Para Cabup dan Cawabup TTU Lakukan Penarikan Nomor Urut

oleh -381 views
Ketiga pasangan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati TTU foto bersama usai menarik nomor urut yang bertempat di Hotel Ariesta-Kota Kefamenanu, Kabupaten TTU, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Kamis (24/09/2020).

KEFAMENANU, suluhdesa.com – Tiga pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten TTU, Provinsi Nusa Tenggara Timur, telah resmi ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) pada Rabu (23/09/2020) menjadi Calon Bupati-Wakil Bupati dalam Pilkada 9 Desember 2020 mendatang. Proses penetapan sudah melalui rapat pleno yang dihadiri seluruh Komisioner KPU Kabupaten TTU.

Ketiga Pasangan Calon Kepala Daerah (Cakada) yang ditetapkan tersebut yakni, Calon Bupati-Wabup Frengky Saunoah-Amandus Nahas (Paket Fresh), Kristiana Muki-Yosef Tanu (Paket KITA SEHATI), dan David Juandi-Eusebius Binsasi (Paket Desa Sejahtera).

Kepada wartawan, Ketua KPU TTU, Paulinus Lape Feka mengatakan, KPU TTU telah melakukan rapat pleno tertutup dengan menetapkan tiga pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati menjadi calon Bupati dan Wakil Bupati dalam Pilkada TTU 2020.

“Sesuai PKPU Nomor 9, KPU harus menetapkan pasangan calon. Dan kami sudah menyerahkan berita acara penetapan ini kepada tiga pasangan calon yang telah ditetapkan dalam rapat pleno tertutup oleh KPU,” katanya.

Baca Juga:  Di Nansean, Masyarakat akan Memenangkan Kristiana Muki dan Yosef Tanu

Penarikan Nomor Urut Oleh Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati TTU

Kamis (24/09/2020) bertempat di Hotel Ariesta-Kota Kefamenanu, KPU Kabupaten TTU menggelar rapat pleno pengundian dan penetapan nomor urut Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati TTU. Sebelum mengambil nomor undian, para paslon diwakili calon wakil bupati setiap paket mengambil nomor urut untuk penarikan nomor undian.

Untuk penarikan nomor undian diambil langsung para calon bupati tiap paket. Paket KITA SEHATI mendapatkan nomor urut 1, paket Fresh mendapatkan nomor urut 2 dan paket Desa Sejahtera mendapatkan nomor urut 3.

Ketua KPU Kabupaten TTU, Paulinus Lape Feka mengatakan, Nomor urut bukan penentu kemenangan dalam pertarungan pilkada. Namun nomor urut menjadi elemen dan identitas paslon ditahap-tahap selanjutnya. Nomor tersebut akan terus melekat hingga penetapan pasangan calon terpilih pada Desember mendatang.

Baca Juga:  Hari Pertama KPU Malaka Terima Pendaftaran Paket SBS-WT

“Nomor urut ini menjadi identitas yang akan melekat dengan para paslon hingga penetapan calon terpilih nantinya,” ucapnya.

Pantauan Media SULUH DESA, ketiga pasangan calon bupati dan wakil bupati itu yang datang pada pukul 11.00 Wita sebelum memasuki ruangan untuk mengikuti proses penarikan nomor urut, melakukan protap kesehatan Covid-19 dengan mencuci tangan, membersihkan tangan dengan hand sanitizer, dan mengecek suhu tubuh yang dilakukan oleh petugas yang ada. Acara penarikan nomor urut masing-masing paslon berjalan aman dan lancar serta berkahir pukul 13.00 Wita.

Ini Makna Nomor Urut Menurut Para Calon Bupati TTU

Kepada wartawan usai mengikuti tahapan penarikan nomor urut, Kristiana Muki, Calon Bupati TTU dari Paket KITA SEHATI menjelaskan bahwa, nomor 1 melambangkan perjuangan dan kemenangan.

“Kami optimis bisa menang dalam Pilkada TTU ini. Nomor 1 merupakan nomor keberuntungan kami dan saya yakin kita pasti menang,” ungkap Kristiana Muki.

Baca Juga:  Selain Cantik, Ibu Kristiana Muki Juga Cerdas dan Berintegritas

Paket Fresh yang mendapatkan nomor urut 2 mengatakan nomor 2 dalam tiga hal, yaitu, kemenangan, kedamaian dan persaudaraan.

“Dua sering dilambangkan sebagai kemenangan. Angka dua juga dilambangkan sebagai kedamaian atau peace. Angka yang sama juga dimaknai sebagai persaudaraan. Kami yakin nomor 2 akan membawa kami ke dalam kemenangan Pilkada TTU mendatang. Kemenangan kami akan membawakan kedamaian sekaligus persaudaraan bagi seluruh masyarakat Kabupaten TTU,” jelas Frengky Saunoah.

Sedangkan Paket Desa Sejahtera yang mendapat nomor urut 3 mengaku, sangat senang bisa mendapatkan nomor tersebut.

“Kami senang karena doa kepada Tuhan dikabulkan sehingga kami mendapat nomor 3. Nomor 3 merupakan nomor yang diinginkan Paket Desa Sejahtera. Angka tiga melambangkan tiga Swapraja yang ada di TTU. Angka yang sama juga melambangkan tiga partai besar yang mengusung Paket Desa Sejahtera,”tegas David Djuandi disambut tepuk tangan semua yang hadir. (fwl/fwl)