PERMATA Kupang Bentuk Karang Taruna dan Kelompok Ternak di Desa Lerek

oleh -344 views
Foto bersama Senior, Pengurus PERMATA Kupang dan Ketua Karang Taruna terpilih.

LEMBATA, suluhdesa.com – Perhimpunan Mahasiswa Asal Lembata (PERMATA) Kupang dalam rangkaian kegiatan Gerakan Cinta Lembata (GENTA) yang dilakukan di Desa Lerek, Kecamatan Atadei, Kabupaten Lembata, Provinsi Nusa Tenggara Timur, pada Senin (24/08/2020) hingga Jumat (28/08/2020), melakukan agenda pemberdayaan masyarakat.

Kegiatan pemberdayaan masyarakat itu adalah melakukan pelatihan peternakan ayam petelur dan pembentukan karang taruna. Pelatihan ayam petelur dilakukan bersama dengan Dinas Peternakan Kabupaten Lembata. Dalam pelaksanaan setelah dibekali dengan materi, proses pelatihan dilanjutkan dengan pembuatan kandang ayam bersama dengan Mahasiswa PERMATA Kupang.

Selain itu, PERMATA Kupang juga memberikan 25 ekor bibit ayam petelur beserta pakannya sebagai sampel kepada kelompok pengelola yang diberi nama “Laka Raya PERMATA”.

Koordinator pendamping Peternakan Kecamatan Atadei, Petrus Selestinus Amuntoda mengatakan bahwa, “sebagai pendamping di kecamatan ini, kami mempunyai tanggung jawab untuk memberikan dampingan kepada masyarakat.”

Baca Juga:  OMK Paroki St. Fransiskus Asisi BTN Kolhua Kunjungi Warga Binaan Lapas

“Kami sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh PERMATA Kupang,” ungkapnya.

Ketua Kelompok Laka Raya PERMATA, Yudas Boli Henakin menyampaikan terima kasih kepada PERMATA Kupang yang sudah memberikan modal awal bagi kelompok ini.

“Kami bersama pemerintah Desa Lerek siap untuk menjalankan usaha ini,” tambah Henakin.

Dalam kegiatan tersebut, PERMATA Kupang juga menginisiasi pembentukan Karang Taruna Desa Lerek. Karang taruna yang dibentuk ini diberi nama Tena Lagadoni dan Mariano Laga Ladjar terpilih sebagai Ketua Umum untuk masa bhakti 2020/2023.

Baca Juga:  20 Puskesmas di Malaka Siap Digunakan Jika Ada yang Terpapar Covid-19

Pada kesempatan ini, Ketua Karang Taruna Desa Lerek, Mariano Ladjar menyampaikan bahwa ia sangat bersyukur karena pada momen kegiatan GENTA ini, akhirnya karang taruna terbentuk.

“Keberlanjutan kepemimpinan di Desa Lerek ini menjadi tanggung jawab bagi kaum muda kedepannya, sehingga wadah ini sebagai tempat untuk mempersiapkannya,” ucapnya.

Ia juga mengajak pemuda untuk serius mengelola wadah Karang Taruna sebagai upaya untuk memajukan Desa Lerek.

Baca Juga:  RD Deodatus Parera Ajak OMK KAK Doa Bersama Dari Rumah, Kenang Wafat Paus Yohanes Paulus II

Ketua umum PERMATA Kupang, Hendrikus Hamza Langodai mengatakan bahwa Kelompok Peternak Laka Raya PERMATA dan Karang Taruna Tena Lagadoni menjadi usaha dari PERMATA Kupang untuk memberdayakan masyarakat di Desa Lerek. \

“Semoga usaha ini terwujud dengan baik,” tutupnya. (yohanedangwala/edangwala)