Assessment Center Provinsi NTT Diakreditasi BKN Pusat

oleh -138 views
Assessment Center di Pemerintah Provinsi NTT, pada Kamis (10/09/2020).

KUPANG, suluhdesa.com – Tim Akreditasi Pusat Pengembangan Kompetensi ASN melakukan visitasi dalam rangka akreditasi penyelenggaraan penilaian kompetensi atau dikenal dengan nama Assessment Center di Pemerintah Provinsi NTT, pada Kamis (10/09/2020).

Tim Akreditasi diterima oleh Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah Octa Grandi Floris Angi, S.H di Ruang Rapat Assement Center, lantai dasar Gedung Aula Eltari. Hadir pula papada kesempatan itu, Kepala Bidang Disiplin dan KORPRI Carolina M. A. Ondok, S.H, Kabid Pengembangan Pegawai Drs. Naftaly S. Huky, M.Pub.Pol, Kasubid Penilaian Kompetensi dan Kinerja Gergorius Babo, S.Kom dan sejumlah Assessor SDM Aparatur.

Grandy menyampaikan permohonan maaf Kepala BKD Henderina S. Laiskodat, SP, M.Si karena pada saat yang bersamaan ia tidak bisa hadir karena sedang melaksanakan tugas di kabupaten.

Baca Juga:  Ketua Pertina NTT Melepas 6 Atlit Tinju Prapon 2 ke Bogor

Ia menyampaikan terima kasih kepada Tim Akreditasi yang berkenaan untuk menilai atau mengakreditasi Assessment Center Provinsi NTT.

Selanjutnya, pada kesempatan yang sama, Kabid Pengembangan memaparkan selayang pandang Assessment Center yang meliputi pembentukan lembaga, sumber daya manusia dan hal yang telah dicapai oleh Assessment Center.

Menurut Naftaly, Assessment Center Provinsi NTT telah melewati proses panjang sejak tahun 2010. Sejak itu pula, seleksi Assessor dilakukan dan mengikuti magang di BKD Jawa Tengah hingga mencapai kondisi saat ini.

Baca Juga:  PMKRI Kupang Minta Pemprov NTT Perketat Pelabuhan dan Bandara Cegah Penyebaran Corona

Lanjutnya, secara organisatoris, tahun 2019, fungsi Assessment Center melekat di bidang pengembangan, secara khusus Sub Bidang Penilaian Kompetensi dan Kinerja.

Dari aspek SDM, mantan Assessor SDM Aparatur ini, menyampaikan bahwa Assessment Center didukung psikolog dan assessor yang melaksanakan tugas penilaian. Selain itu tim manajemen yang terdiri unsur pimpinan dan pelaksana administrasi.

Sejak berdirinya, tim assessor SDM Aparatur terlibat dalam penilaian kompetensi manajerial lingkup Pemerintah Provinsi NTT, Kabupaten/Kota serta dilibatkan dalam kegiatan yang dilaksanakan oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD).

Baca Juga:  Marciana Dominika Djone Srikandi Asal Ngada Pimpin Kemenkumham NTT

Pada kesempatan itu, pihak Assessment Center diberikan kesempatan untuk menyampaikan alasan pemberian bobot setiap sub unsur pada lembaran self assessment. Yohanes Tael Lim, S.E, M.M, Assessor SDM Aparatur Muda mewakili Assessment Center untuk mempresentasikan hasil penilaian diri.

Sebelum Hans memaparkan materi, Sekban BKD diberikan kesempatan untuk menyampaikan closing statement.

Dengan nada khas penuh optimisme, Sekban BKD berujar, “segala sesuatu telah disiapkan dengan baik, maka hasil pun baik.”

Ucapannya menyulut optimis hadirin akan hasil yang maksimal, lalu ia pun meninggalkan ruangan bersama Kabid Disiplin dan KORPRI. (Tim Assessment Center Provinsi NTT/Sumber: ac.bkd.nttprov.go.id)