Selain Cantik, Ibu Kristiana Muki Juga Cerdas dan Berintegritas

oleh -955 views
Kristiana Muki Calon Bupati Timor Tengah Utara.

KEFAMENANU, suluhdesa.com – Kristiana Muki Calon Bupati Timor Tengah Utara dari Paket KITA SEHATI nomor urut 1 melakukan kunjungan ke dua lokasi di  Desa Oesena, Kecamatan Miomafo Timur dalam rangka kampanye terbatas hari ke-17 pada Kamis (15/10/2020). Dua lokasi yang dikunjungi antara lain Nunpene dan Neon Nae, Desa Oesena, Kecamatan Miomafo Timur, Kabupaten TTU, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Kunjungan pertama Kristiana Muki dilakukan di Nunpene pada pukul 16.15 Wita. Masyarakat menyambut kedatangan Ratu Pilkada TTU dengan takanab yang dituturkan oleh tetua adat dan pengalungan selendang oleh mama-mama. Usai pengalungan selendang, terdengar musik disetem dan mama-mama mulai meliuk-liuk mengiring Calon Bupati Kristiana Muki ke tenda kampanye terbatas.

Kristiana Muki dihantar sampai ke tempat duduknya dengan tarian oleh mama-mama. Bahkan ketika ia bersama tim sedang mencuci tangan dan mengukur suhu tubuh, mama-mama menari mengitari tim dengan sesekali teriakan palate dipekikkan.

Sesudah Kristiana Muki duduk di tempat yang telah disediakan, Master of Ceremony  (MC) Fransiskus Kapitan mengundang Kristiana Muki untuk menyerahkan kabi nok tua kepada tetua adat. Sementara itu tetua adat juga telah memepersiapkan kabi nok tua untuk diserahkan kepada Kristiana Muki sebagai tanda menerima kehadiran Paket KITA SEHATI di Nunpene.

Oleh Master of Ceremony, Staf Ahli Fraksi Partai Nasdem Johny Abi dipersilakan menjelaskan tentang Partai Nasdem dan mengklarifikasi isu-isu miring yang menerpa Paket KITA SEHATI.

“Terima kasih karena sudah mempercayakan 8 Kursi untuk Partai Nasdem dalam menjadi DPRD TTU. Selain itu, saya mewakili Partai Nasdem mengatakan bahwa Paket KITA SEHATI ini merupakan paket yang ideal karena merupakan perkawinan politisi dan birokrat yang sangat tepat dan ideal untuk memimpin TTU. Sebagai partai politik kami juga mau meyakinkan masyarakat setempat bahwa Mama Kristiana Muki pasti menang. Jadi jangan ragu untuk memilih Paket KITA SEHATI, karena memilih orang yang baik itu jauh lebih mulia,” ujar Johny Abi sembari tersenyum simpul.

“Menepis isu dinasti yang beredar, saya ingin mengatakan bahwa yang mengatakan dinasti itu keliru. Sebab negara kita berbentuk republik dengan menggunakan sistem demokrasi sehingga untuk dinasti tidak bisa digolongkan dalam negeri kita ini. Kalau berbicara dinasti dalam hal ini akan nyata kecuali sesudah masa kepemimpinan Bapak Raymundus Sau Fernandes berakhir, lalu beliau langsung menunjuk dan melantik Ibu Kristiana Muki, maka itulah yang kita sebut dinasti. Namun yang terjadi tidak seperti itu, karena Ibu Kristiana Muki menuruti tahapan-tahapan aturan pilkada yang sesungguhnya,” tegas Johny Abi.

Baca Juga:  Noemuti Jadi Tempat Kunci Kemenangan Paket KITA SEHATI

Selanjutnya, Master of Ceremony mempersilakan Mantan Anggota DPRD Ervira Naro untuk menyampaikan perihal perempuan yang berjuang menyetarakan gender dan membawa keluar perempuan dari dapur ke kursi kepemimpinan.

