Kami Berterima Kasih Atas Kehadiran Mama Kristiana Muki di Tengah Kami

oleh -448 views
Kristiana Muki Calon Bupati melakukan kampanye terbatas hari ke-16 di dua desa di Kecamatan Bikomi Selatan pada Rabu (14/10/2020).

KEFAMENANU, suluhdesa.com – Kristiana Muki Calon Bupati melakukan kampanye terbatas hari ke-16 di dua desa di Kecamatan Bikomi Selatan pada Rabu (14/10/2020). Dua desa yang didatangi antara lain Desa Oetalus dan Desa Oelami, Kecamatan Bikomi Selatan, Kabupaten TTU, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Kristiana Muki mengunjungi Desa Oetalus dalam kesempatan melaksanakan kampanye terbatas. Mama-mama yang sedang menanak nasi di luar dapur bergegas membereskan peralatan dapur dan menyambut kedatangan Calon Bupati Perempuan Pertama di TTU ini. Sedang bapak-bapak merapikan kursi yang tak beraturan. Masyarakat mau kelihatan baik-baik saja di hadapan calon pemimpinnya.

Calon Bupati Kristiana Muki dan tim kampanye melakukan cuci tangan dan mengukur suhu tubuh dengan thermo gun. Kemudian melangkah perlahan memasuki tenda kampanye terbatas. Kristiana Muki menyapa masyarakat dengan bahasa Dawan sambil tangannya dikatup ke dada. Sedang senyum manis dengan dibarengi lesung pipit menjadi tawaran tersendiri untuk kelembutan dan kehangatan yang mencairkan suasana tegang masyarakat.

Pantauan Media SULUH DESA, sebagai tamu istimewa di tengah masyarakat, Kristiana Muki menghampiri masyarakat dan berbincang sebentar sebelum memulai kegiatan kampanye. Dengan kabi yang ditawarkan sang calon bupati kepada peserta kampanye tampak suasana semakin cair dan menjadi sangat akrab.

Tepat pukul 17.00 Wita, Master of Ceremony (MC) Reno Silla membuka kegiatan kampanye dengan menyapa masyarakat dengan yel-yel Paket KITA SEHATI. Kemudian sesudah suasana kondusif, Anggota DPRD TTU Oktovianus Sasi dipersilahkan memandu acara penyerahan kabi nok tua.

“Sebagai anak-anak yang mengenal dan menghargai adat, kami mengundang dua orang tua untuk menerima kabi nok tua yang diserahkan oleh Mama Kristiana. Saya juga mengundang Mama Kristiana untuk menyerahkan tuk’tuka ma pal’pala di atas meja kepada orang tua,” undang Oktovianus Sasi sambil tangannya menunjuk sopi dan tempat sirih yang diletakkan di atas meja.

Kristiana Muki menyerahkan kabi nok tua kepada orang tua untuk menyatakan kehadiran Paket KITA SEHATI di Desa Oetalus dan sekaligus mengundang masyarakat setempat untuk bersama-sama menghadiri pesta demokrasi tanggal 9 Desember 2020. Pesta ini tentunya bukan milik Kristiana Muki dan Yosef Tanu tetapi merupakan pesta semua masyarakat TTU sehingga jika berkenan masyarakat datang ke TPS dengan satu tujuan untuk mencoblos hanya pada paket nomor 1, Paket KITA SEHATI.

Baca Juga:  Satgas Pamtas RI-RDTL Hadiri Acara Adat di Desa Naikake

Dalam menyampaikan sambutan, Oktovianus Sasi menjelaskan mengenai Partai Nasdem yang  mengedepankan kader-kader yang berkualitas dengan menggaungkan slogan ‘politik tanpa mahar.’ Dalam perhelatan politik, Partai Nasdem biasanya mencalonkan kader yang diiming-iming bakal menang. Sehingga seharusnya ada beberapa kader yang mencalonkan diri sebagai calon bupati. Namun berdasarkan survei, ternyata Kristiana Muki mendapatkan dukungan paling tinggi sehingga menjadi kader yang tepat untuk dicalonkan sebagai calon bupati. Hal ini disebabkan oleh elektabilitas yang dimiliki Kristiana Muki dan memungkinkan untuk menang sehingga dipanggil pulang dari Senayan.

“Hal ini yang kemudian harus menjadi penjelasan untuk penyebar isu miring yang beredar mengenai politik dinasti di postingan media sosial. Sehingga ketika menemui orang yang berbicara soal dinasti, jelaskan ke dia seperti yang saya jelaskan,” tandas Oktovianus Sasi.

Selanjutnya, Oktovianus Sasi mengatakan, “lalu berkaitan dengan kemenangan, kami sangat yakin bahwa Paket KITA SEHATI pasti menang. Mengapa saya katakan demikian? Karena sudah terbukti pada saat deklarasi tanggal 05 Desember 2020 masyarakat sangat banyak yang hadir. Hal ini membuktikan bahwa kinerja Pak Raymundus Sau Fernandez sangat baik sehingga masyarakat tergerak untuk datang menghadiri deklarasi. Oleh sebab itu, saya mengajak kita semua untuk menjadi pemilih profesional dengan memilih orang yang pasti menang. Mari dukung Paket KITA SEHATI.”

