Orasi Politik Kristiana Muki, Jadikan TTU Lebih Baik dan Beradab

oleh -1.387 views
Kristiana Muki (Calon Bupati TTU) dan Yosef Tanu (Calon Wakil Bupati TTU) saat Deklarasi Paket KITA SEHATI di Aula Biinmaffo, Kota Kefamenanu, Sabtu (05/09/2020).

KEFAMENANU, suluhdesa.com – Kristiana Muki Calon Bupati Timor Tengah Utara (TTU) yang didampingi oleh Yosef Tanu sebagai Calon Wakil Bupati TTU dengan nama Paket KITA SEHATI pada saat deklarasi, Sabtu (05/09/2020) di Aula Biinmaffo, Kota Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara, Provinsi Nusa Tenggara Timur, sangat memukau puluhan ribu pendukungnya yang memadati Gedung Biinmaffo dan Lapangan Oemanu lewat orasi politiknya. Kristiana Muki yang tampil mengenakan busana daerah tais dan bet ana itu sangat cantik dan anggun. Pidatonya membakar semangat dan memantik harapan bagi semua warga Biinmaffo akan hadirnya seorang wanita yang menjadi tumpuan cita-cita dan pemimpin yang membawa mereka menjadi lebih baik ke depan atau taleok nbin neno amnemat. Perempuan berkaca mata dan penuh lembut itu adalah gambaran pemimpin perempuan yang berhati ibu. Tidak sia-sia Partai Nasdem mendorongnya maju dalam Pilkada TTU kali ini bersama Yosef Tanu untuk menjadi Calon Bupati TTU Periode 2020-2025.

Berikut adalah orasi politik Kristiana Muki yang berhasil direkam Media SULUH DESA.

SALAM PANCASILA. KITA SEHATI……….. LANJUTKAN!!! KITA SEHATI……… MAJU!!!  KITA SEHATI……..MENANG!!! SALAM RESTORASI…………..!!!

Yang terhormat Ketua DPW Partai Nasdem bersama jajaran pengurus DPW Partai Nasdem Propinsi NTT. Yang saya hormati ketua DPD Partai Nasdem Kabupaten TTU bersama jajaran pengurus DPD, ada Juga Ketua DPD Nasdem Kabupaten Kupang dan Kabupaten TTS. Yang saya hormati anggota DPRD Provinsi NTT Fraksi Partai Nasdem. Yang saya hormati Para anggota DPRD TTU Fraksi Partai Nasdem. Yang saya hormati tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh perempuan, tokoh adat, tokoh pemuda, simpatisan, bapak/ mama Pecinta Paket KITA SEHATI yang kami cintai dan kasihi. KITA semua Disini Karena Cinta.

Feotnai ma Naimnuke es utuna ma ulatan kit (saudara-saudari terkasih yang saya bangga muliakan)

Pertama – tama patut kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat dan perlindungannya maka kita semua dapat berkumpul di aula Biinmaffo ini, untuk melakukan Deklarasi serta Pendaftaran Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati TTU periode 2020 – 2025 yang di usung oleh Partai Nasional Demokrat (Nasdem).

Suatu kehormatan bagi saya dan Yosef Tanu dapat berdiri di podium ini dalam rangka Deklarasi Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati TTU Periode 2020-2025. Kami merasa terhormat karena dapat dipercaya oleh masyarakat TTU dan Partai Nasdem untuk mewujudkan mimpi kita yakni mewujudkan dan melanjutkan pembangunan di Kabupaten Timor Tengah Utara sebagai kabupaten yang maju dan beradab, sehingga mampu bersaing dengan daerah lain.

Ijinkan kami menyampaikan terima kasih kepada Bapak Ketua umum Partai Nasdem, Bapak Surya Paloh dan keluarga besar Partai Nasdem (DPP, DPW, DPD hingga DPRT) yang telah memberikan kepercayaan kepada kami, Kristiana Muki dan Yosef Tanu, menjadi Calon Bupati-Wakil Bupati Kabupaten TTU.

