Kampanye di Bansone, KITA SEHATI Bakal Angkat Guru Komite Jadi Teko

oleh -1.296 views
Masyarakat Kelurahan Bansone, Kecamatan Kota Kefamenanu, Kabupaten TTU, Provinsi Nusa Tenggara Timur sedang mengikuti kampanye yang dilakukan oleh Yosef Tanu Calon Wakil Bupati TTU dari Paket KITA SEHATI nomor urut 1 pada Kamis (15/10/2020).

KEFAMENANU, suluhdesa.com – Yosef Tanu Calon Wakil Bupati Timor Tengah Utara (TTU) dari Paket KITA SEHATI melakukan kunjungan dalam rangka kampanye terbatas pada Kamis (15/10/2020) di Kelurahan Bansone, Kecamatan Kota Kefamenanu, Kabupaten TTU, Nusa Tenggara Timur.

Yosef Tanu bersama tim tiba di lokasi kampanye tepat pukul 18.00 Wita. Masyarakat telah menanti kedatangan sang Calon Wakil Bupati TTU itu yang mendampingi Kristiana Muki sebagai Calon Bupati TTU. Yosef Tanu mencuci tangan di depan tenda kampanye lalu mengukur suhu tubuh dengan thermo gun mengikuti protap kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

Segera sesudah Yosef Tanu tiba, tetua adat menuturkan takanab dan diikuti dengan pengalungan selendang oleh mama-mama yang ditugaskan. Kemudian Yosef Tanu dipersilakan duduk di tempat yang telah disediakan.

Sebagai atoin meto yang mengenal dan mengikat pinggang dengan adat, Yosef Tanu menyerahkan kabi nok tua sebagai penghormatan kepada masyarakat setempat. Kabi nok tua dimaksudkan untuk meminta izin sekaligus memohon restu leluhur untuk Paket KITA SEHATI yang bertarung di Pilkada TTU 9 Desember mendatang.

Baca Juga:  TTU Butuh Pemimpin yang Merakyat dengan Tradisi Sirih Pinang

Dalam kesempatan menyampaikan sambutannya Yosef Tanu mengatakan, ”kami hadir di Bansone pada malam hari ini untuk memohon restu bagi Paket KITA SEHATI. Pilkada yang akan kita hadapi merupakan pesta demokrasi untuk kita semua di TTU. Sehingga dengan kehadiran kami di sini, kami turut mengundang dengan hormat au aina au ama sin ok’oke supaya datang dan kita sama-sama menghantar Paket KITA SEHATI menuju kemenangan.”

Mengenai visi dan misi Paket KITA SEHATI, Calon Wakil Bupati Yosef Tanu memaparkan visi dan misi yang bakal dilaksanakan kelak jika terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati TTU. Program-program yang bakal dikerjakan merujuk kepada kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga:  Kasimirus Kolo Serahkan Traktor untuk Petani di Malaka

“Dalam bidang peternakan, Pemda TTU akan bagikan sapi untuk setiap keluarga yang tidak mampu. Kita akan meningkatkan gen sapi menjadi sapi yang bertubuh tinggi, besar serta sehat dengan mempraktekkan inseminasi buatan. Dengan demikian nilai jual sapi-sapi kita semakin meningkat,” ujar Yosef Tanu.

Sedangkan dalam bidang pendidikan Calon Wakil Bupati Yosef Tanu menjelaskan, “jika terpilih kami bakal memperhatikan kesejahteraan para guru. Para guru komite akan diangkat jadi guru tenaga kontrak (teko) daerah. Selain itu ada beasiswa khusus untuk anak-anak berprestasi akan tetapi untuk siswa yang orang tuanya tidak mampu. Kita juga akan mendirikan PAUD untuk setiap desa. Jika di desa terkait sudah ada PAUD maka akan direnovasi sedemikian sehingga menjadi tempat belajar yang nyaman bagi anak-anak.”

Baca Juga:  Peringati Hari Infanteri, Satgas Pamtas RI-RDTL Gelar Pameran Alutsista di Perbatasan

Menyangkut program di bidang kesehatan Yosef Tanu mengatakan, “setiap desa akan ditugaskan tenaga kesehatan dua orang. Satu orangnya Bidan dan yang lainnya Perawat. Alasannya agar Pustu tidak boleh kosong dan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat dapat dilakukan secara masksimal. Oleh karena mereka harus ada untuk melayani masyarakat, maka tenaga medis akan diberi kesejahteraan. Kader Posyandu mendapat insentif 500.000 rupiah setiap tribulan.”

“Dengan program-program ini maka tenaga-tenaga pekerja bakal diadopsi lebih banyak untuk mengisi lapangan-lapangan pekerjaan yang telah tersedia. Artinya bahwa sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui. Satu program saja dapat mendatangkan dua atau lebih keuntungan. Di mana masyarakat sejahtera dan tenaga kerja semakin diadopsi dan pengangguran semakin berkurang,” jelas Yosef Tanu disambut dengan tepukan tangan membahana dari peserta kampanye terbatas. (fwl/fwl)