“Di Aceh ada Cut Nyak Dien dan di Maluku ada Kristina Martha Tiahahu. Hari ini di TTU ada Kristiana Muki sebagai perempuan yang menjadi Calon Bupati TTU dengan sejumlah deretan kemampuan yang dimiliki. Selain cantik, Ibu Kristiana Muki juga cerdas, ramah, berkualitas dan berintegritas. Hal inilah yang kemudian menjadi kekuatan dirinya untuk melangkah maju menjadi Calon Bupati Perempuan Pertama di TTU. Oleh sebab itu, saya mengajak mama-mama dan kita semua untuk memilih Ibu Kristiana Muki sehingga kita menciptakan sejarah bahwa di TTU juga ada pemimpin perempuan,” ucap Ervira Naro sembari jempolnya diacungkan mengisyaratkan pilih nomor 1, Paket KITA SEHATI.

Selanjutnya, Ketua Fraksi Partai Nasdem Paulinus Efi dalam sambutannya mengatakan, “Partai nasdem tidak mau kehilangan wajahnya dalam kontestasi pilkada tahun ini. Kami juga tidak ingin supaya program yang sudah dimulai oleh pemerintah saat ini dihentikan begitu saja dan keberlanjutannya tidak jelas. Oleh sebab itu, apabila bapak dan mama masih ingin program-program yang baik masih ingin dilanjutkan maka saya mengajak kita untuk memilih Paket KITA SEHATI agar dapat dilanjutkan. Kami berusaha agar tahun ini Partai Nasdem bisa menang dan tetap eksis di TTU.”

Dalam pemaparan visi dan misi, Calon Bupati TTU Kristiana Muki menegaskan akan melanjutkan program pendidikan dan memperhatikan sejumlah Tenaga Kontrak (Teko) yang sudah dimulai oleh pemerintah saat ini. Puji Tuhan, kemarin 1700 tenaga kontrak yang diperjuangkan oleh Bapak Ray telah menemui titik terang bahwa mereka akan menerima gaji dalam waktu dekat dan akan berlanjut. Oleh sebab itu, masyarakat tidak perlu terpengaruh dengan isu-isu miring yang disebarluaskan oleh orang-orang tak bertanggung jawab yang bersembunyi di belakang akun-akun palsu.

Baca Juga:  Satgas Pamtas RI-RDTL, Bangun Tanggul Untuk Masyarakat Perbatasan

Di Neon Nae, Desa Oesena tepat pukul 19.00 Wita, Kristiana Muki dan tim disambut oleh masyarakat setempat. Tetua adat yang telah menanti kedatangan Calon Bupati TTU segera menuturkan takanab dengan disambut sahutan palate dari peserta kampanye terbatas. Lalu dua orang mama maju dan mengalungkan seutas selendang kepada Ratu Pilkada Kristiana Muki.

Selanjutnya, mama-mama mengiring Calon Bupati Kristiana Muki ke dalam tenda kampanye terbatas dengan tarian. Mama-mama meliuk-liuk dalam tarian sedang bapak-bapak sibuk meneriakkan palate sehingga euphoria yang tercipta sangat mengundang perhatian peserta lain untuk mengabadikan momen dengan android yang digenggam.

Tiba di dalam tenda, Master of Ceremony (MC) Fransiskus Kapitan segera memandu acara penyerahan kabi nok tua kepada masyarakat yang diwakili oleh dua orang tetua adat. Kemudian sebagai tanda terima masyarakat atas kehadiran Kristiana Muki, tetua adat juga menyerahkan kabi nok tua.

Dalam sambutannya, Staf Ahli Fraksi Partai Nasdem Johny Abi mengatakan, “setiap orang ada waktunya dan setiap waktu ada orangnya. Oleh sebab itu, saya sebagai anak dari kampung ini mengatakan bahwa nomor urut satu akan meledak di tanggal 9 Desember 2020. Kami akan memberi yang terbaik sebagai bukti cinta kami kepada Partai Nasdem dan Paket KITA SEHATI. Saya bicara seperti ini supaya jangan ada dusta di antara kita.”

