Kampanye Perdana di Insana Barat, Warga akan Sapu Rata Pilih KITA SEHATI

oleh -1.454 views
Warga Kecamatan Insana Barat, Kabupaten TTU saat mendengarkan kampanye dari Yosef Tanu Calon Wakil Bupati TTU yang mendampingi Kristiana Muki Calon Bupati TTU dari Paket KITA SEHATI nomor urut 1, pada hari Senin (28/09/2020).

KEFAMENANU, suluhdesa.com – Kristiana Muki, S.Pd., M.Si, Calon Bupati Timor Tengah Utara (TTU) dan Yosef Tanu, S.STP., M.Si, Calon Wakil Bupati TTU dari Paket KITA SEHATI nomor urut 1 yang diusung Partai Nasdem pada hari Senin (28/09/2020) melaksanakan kampanye perdana. Kristiana Muki yang didampingi tim melakukan kampanye pada tiga titik yakni di Desa Tubu, Desa Nilulat, dan Desa Haumeni Ana di Kecamatan Bikomi Nilulat. Sedangkan Yosef Tanu memilih untuk berkampanye di Desa Letneo, Letneo Selatan, dan Desa Unini, Kecamatan Insana Barat, Kabupaten TTU, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Alasan Yosef Tanu melakukan kampanye  di Kecamatan Insana Barat ini sebab dirinya pernah bersekolah di SMPN Mamsena. Selain itu pula, di tempat ini tersebar seluruh keluarga besarnya.

Pantauan Media SULUH DESA, pukul 10.00 Wita, Yosef Tanu dan tim sebelum berangkat kampanye, berdoa bersama di rumahnya di Km 6, Kelurahan Maubeli, Kecamatan Kota Kefamenanu, Kabupaten TTU. Setelah itu bersama tim dalam rombongan kecil, mereka berangkat sambil diiringi lagu-lagu kemenangan Paket KITA SEHATI yang telah dirancang oleh operator sound system di sebuah mobil.

Pada saat memasuki Desa Subun Tualele, Desa Lapeom, Desa Usapi Nonot, Desa Letneo Selatan, Desa Letneo Induk, di Kecamatan Insana Barat, banyak warga yang berdiri di pinggir jalan dan mengacungkan jempol sebagai simbol mendukung Paket KITA SEHATI yang bernomor urut 1. Tak jarang, warga-warga desa tersebut bersorak kegirangan dan bertepuk tangan. Tampaknya mereka bahagia dengan kedatangan Yosef Tanu bersama tim.

Yosef Tanu yang mengenakan pakaian adat Insana ini tiba di Desa Letneo pukul 11.00 Wita. Di tempat ini Yosef Tanu dan tim diterima secara adat oleh tetua yang hadir.

Para tua adat itu menyambut Yosef Tanu dengan takanab. “Selamat datang anak. Kami orang tua menanti dengan hati yang iklas. Kami semua mendukung dan akan memilihmu,” ucap mereka saat penyerahan sirih pinang sebagai tradisi orang Timor.

Kemudian, Yosef Tanu memaparkan visi misi di hadapan puluhan warga yang hadir. Lalu, Yosef Tanu yang didampingi Anggota DPRD Kabupaten TTU dari Fraksi Partai Nasdem, Hyronimus Funan dan Paulus J. Naibesi, bergerak ke Desa Letneo Selatan dan tiba pukul 14.30 Wita. Di desa ini, Yosef juga memaparkan visi misi yang akan dikerjakan oleh Kristiana Muki dan dirinya jika terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati TTU. Kemudian, pada pukul 17.12 Wita, Yosef Tanu yang masih didampingi Hyronimus Funan dan Paulus J. Naibesi berpindah ke Desa Unini dan berjumpa dengan puluhan warga yang telah menanti kedatangannya sejak siang hari.

Baca Juga:  Anggota Satgas TMMD Bagi Masker untuk Warga Desa Oebesi

Baik di Desa Letneo, Desa Letneo Selatan, maupun di Desa Unini, Yosef Tanu mengajak warga yang hadir untuk memilih Calon Bupati TTU dan Calon Wakil Bupati TTU yang mampu membangun Bumi Biinmaffo lima tahun ke depan. Oleh karena itu dengan suara menggelegar Yosef Tanu memperkenalkan sosok Kristiana Muki dan dirinya kepada seluruh warga.