Terima kasih juga kami haturkan kepada seluruh keluarga besar yang telah memberikan dukungan, baik moril maupun materiil kepada kami, sehingga dapat berpartisipasi dalam pesta demokrasi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati TTU Tahun 2020. Kehadiran bapak/mama, saudara/i, sahabat/teman memberi keyakinan bahwa kita pasti menang. Keyakinan untuk menang cukup beralasan yakni saya telah mendampingi Bapak Raymundus dalam pemerintahan kurang lebih 20 an tahun, setidaknya sangat paham tentang penyelenggaaan pemerintahan dan masalah – masalah publik. Begitupun dengan adik saya Yosef Tanu, orang muda pekerja keras, cerdas dan gesit.

Baca Juga:  Terpujilah Mama Kristiana Muki di antara Lima Lelaki dalam Pilkada TTU

Bagi kami, pemilukada adalah momentum untuk memilih putra dan putri terbaik TTU secara demokratis. Hal ini bukan sekadar soal siapa yang menang dalam pertarungan pemilukada. Namun, proses yang diharapkan dapat menghasilkan pemimpin 5(lima) tahun kedepan yang tidak hanya cerdas tetapi  memiliki integritas dan memiliki kedekatan dengan rakyatnya.

Feotnai ma Naimnuke es utuna ma ulatan kit (saudara-saudari terkasih yang saya bangga muliakan)

Melihat besarnya potensi Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusia ini, Saya, Kristiana Muki dan juga Yosef Tanu dengan tagline KITA SEHATI, menawarkan gagasan untuk TTU kita yang tercinta. Kami berdua telah sepakat untuk meneruskan apa yang telah dilakukan oleh pemerintah sebelumnya yakni dengan Visi : mewujudkan masyarakat TTU yang SEHATI, Sejahtera, Berdaya Saing, Adil, Profesional, Demokratis dan Mandiri melalui Pemberdayaan Potensi Sumber Daya Manusia dan Sumber Daya Alam secara Lestari melalui 5(lima) Misi, yaitu :

  1. Memberdayakan ekonomi kerakyatan berbasis potensi unggulan daerah yang berwawasan lingkungan hidup secara sinergis dan berkelanjutan.
  2. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pembangunan pendidikan dan kesehatan yang berkualitas, merata dan terakses.
  3. Meningkatkan aksebilitas melalui pembangunan dan pemerataan infrastruktur daerah.
  4. Mewujudkan tata kepemerintahan yang baik dan bersih.
  5. Mengembangkan kawasan strategis daerah dengan menata Kota Kefamenanu, mengembangkan kawasan pesisir, kawasan perbatasan serta memberdayakan masyarakat desa.

Feotnai ma Naimnuke es utuna ma ulatan kit (saudara-saudari terkasih yang saya bangga muliakan).

untuk mewujudkan misi tersebut, Saya dan Yosef Tanu menawarkan beberapa program unggulan untuk membangun TTU sesuai potensi dan permasalahan yang ada.

Untuk mewujudkan misi pertama, yaitu memberdayakan ekonomi kerakyatan berbasis potensi unggulan daerah yang berwawasan lingkungan hidup secara sinergis dan berkelanjutan.

Di bidang pertanian dan peternakan kami memiliki program unggulan berupa :

  1. Bantuan Sapi bagi KK miskin
  2. Perluasan lahan pertanian pada kelompok tani dengan traktor lahan kering serta pupuk organik bagi petani.
  3. Program yang ketiga adalah program Tanggap (Tanam Jagung, Kacang Tanah Lurik dan Porang) Tuai Rupiah. Dalam program ini petani diberikan bibit gratis, pendampingan dan penyuluhan dan akses pemasaran yang baik.

