Masyarakat Bikomi Nilulat akan Memenangkan Paket KITA SEHATI 100 Persen

oleh -1.705 views
Masyarakat Kecamatan Bikomi Nilulat, Kabupaten TTU, Provinsi Nusa Tenggara Timur pada hari Senin (28/09/2020) mendengarkan kampanye yang disampaikan Kristiana Muki Calon Bupati TTU bersama tim.

KEFAMENANU, suluhdesa.com – Kristiana Muki Calon Bupati Timor Tengah Utara, pada Senin (28/09/2020) mendatangi tiga titik lokasi di Kecamatan Bikomi Nilulat dalam rangka kampanye perdana Paket KITA SEHATI nomor urut 1. Secara bergilir Ibu Kristiana Muki mendatangi ketiga titik lokasi kampanye, dimulai dari Desa Tubu, Desa Nilulat, dan berakhir di Desa Haumeni Ana, Kabupaten TTU, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Sesuai dengan persyaratan dari KPU, setiap lokasi yang dikunjungi dalam kegiatan kampanye wajib mematuhi protokol kesehatan. Semua peserta yang hadir wajib menggunakan masker, wajib mencuci tangan, dan melakukan pengukuran suhu tubuh. Selain itu untuk mencegah penyebaran Covid-19, aturan KPU menegaskan untuk setiap lokasi kampanye hanya dihadiri oleh 50 orang warga.

Pantauan Media SULUH DESA, kunjungan perdana yang dilakukan di Desa Tubu, Kristiana Muki disambut oleh masyarakat setempat dengan Takanab yang dibawakan oleh Milkheor Palbeno mewakili tua adat. Para tua adat berdiri mengelilingi sang Calon Bupati TTU dengan mengenakan kain adat motif Bikomi.

Oktovianus Sasi Anggota DPRD Kabupaten TTU Fraksi Partai Nasdem sebagai perwakilan tim kampanye Paket KITA SEHATI, dalam sambutannya mengatakan, masyarakat Bikomi Nilulat merupakan pilihan perdana Paket KITA SEHATI. Ini merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Bikomi Nilulat. Kehadiran Kristiana Muki di Kecamatan Bikomi Nilulat menjadi spirit bagi masyarakat untuk menjatuhkan pilihan pada tanggal 9 Desember 2020 mendatang.

Selanjutnya, dalam kesempatan kampanye perdananya ini, Kristiana Muki menyampaikan berbagai macam program yang menjadi visi dan misi Paket KITA SEHATI yang bakal direalisasikan kelak jika dirinya terpilih menjadi Bupati dan Yosef Tanu menjadi Wakil Bupati Timor Tengah Utara. Program-program itu antara lain pertanian, peternakan, pendidikan, kesehatan, periwisata, dan infrastruktur.

Baca Juga:  Partai Hanura Siap Menangkan Paket SBS-WT di Malaka

Menanggapi visi dan misi yang dipaparkan, Patris Naif selaku warga mengatakan, “kami melihat hasil jeruk, sirih, bawang, dan lain-lain sudah sangat baik, namun masih kesulitan dalam memperoleh air bersih.”

Hal senada juga dikeluhkan oleh Kamelus Oba Palbeno yang mengatakan, “kami di Desa Tubu punya mata air yang sangat baik namun pengelolaannya masih kurang baik sehingga kami kekurangan air.”

Di Desa Nilulat, Kristiana Muki disambut oleh warga dengan suguhan sirih pinang dalam kabi. Untuk memohon restu atas kunjungan kampanye yang dilakukan di halaman depan Sonaf Nilulat ini, Kristiana Muki diundang ke hadapan faut nitu untuk mengikuti ritual.

Yakobus Palbeno selaku tua adat menyembelih seekor ayam di hadapan Koebla Tfeka untuk menghalau segala gangguan yang merintangi lancarnya kegiatan ini. Sesuai adat setempat, kedua sayap ayam tersebut dipotong bersama kedua kakinya untuk dipersembahkan dengan segenggam beras kepada para leluhur, dan para tua adat mengatakan pesan para leluhur lewat tae lilo yang sangat memuaskan, yaitu ada begitu banyak lilo bertebaran di sekitaran perut ayam tersebut. Hal ini diistilahkan sebagai tapen mnatu atau mendapat emas dari para leluhur. Ini mempertegas bahwa kemenangan akan diraih Paket KITA SEHATI dalam Pilkada TTU kali ini.

Kristiana Muki juga dalam kesempatan itu menyampaikan visi dan misi Paket KITA SEHATI.