Calon Bupati Kristiana Muki dalam menyampaikan visi misi Paket KITA SEHATI menandaskan, “Pengalaman kemarin waktu Pak Ray bertarung melawan kotak kosong, hanya ada satu desa yang menyumbangkan suara 100 persen. Karena kami yang ikut kontestasi pilkada ini ada tiga paket dan merupakan anak TTU. Sehingga untuk berbicara 100 persen itu masih menjadi suatu kemungkinan. Oleh sebab itu, saya mengharapkan agar masyarakat sekalian menggunakan hak pilih dengan tepat untuk memilih orang yang tepat. Karena suara bapak mama sekalian dihargai untuk lima tahun ke depan.”

Baca Juga:  Kerja Kebun, Bupati TTU Selalu Gunakan Pupuk Kompos

Lebih lanjut, Istri Raymundus Sau Fernandez ini menjelaskan perihal visi dan misi Paket KITA SEHATI. Visi dan misi ini bakal membantu masyarakat dengan program-program yang pro rakyat. Beberapa dari program ini merupakan program lanjutan dari pemerintahan saat ini. Dan tentunya program tersebut sudah dievaluasi terlebih dahulu sehingga tepat dan bermanfaat untuk masyarakat. Program-program yang menjadi target Paket KITA SEHATI antara lain Pertanian, peternakan, perikanan, pendidikan, kesehatan, pariwisata, dan infrastruktur.

Kristiana Muki dan tim kemudian berpamitan kepada masyarakat sesudah makan malam bersama. Rombongan bergeser ke lokasi berikut yakni Beba, Desa Oelami dan tiba tepat pukul 19.25 Wita. Masyarakat yang terdiri dari mama-mama telah menanti kehadiran jagoan politiknya segera membentuk barisan dan bersiap menyambut dengan tarian.

Usai mencuci tangan dan melakukan pengukuran suhu tubuh dengan thermo gun, Kristiana Muki dan tim kampanye diiring masuk dengan tarian. Liuk pinggul mama-mama menyita perhatian peserta kampanye sehingga tampak beberapa peserta sibuk mengabadikan momen dengan androidnya. Kristiana Muki dihantar sampai ke tempat duduknya dengan tarian riang mama-mama.

Lagu berbahasa Dawan yang disetem lantang untuk mengiring  liuk pinggul para penari segera diakhiri. Mama-mama kembali mengambil tempat di kursi yang telah disediakan. Tampak Kristiana Muki mengajak seorang mama untuk duduk di sampingnya. Mama yang akrab disapa Agustina itu tampak malu-malu duduk di samping Calon Bupati TTU yang cantik ini.

Reno Silla selaku Master of Ceremony memandu jalannya rapat kampanye dengan terlebih dahulu mengundang tetua adat untuk menerima kabi nok tua yang diserahkan oleh Kristiana Muki. Kedua orang tua menerimanya dengan doa yang dihaturkan dalam bahasa dawan kepada Tuhan dan leluhur. Semoganya terlantun agung untuk kemenangan Paket KITA SEHATI dalam Pilkada 9 Desember 2020.

Baca Juga:  Kepentingan Pilkada, KPU Malaka dan Dinas Dukcapil Mendata Pemilih

Usai acara penghormatan sekaligus undangan untuk menghadiri pesta demokrasi yang ditandai dengan penyerahan kabi nok tua, Master of Ceremony mempersilahkan Oktovianus Sasi untuk menyampaikan sambutan.

“Kristiana Muki adalah politisi sejati. Sedangkan Bapak Yosef Tanu adalah birokrat murni yang lulus dari STPDN kemudian akan dilantik menjadi Kepala Dinas. Jabatan ini akan membawanya menjadi pegawai dengan pangkat Eselon II. Pangkat ini sangat diminati oleh banyak pegawai. Namun Pak Yosef Tanu tidak mau dilantik dan memilih mendampingi Kristiana Muki. Perkawinan antara politisi dan birokrat murni dapat melahirkan kebijakan yang ideal terhadap kebutuhan masyarakat. Oleh sebab itu, jangan lupa tanggal 9 Desember nanti jangan lupa pilih Paket yang pasti menang,” ujar Oktovianus Sasi.

Masyarakat kemudian diberi kesempatan untuk berbicara menyampaikan usul dan saran kepada Kristiana Muki dan Yosef Tanu berkaitan dengan visi dan misi yang bakal direalisasikan lima tahun ke depan kelak jika terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten TTU.

“Kami sangat berterima kasih atas kehadiran Mama Kristiana Muki di tengah-tengah kami. Saya hanya ingin menyampaikan bahwa semenjak saya lahir ke Bumi TTU ini, belum ada Bupati dari Bikomi. Juga belum ada orang Bikomi apalagi perempuan yang menjabat sebagai Bupati. Jadi untuk kali ini kami sangat mendukung Mama Kristiana untuk menjadi Bupati,” tandas Viktor Elu yang disambut sorak dan riuh tepuk tangan masyarakat.

“Jangan minum sopi ular karena ular itu licik dan cerdas. Kita harus minum sopi yang baik sehingga kita tidak ditipu dan hanya dijanjikan tanpa pelaksanaan. Kita harus memilih orang yang baik dan memiliki kepedulian terhadap keluhan masyarakat,” ucap Yerem Kaet penuh analogi yang membuat masyarakat tersenyum-senyum di bawah remang cahaya lampu. (Seko/Seko)