Kasimirus Kolo Serahkan Traktor untuk Petani di Malaka

oleh -113 views
Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Kasimirus Kolo saat menyerahkan sebuah hand traktor kepada salah satu kelompok tani di Kontor Dinas Pertanian Malaka pada hari Kamis (01/10/2020).

MALAKA, suluhdesa.com – Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Kasimirus Kolo, mengatakan Kabupaten Malaka ini adalah daerah yang potensial, banyak lahan kosong, lahan yang masih tidur belum disentuh dan belum dimaksimalkan oleh para petani. Dirinya melihat, persoalannya adalah soal kekurangan alat pertanian diantaranya soal traktor dan lain sebagainya. Hal ini disampaikannya usai menyerahkan sebuah hand traktor kepada salah satu kelompok tani di Kontor Dinas Pertanian Malaka pada hari Kamis (01/10/2020).

“Saya sebagai Kader Partai Nasdem, melihat persoalannya adalah soal kekurangan alat pertanian diantaranya soal traktor dan lain sebagainya,” ucap Kasimirus.

Ketua Komisi II DPRD NTT ini menyebutkan, masyarakat petani di daerah Malaka perlu dibantu dengan alat-alat pertanian untuk mempermudah petani mengoptimalkan lahan, sehingga produksi pertanian masyarakat meningkat. Dengan demikian pendapatan kesejahteraan masyarakat juga bisa meningkat.

Baca Juga:  TNI Peduli Inflasi, Kodim 1604/Kupang Laksanakan Pembudidayaan Tanaman Hortikultura

Tahun ini, lanjut  Kasimirus, pengadaan alat pertanian terbatas di 22 kabupaten dan kota, sehingga apa yang ia lakukan bersama dengan pemerintah kali ini hanya menyerahkan satu unit ke Kabupaten Malaka dan satu unit ke Kabupaten  TTU dan Kabupaten Belu juga nanti dirinya akan perjuangkan bersama waktu yang akan datang.

“Sesuai dengan permintaan masyarakat tentu kita akan dorong pemerintah supaya bisa memenuhi permintaan masyarakat,” ujarnya.

Kasimirus juga menyampaikan, bantuan untuk kelompok tani ini sudah yang kesekian kalinya. selain traktor, bantuan lain juga dibagikan kepada para nelayan berupa kapal penangkap ikan.

Baca Juga:  Kampanye di Desa Atmen dan Usapi Nonot, Yosef Tanu; Kita Bentuk Patriot Halo TTU Sehat

“Kita sudah berikan kapal tangkap ikan kepada para nelayan. Dan Lebih jelas tentu kita akan berikan lagi bantuan kepada masyarakat, tergantung pada permintaan dari masyarakat. Kita tidak mau supaya pola yang kita terapkan top-down tetapi harus juga bottom up. Jadi masyarakat yang mengusulkan, kalau pemerintah kita dorong untuk memenuhi harapan sesuai kebutuhan masyarakat,” jelasnya.

Kasimirus menuturkan, semua yang dilakukan adalah bentuk pertanggungjawaban politiknya terhadap konstituen yang ada di Malaka.

“Yah, kalau untuk para petani kita harapkan supaya bisa bekerja lebih keras, karena menurut saya sebetulnya para petani di Malaka harus sejahtera,” ucapnya.

Menurutnya, “potensi di Malaka sangat mendukung, hanya persoalan budaya kerja etos dan orientasi kerja kita tidak bertani bukan untuk hidup bertahan satu tahun, tetapi bertani untuk bisa memberikan kontribusi dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan dan mewujudkan kemandirian. Sehingga lahan-lahan yang begitu potensial yang luas di Malaka ini bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani.”

Baca Juga:  Yosef Tanu Kampanye di Bikomi Tengah, Warga Minta Pemberdayaan Perempuan

Ketua Kelompok Tani Semangat Baru, Maria Imelda Hoar, menyampaikan terima kasih kepada Anggota DPRD NTT dari partai Nasdem, Kasimirus Kolo yang telah memberikan bantuan kepada kelompoknya. Dengan bantuan traktor ini, sangat membantu kelompok mereka untuk mengolah lahan mereka.

“Saya sangat berterima kasih Bapak Dewan Kasimirus Kolo, karena sudah membantu kami. Kami sangat berterima kasih,” pungkasnya. (fecos/fecos)