“Kami akan melanjutkan beberapa program dari pemimpin terdahulu. Tentunya tidak serta merta dilanjutkan begitu saja, tetapi akan melalui tahap evaluasi terlebih dahulu. Filterisasi program ini dimaksudkan juga supaya menemukan program yang benar-benar menyentuh kebutuhan masyarakat di Timor Tengah Utara,” jelas Kristiana Muki.

Baca Juga:  Warga Bikomi Utara Ikut Kampanye KITA SEHATI, Tidak Diintimidasi Siapapun

Martinus Kono selaku tua adat menanggapi pemaparan visi misi itu mengatakan, “kami dari para tua adat sangat menerima kehadiran Ibu Kristiana di sini. Saya mewakili para semua masyarakat di Desa Nilulat, memohon supaya kami diperhatikan karena kami menerima Ibu Kristiana sebagai anak kami.”

Dukungan dari semua masyarakat Bikomi Nilulat sangat nampak dalam ungkapan Argadius Lelan Abi yang mengatakan, “saya yakin Desa Nilulat pasti 90 persen untuk Paket KITA SEHATI yang merupakan paket dengan nomor urut satu. Diperkirakan bisa sampai 200 orang dari 300 orang lebih. Ini dibuktikan akan terulang sama seperti waktu Mama Kristiana menjadi calon DPR RI. Kami masih cinta Ibu Kristiana dan Bapak Ray.”

Masyarakat disuguhkan makan siang pada pukul 13.00 Wita sebagai ungkapan terima kasih atas kehadiran mereka dalam kampanye Paket KITA SEHATI. Masyarakat sangat antusias dengan teriakan-teriakan kemenangan mengimbangi lagu yang diputar dari speaker.

Pukul 15.00 wita, Kristiana Muki bergeser dan disambut masyarakat di Desa Haumeni Ana dengan takanab yang dikumandangkan oleh Aloysius. Lalu kabi diedarkan kepadanya sebagai sambutan hangat dari masyarakat.

“Tempat ini sudah menjadi saksi untuk beberapa kali kemenangan politik, terutama saya yang terpilih menjadi Anggota DPRD TTU dan Pak Ray yang terpilih menjadi Bupati TTU dua periode. Jadi kali ini kami datang lagi untuk menang bersama dengan Ibu Kristiana. Saya yakin karena Ibu Kristiana Muki juga adalah cucu dari Haumeni Ana. Oleh sebab itu, Haumeni Ana harus 100 persen. Ingat, bukan lagi 90 persen, tapi 100 persen. Saya sudah keliling semua dan saya menemukan bahwa Bikomi Nilulat pasti 100 persen. Jadi kita pastikan Paket KITA SEHATI harus menang di  Haumeni Ana. Jadi jangan dengar  apapun yang dibicarakan orang. Orang yang membicarakan orang lain adalah ciri orang kalah. Kita ini orang-orang pemenang, jadi bersikaplah seperti orang menang yang selalu tenang. Sekali lagi KITA SEHATI nomor satu harus menang,” tandas Oktovianus Sasi ketika menyampaikan sambutan di Desa Haumeni Ana.

Baca Juga:  KPU Malaka Gelar Pengundian Nomor Urut Paslon Bupati dan Wakil Bupati

Hal senada dituturkan Domi Abi. “Saya datang hari ini untuk mengajak kita semua untuk memilih Paket KITA SEHATI. Ingat 9 Desember 2020, harus pilih nomor satu. Ingat juga bahwa Bapak Ray adalah seorang politikus yang tidak pernah kalah, jadi sekali ini tidak akan kalah juga. Ingat kita pilih orang yang dipastikan menang,” imbuhnya.

Maasyarakat lain yang bernama Stanis Asuat di akhir kampanye mengungkapkan kebahagiaannya sebab dapat bertemu dengan Kristiana Muki, sosok perempuan pertama yang menjadi Calon Bupati TTU kali ini.

“Saya ini laki-laki tetapi saya mengajak kita semua untuk mendukung perempuan ini menjadi Bupati TTU kali ini. Kristiana Muki lebih layak untuk memimpin TTU bersama Yosef Tanu. Bapak-bapak harus mendukung Ibu Kristiana kali ini.

“Kita harus bersatu untuk pilih nomor satu. Harus pilih kita punya orang Dawan sehingga ketika kita membawa keluhan dalam bahasa daerah, kita bisa lebih cepat didengarkan. Kami mau supaya kalau bisa besok pagi langsung coblos sudah supaya kami tunjukkan bahwa Haumeni Ana memang 100 persen untuk Paket  KITA SEHATI,” pungkas Stanis Asuat bersemangat. (Seko/Seko)