Kristiana Muki Maju di Pilkada TTU Tidak untuk Meneruskan Dinasti Politik

oleh -880 views
Kristiana Muki (Calon Bupati Timor Tengah Utara) yang didampingi Yosef Tanu (Calon Wakil Bupati Timor Tengah Utara).

KEFAMENANU, suluhdesa.com – Kemunculan nama Kristiana Muki dalam Pilkada 2020 di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) membuat heboh publik. Diketahui, istri dari Bupati TTU Ray Fernandes yang juga merupakan Anggota DPR RI itu telah resmi untuk maju sebagai Bakal Calon Bupati TTU berpasangan dengan Yosef Tanu sebagai Bakal Calon Wakil Bupati TTU di Pilkada 2020, sebab beberapa waktu yang lalu Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Nasdem telah secara resmi mengusung keduanya untuk bertarung dalam perhelatan demokrasi yang akan berlangsung. Dengan tagline KITA SEHATI, Kristiana Muki yang merupakan sosok perempuan bersahaja ini telah memantapkan langkahnya maju untuk bertarung pada tanggal 9 Desember nanti dengan didampingi Yosef Tanu, sang birokrat muda pekerja keras. Perlahan namun pasti, seluruh amunisi telah dikerahkan untuk memenangkan pertarungan tersebut.

Akan tetapi, majunya Kristiana Muki sebagai Calon Bupati TTU ini, menimbulkan pro kontra di masyarakat TTU sampai muncul penyebutan yang viral di medsos bahwa Kristiana Muki maju untuk menyelamatkan dinasti politik Ray Fernandes.

Kepada Media SULUH DESA saat ditemui di kediamannya di Kelurahan Liliba, Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Selasa (25/08/2020), wanita berkaca mata yang akrab disapa Irna ini mengungkapkan bahwa, terlalu naif jika membicarakan dinasti atau meneruskan kekuasaan.

Baca Juga:  Pembangunan Ekonomi Kabupaten TTU Perlu Analisis SWOT

“Saya mau katakan begini, setiap kabupaten berdiri atau terbentuk berdasarkan regulasi aturan  undang- undang. Berbeda dengan kerajaan yah. Tentu, setelah raja turun ke istri atau ke anak atau ke saudara dan setelah ditunjuk langsung dikukuhkan. Kalau itu dikaitkan dengan dinasti politik sekarang tentu berbeda. Karena saya melihat rujukan regulasi aturan undang-undang. Lain halnya setelah Pak Ray, saya ditunjuk dan dilantik, ini kan tidak.Saya mengikuti semua proses kontestasi politik. Saya mengikuti proses tahap demi tahap di pesta demokrasi ini tinggal masyarakat yang memilih sesuai hati nurani mereka. Saya maju ini karena untuk memperjuangkan kepentingan masyarakat. Saya maju di Pilkada TTU ini tidak untuk meneruskan dinasti politik. Jelaskan seperti apa itu?,” ungkap ibu dari enam orang anak ini.

Mantan Guru di SMA Fides Quarens Intelectum Kefamenanu menjelaskan, kalau orang lain mengatakan dengan dirinya maju di Pilkada TTU untuk meneruskan dinasti atau tidak mau turun kekuasaan itu keliru.

Baca Juga:  Tingkatkan Solidaritas, Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 132/BS Renovasi Gereja

“Karena saya tidak pernah mau didikte oleh siapapun termasuk suami saya sendiri,” tegas Kristiana yang sempat mengajar di SMK Kesehatan St. Agustinus Kefamenanu itu.

“Kalau saya adalah orang yang tidak mau didikte oleh siapapun termasuk suami sendiri. Saya mandiri dengan segala kemampuan yang saya miliki. Sekali lagi teman-teman tolong tunjukkan dinasti itu ke saya sesungguhnya seperti apa,” tambah wanita yang lahir pada tanggal 3 Oktober 1974 di Kefamenanu.

Kendati demikian, majunya Kristiana Muki di Pilkada TTU ini mendapat dukungan dari Partai Nasdem setelah melakukan survei internal. Sehingga, Kristiana Muki dan Yosef Tanu yang unggul dalam survei internal partai pun diusung oleh Partai Nasdem di Pilkada TTU.

“Saya bersama Adik Yosef Tanu akan mengupayakan yang terbaik untuk masyarakat TTU. Kami prioritaskan kepentingan banyak orang. Perempuan dan anak muda kita perhatikan secara maksimal,” tutup Alumni SD Yaperna Leob tersebut.

Baca Juga:  Di Desa Biloe, Masyarakat Sebut Yosef Tanu Visioner Muda untuk TTU

Berikut adalah biografi singkat Kristiana Muki

Nama : KRISTIANA MUKI, S.Pd., M.Si.

Tempat Lahir / Tanggal Lahir : Kefamenanu / 03 Oktober 1974

Agama : Katolik

Riwayat Pendidikan

  • SD , SDK Yaperna Leob. Tahun: 1982 – 1988
  • SMP , SMPN 1 Kefamenanu. Tahun: 1988 – 1991
  • SMA , SMAN Kefamenanu. Tahun: 1991 – 1994
  • S1 Pendidikan Matematika, Universitas Timor (UNIMOR). Tahun: 2006 – 2010
  • S2 Ilmu Administrasi, Universitas Nusa Cendana. Tahun: 2016 – 2018

Riwayat Pekerjaan

  • SMK St.AGUSTINUS, Sebagai: GURU. Tahun: 2012 – 2016
  • SMPN Fatumfaun, Sebagai: GURU. Tahun: 2010 – 2018
  • SMP Nurul Falah, Sebagai: GURU. Tahun: 2009 – 2010
  • Anggota DPR RI dari Partai Nasdem Periode 2019 – 2024

Riwayat Organisasi

  • Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten TTU, Sebagai: Ketua. Tahun: 2013 – 2022
  • PKK Kabupaten TTU, Sebagai: KETUA. Tahun: 2010 – 2021
  • Dekranasda Kabupaten TTU, Sebagai: Ketua. Tahun: 2010 – 2021
  • PKK Kabupaten TTU, Sebagai: Wakil Ketua. Tahun: 2005 – 2010
  • Dekranasda Kabupaten TTU, Sebagai: Wakil Ketua. Tahun: 2005 – 2010. (vrg/fwl)