Yosef Tanu menjelaskan bahwa, Kristiana Muki adalah tokoh perempuan TTU yang mumpuni untuk membangun TTU. Kristiana Muki yang merupakan perwakilan perempuan TTU maju di Pilkada TTU sebab ingin memberdayakan semua perempuan.

“Ibu Kristiana Muki itu istri dari Pak Bupati TTU saat ini. Ibu Kristiana setahun lalu menjadi Anggota DPR RI dan hari ini dipilih Partai Nasdem kembali ke TTU untuk membangun TTU. Seharusnya Ibu Kristiana sudah nyaman di Jakarta, akan tetapi demi melanjutkan pembangunan TTU menjadi lebih baik, Ibu Kristiana pulang dan bersama saya maju di Pilkada TTU kali ini. jadi Ibu Kristiana itu kembali ke TTU tidak karena dipaksa siapa-siapa. Tetapi karena survei partai. Sebab survei yang tinggi itulah akhirnya, beliau direkomendasikan untuk menjadi Calon Bupati TTU,” jelas Yosef Tanu.

Yosef Tanu menambahkan juga alasanya maju di Pilkada TTU mendampingi Kristiana Muki. “Saya ini baru berusia 40 tahun. Saya kemarin masih PNS dan menjabat Kepala Bagian Umum Setda Kabupaten TTU. Seharusnya saya dilantik oleh Bapak Bupati TTU untuk menjadi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten TTU pada Bulan Agustus lalu, namun karena diminta oleh Partai Nasdem juga untuk bersama Ibu Kristiana maju di pilkada ini makanya saya memilih berhenti dari PNS. Ini saya lakukan bukan karena ambisi akan kekuasaan. Tetapi lebih dari itu, saya bersama Ibu Kristiana terpanggil untuk membangun daerah ini. Jadi untuk apa kami korbankan hal yang sudah membuat kami nyaman ini kalau bukan untuk sebuah perjuangan menyejahterakan masyarakat,” tambah mantan Camat Noemuti Timur ini.

Pada kesempatan tersebut, Yosef Tanu menyampaikan visi misi yang bakal dilakukannya bersama Kristiana Muki jika terpilih menjadi Bupati TTU dan dirinya menjadi Wakil Bupati TTU.

Hal-hal yang disampaikan itu antara lain melanjutkan pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan, pertanian, peternakan, kesehatan, pengadaan sumur bor atau embung, membantu pendidikan anak sekolah, mengadakan lapangan kerja bagi anak-anak yang telah tamat kuliah.

Baca Juga:  KPU Malaka Tetapkan Paket SBS-WT dan Paket SN-KT Jadi Cabup dan Cawabup

“Jika direstui Tuhan dan dipilih oleh masyarakat TTU untuk memimpin Biinmaffo ini lima tahun ke depan, bersama Ibu Kristiana Muki, maka saya akan memaksimalkan potensi yang ada untuk secara total membangun Kabupaten TTU yang kita cintai ini,” tegas Yosef Tanu.

Sedangkan Anggota DPRD Kabupaten TTU Fraksi Partai Nasdem Hyronimus Funan dan Paulus J. Naibesi yang didaulat oleh pembawa acara Marsianus Oeleu, S.Ag untuk menyampaikan hal-hal pokok terkait Paket KITA SEHATI, mengajak semua masyarakat Kecamatan Insana Barat untuk memilih Kristiana Muki dan Yosef Tanu.

“Kristiana Muki itu istri dari Bupati TTU Ray Fernandez. Jadi sebelumnya Ibu Kristiana itu pernah mengalami hidup sebagai istri yang suaminya (Ray Fernandez, red) menjadi Anggota DPRD TTU, Wakil Ketua DPRD TTU, Wakil Bupati satu periode, dan Bupati TTU dua periode. Nah kemudian, Ibu Kristiana terpilih menjadi Anggota DPR RI tahun lalu. Jadi sesungguhnya kalau mau omong soal jabatan, Ibu Kristiana sudah sangat puas dan terbiasa dengan itu. Ibu Kristiana tidak sedang mengejar jabatan. Akan tetapi karena kecintaannya kepada semua perempuan TTU maka dia harus kembali untuk memimpin TTU ini sehingga menjadi lebih baik,” urai Hyronimus.

Hyronimus juga mengatakan bahwa, sosok Yosef Tanu adalah sosok yang cerdas dan berprestasi dalam birokrasi.