Di bidang ekonomi, kami menawarkan program :

  1. Pembangunan ekonomi kreatif salah satunya melalui pemberdayaan BUMDes
  2. Program yang lain adalah menjadikan tenun ikat sebagai produk unggulan dengan membantu koperasi, UKM dan Penenun agar dapat membuka lapak pada situs-situs e-commerce agar produk tenunan dapat dipasarkan secara luas.
  3. Bantuan Modal bagi UMKM.
Baca Juga:  Liga Mahasiswa NasDem NTT: Pemkot Kupang Harus Lawan Covid-19 Dari Akar Rumput

Di bidang pariwisata, kami memiliki program unggulan berupa :

  1. Melengkapi fasilitas sarana prasarana obyek-obyek wisata.
  2. Menjadikan desa adat tamkesi, Budaya Kure Noemuti, serta karnaval budaya dan napak tilas HUT kota beradab sebagai destinasi wisata unggulan serta melakukan promosi di media sosial dan event-event internasional.
  3. Wisata Kuliner pada malam hari.
  4. Membangun perkampungan agro-culture wisata dengan memanfaatkan lahan kosong di pinggiran kota untuk lahan pertanian dan kolam pemancingan yang dipadu dengan lopo kafe yang menyediakan kuliner khas TTU dan spot-spot foto menarik.

Di bidang perikanan, memaksimalkan balai benih Ikan Oeluan untuk produksi benih ikan dan dibagikan kepada masyarakat.

Feotnai ma Naimnuke es utuna ma ulatan kit (saudara-saudari terkasih yang saya bangga muliakan)

Untuk mewujudkan misi yang kedua, yaitu meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia melalui pembangunan pendidikan dan kesehatan yang berkualitas, merata dan terakses.

Kami memiliki program unggulan berupa :

  1. PROGRAM KELAS PINTAR (ruang belajar secara online), program Pemasangan wifi di seluruh sekolah SD dan SMP.
  2. Meningkatkan kapasitas tenaga kesehatan dengan pendidikan dan pelatihan serta menambah jumlah Nakes sebanyak 500 orang. Kita akan mewujudkan setiap desa harus memiliki minimal 1 (satu) tenaga perawat dan 1 (satu) tenaga bidan.
  3. Pelayanan kesehatan GRATIS bagi masyarakat kurang melalui program Jaminan Kesehatan Daerah (JAMKESDA).
  4. Tersedianya pelayanan ambulance 1×24 jam (on call) dalam program Patriot Hallo TTU Sehat
  5. Menyediakan rumah singgah bagi penyandang masalah sosial, korban KDRT, dan pelecehan sexual.

Feotnai ma Naimnuke es utuna ma ulatan kit (saudara-saudari terkasih yang saya bangga muliakan)

Untuk mewujudkan misi yang ketiga, yaitu meningkatkan aksebilitas melalui pembangunan dan pemerataan  infrastruktur daerah. Kami memiliki program unggulan berupa :

Program Bedah Rumah Tidak layak Huni (BERARTI) akan tetap kita lanjutkan.

Untuk mewujudkan misi yang keempat, yaitu mewujudkan tata kepemerintahan yang baik dan bersih.

Kami memiliki program unggulan berupa :

  1. Membangun pusat data dan informasi terpadu pemerintah daerah berbasis TI dengan meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Terpadu Pemerintah Daerah Kabupaten TTU (SIMPPEDA TTU).
  2. Meluncurkan Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat Kabupaten TTU (LAPOR KTU) dengan membuka kanal pengaduan melalui website, sms, WhatsApp, dan aplikasi android.

Untuk mewujudkan misi yang kelima, yaitu mengembangkan kawasan strategis daerah dengan menata Kota Kefamenanu, mengembangkan kawasan pesisir, kawasan perbatasan serta memberdayakan masyarakat desa.

Kami memiliki program unggulan berupa, pembangunan sarana pendukung destinasi wisata (Tuamese dan Oebubun)

Feotnai ma Naimnuke es utuna ma ulatan kit (saudara-saudari terkasih yang saya bangga muliakan).

Semua program unggulan yang kami tawarkan bukan semata gagasan, karena sebagian pernah dan sedang kami lakukan di TTU. Catatlah apa yang kami tawarkan ini sebagai kontrak politik, dan kami bersedia mempertanggungjawabkannya kelak di akhir jabatan jika terpilih, pun pasti akan dimintai pertanggungjawabannya di hadapan Tuhan Yang Maha Esa, kelak.

