta untuk membawa budaya asli dan pariwisata Nusa Tenggara Timur dan memperkenalkan kepada semua orang agar semua orang tahu keindahan yang dimiliki orang NTT,” jelas penyuka jagung bose ini.

Saat diwawancarai Media SULUH DESA tentang apa yang menarik dari gadis -gadis TTU, dengan malu-malu ia mengatakan gadis-gadis Kefamenanu itu manis-manis, cantik, dan baik-baik.

  1. Berikut Biodata Putra Kabupaten TTU :

Nama : Septiawan G. Tally

Umur : 22 tahun

Tempat, Tanggal Lahir : Kefamenanu, 12 -09 -1998

Mahasiswa Geografi Universitas Nusa Cendana Kupang Semester 9

Ayah: Dominggus Tally

Ibu: Yoneta Yudit Mooy

  1. Berikut Biodata Putri Kabupaten TTU

Nama : Riza F. B. Akoit

Umur : 16 thn

Skolah asal : SMAN 2 KEFAMENANU, Kelas 2 SMA

Tempat, Tanggal Lahir : Kefamenanu, 30 November 2003

Ayah : Yoseph Sako

Ibu : Nilvia D. H. Lifere (fwl/vrg)