“Pak Yosef Tanu yang harus dilantik menjadi Kepada Dinas PMD Kabupaten TTU ini memilih untuk berhenti dari PNS. Ini sebuah pengorbanan yang besar demi bapak mama semuanya. Oleh karena itu, pilih Kristiana Muki dan Yosef Tanu pada tanggal 9 Desember nanti. Sebab keduanya lebih layak memimpin TTU ini,” kata Hyronimus.

Kemudian, Paulus J. Naibesi dalam sambutannya mengajak semua masyarakat Insana Barat untuk memilih Kristiana Muki dan Yosef Tanu.

“Kita disini harus memilih Kristiana Muki dan Yosef Tanu. Kita harus memenangkan Paket KITA SEHATI. Mengapa demikian, karena Insana ini merupakan pemilih terbesar. Maka, kita harus ingat Yosef Tanu. Yosef Tanu itu anak asli dari sini. Jika dia terpilih bersama Ibu Kristiana, saya pastikan pembangunan Kabupaten TTU ini akan berkelanjutan. Alasan lain mengapa kita semua harus memenangkan Ibu Kristiana Muki dan Pak Yosef Tanu ini, karena keduanya adalah perwakilan dari kaum perempuan dan orang muda. Jika terpilih, semua perempuan dan orang muda di TTU akan diberdayakan,” ajak Paulus disambut tepukan tangan puluhan warga yang mengenakan pakaian adat.

Baca Juga:  Angka Kematian Akibat Covid-19 Meningkat di Indonesia, Masyarakat Masih Santuy?

Hyronimus Funan saat diwawancarai Media SULUH DESA di akhir kampanye terkait kegiatan kampanye Paket KITA SEHATI yang dilakukan oleh Yosef Tanu Calon Wakil Bupati TTU, menandaskan bahwa, “semua masyarakat Insana Barat sangat antusias untuk memenangkan Paket KITA SEHATI.”

Saat itu pula, Hyronimus memprediksi kemenangan Paket KITA SEHATI pada tanggal 9 Desember yang akan datang.

“Yah, prediksi kita tanggal 9 Desember untuk sementara adalah Paket KITA SEHATI menang di Insana Barat 70 persen. Ini untuk sementara karena waktu ini masih berjalan. Prediksi akan menjadi lebih baik kalau pada H-7. Tetapi bagi kami, ini adalah awal yang baik. Kalau bandingkan dengan kampanye perdana paket lain tidak seperti ini. Kalau jumlah pemilih untuk Insana Barat itu saat ini 6000 lebih. Kemarin waktu pemilihan Anggota DPR Kabupaten, jumlah pemilih itu 4000 lebih. Hari ini bertambah sebab ada pemilih pemula, pasti semuanya sapu rata pilih Paket KITA SEHATI nomor urut 1,” imbuh Hyronimus.

Dalam wawancara itu, Hyronimus mengaku sangat optimis bahwa apapun pertarungan itu, kemenangan ada di pihak Paket KITA SEHATI.

“Itu sudah terukur dari figur Bapak Ray, Mama Kristiana, dan ditambah lagi dengan figur Bapak Yosef. Maka kami tidak ragu lagi. Itu pasti nyata kami menang di seluruh Insana. Paket lain mungkin dapat suara tetapi sangat kecil itu. Oleh karena itu, Paket KITA SEHATI adalah harga mati bagi kami di seluruh Insana, termasuk Insana Barat ini. Kami akan sapu rata semua untuk kemenangan Paket KITA SEHATI,” ujar Hyronimus sambil tersenyum.

Salah satu warga yang hadir mengatakan jika dirinya sangat senang karena hari ini Yosef Tanu anak muda yang cekatan dan berasal dari Insana ini datang kembali ke kampung halamannya untuk berjumpa dengan sanak saudara dan semoga terpilih dalam pilkada nanti.

“Saya senang dan bahagia. Dari tadi saya menangis terus dengar dia bicara. Yosef Tanu itu cocok jadi pemimpin di TTU bersama Mama Kristiana. Kita lihat, Yosef Tanu sangat sederhana dan tidak sombong e. Kami pasti akan pilih Ibu Kristiana Muki dan Pak Yosef Tanu untuk jadi Bupati dan Wakil Bupati TTU. Pasti mereka bisa menang,” tutupnya terharu.

Kampanye perdana Paket KITA SEHATI nomor urut 1 yang dilakukan Yosef Tanu Calon Wakil Bupati TTU di Insana Barat berakhir aman dan warga yang hadir mengikuti kampanye dengan protokol Covid-19 yang sangat ketat. (fwl/fwl)