Kristiana Muki dalam menyampaikan sambutannya mengatakan, “kami datang selalu membawa sirih pinang supaya jika diterima maka saya akan bicara menyampaikan visi dan misi. Tetapi kalau tidak diterima saya akan sampaikan maaf lalu pamit pulang. Kami sangat menghargai pilihan bapak dan mama sehingga tidak bisa memaksakan kehendak bapak dan mama sekalian.”

Berkaitan dengan visi dan misi, Kristiana Muki menjelaskan Paket KITA SEHATI bakal fokus membantu kebutuhan pokok masyarakat. Kebutuhan pokok yang menjadi spirit utama kesejahteraan masyarakat adalah bahwa masyarakat itu pakaiannya harus baik, makannya harus terjamin, dan tinggalnya harus layak.

Menyampaikan rasa cintanya kepada Paket KITA SEHATI terutama kepada Calon Bupati Perempuan Pertama di TTU Kristiana Muki, Mathildis Taena salah satu warga yang hadir mengatakan, “kami sangat senang karena kali ini Ibu-ibu yang mau jadi Bupati TTU. Kami sangat sayangkan kepemimpinan bapak-bapak tidak memperhatikan  ibu-ibu. Jadi kalau Ibu jadi Bupati tolong perhatikan kami ibu-ibu. Kami yakin Ibu Kristiana menang karena belum jadi Bupati TTU saja sudah dekat dengan masyarakat. Jadi kami yakin pasti nomor satu menang.”

Baca Juga:  Jadi Wakilnya Kristina Muki di Pilkada TTU, Yosef Tanu; Mundur dari PNS, Harus Menang

Selanjutnya di Nisani, Kelurahan Benpasi, Kecamatan Kota Kefamenanu tepat pukul 21.30 Wita Kristiana Muki dan Yosef tanu melakukan kampanye secara bersama-sama. Masyarakat menyambut kedatangan Cabup dan Cawabup TTU dengan tarian yang dipersembahkan oleh anak-anak remaja setempat. Lalu seorang bapak maju mengalungkan selendang kepada kedua jagoan politiknya.

Dalam kesempatan memberikan sambutan, Ketua Fraksi Partai Nasdem Paulinus Efi mengatakan, “Kristiana Muki dan Yosef Tanu tidak pernah mendaftar. Keduanya diminta secara langsung oleh masyarakat TTU dalam melalui survey yang dilakukan oleh Partai Nasdem. Nama Ibu Kristiana Muki diikutsertakan dalam survey dan berhasil meraup angka 21%. Ibu Kristiana Muki sangat tidak setuju pada awalnya karena baru satu tahun dihantar ke DPR RI dan harus kembali lagi ke TTU. Tetapi pada akhirnya harus kembali sesuai perintah Partai Nasdem karena sebagai anggota partai harus tunduk kepada perintah dari atasan.”

Lalu Calon Wakil Bupati Yosef Tanu dalam sambutannya mengatakan, “kita akan fokus urus pertanian karena di TTU ini 90% petani. Pemerintah akan bekerja sama dengan petani untuk meningkatkan pertanian dengan menempatkan satu penyuluh pertanian di setiap desa. Oleh sebab itu, Ibu-ibu kita kalau setuju nanti pulang kasih tahu Bapak dong supaya coblos nomor satu. Bilang kalau tidak coblos berarti nanti macet. Tidak dapat jatah satu bulan.”

Sementara itu, Kristiana Muki dalam sambutannya mengatakan, “kita juga akan rfokus pada program tanam air dan panen air dengan melaukan reboisasi dan membuat sumur resapan. Juga kita akan memfasilitasi masyarakat dengan fiber dan juga membuat sumur bor.” (seko/seko)