Feotnai ma Naimnuke es utuna ma ulatan kit (saudara-saudari terkasih yang saya bangga muliakan).

Ijinkan kami, pada kesempatan ini menghaturkan rasa hormat yang setinggi-tingginya kepada Bupati Timor Tengah Utara, Bapak Raymundus Fernandez yang telah membangun TTU dalam kurun waktu 10 tahun dengan baik. Berbagai program telah beliau implementasikan. Berbagai kemajuan telah dirasakan oleh masyarakat TTU. Banyak program yang telah diapresiasi oleh pemerintah pusat diantara Program Padat Karya yang masuk TOP 40 Kebijakan inovatif Daerah tahun 2018. Kami sangat mengapresiasi kinerja kepemimpinan beliau karena di akhir masa kepemimpinannya, TTU terbukti telah keluar dari status daerah tertinggal melalui Perpres No. 63 Tahun 2020.

Baca Juga:  Kampanye di Insana, Yosef Tanu; Bidang Peternakan, Kami ada Program SAMUDERA

Kemajuan pembangunan ini dapat dilihat dengan meningkatnya perbaikan sarana dan prasarana infrastruktur jalan raya dan jembatan, dimana telah terbangun jalan sepanjang 407,63 km dan 101 jembatan, usia harapan hidup meningkat hingga saat 66,9 tahun, pendapatan per kapita di tahun 2010 sebesar Rp 196.395 meningkat di tahun 2019 sebesar Rp 363.162. Program Bedah Rumah layak Huni juga berjalan terus hingga saat ini total yang sudah dibangun dan sementara dibangun sebanyak 3.368 unit (belum termasuk yang menggunakan APBDes dan APBN) untuk tahun 2018, 2019 dan 2020 dari target 30.046 unit. Pengembangan daerah perbatasan pun  dapat dilihat secara nyata melalui pembangunan infrastuktur jalan raya dan penataan destinasi wisata seperti seperti Pantai Wini dan Tanjung Bastian. Kemajuan di bidang pertanian juga sangat dirasakan  masyarakat, hal ini dapat dilihat dari meningkatnya produksi pertanian berupa jagung, kacang tanah, padi, sayur-sayuran dan buah-buahan dalam 3 tahun terakhir.

Populasi ternak sapi, kambing dan babi pun mengalami peningkatan, bahkan  jumlahnya telah melampau target yang telah ditetapkan pada RPJMD. Bapak Raymundus telah meletakan hal yang baik agar masyarakat TTU dengan gerakan cukup makan, tinggal layak dan pakai layak. Hal ini yang merupakan pondasi yang kuat untuk kepemimpinan Bupati periode 2020-2025.

Oleh karena itu, izinkan saya, bersama Bapak  Yosef Tanu meneruskan pembangunan di TTU ini, menjadikan TTU yang lebih baik lagi, menjadikan TTU yang maju  dan TTU yang beradab. Kami percaya, semua itu akan kita capai bersama. Karena kita semua bekerja dengan HATI, sepenuh HATI, dan kita semua SEHATI untuk TTU KITA tercinta.

Kepada lawan-lawan politik, mari kita bersaing secara sehat, beradu gagasan yang mencerdaskan, dan bersama kita jaga iklim demokrasi yang sehat di TTU. Semoga persaingan politik di TTU ini, tidak membuat rakyat terbelah dan saling membenci satu sama lain. Saya, Kristiana Muki, menawarkan perdamaian, dengan politik yang santun, saling menghormati.

Kepada seluruh pendukung Paket KITA SEHATI, bekerjalah dengan sepenuh HATI, hindari menebar fitnah, niatkan dengan kebaikan. Karena sesungguhnya kemenangan hanya milik orang-orang yang SEHATI dan ber HATI Mulia.

“ON ME ON ME, ALAHA HIT ATOEN METO” (Bagaimana pun hanya kita Orang Timor Asli). Salam Kita Sehati Salam Restorasi. (fwl/fwl)