Cegah Covid-19, Pintu Perbatasan RI-RDTL Ditutup Kembali

oleh -217 views
Duta besar (Dubes) Republik Demokratik Timor Leste (RDTL) untuk Republik Indonesia (RI), Alberto Xavier Pereira Carlos.

MALAKA, suluhdesa.com – Pemerintah Republik Demokratik Timor Leste (RDTL) memberikan signal untuk menutup kembali pintu keluar masuk negara Timor Leste (Tiles) dalam waktu dekat. Hal itu disampaikan Duta Besar RDTL untuk Indonesia, Alberto Xavier Pereira Carlos kepada wartawan di sela-sela kunjungannya di Kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Kamis (06/08/2020).

Penutupan kembali pintu perbatasan itu untuk menekan penularan Covid-19 gelombang kedua yang berpotensi menular di negara itu.

Dikatakannya, terkait Pandemi Covid-19, Pemerintah RDTL telah mendeklarasikan emergency state pada akhir Maret 2020 dan diperpanjang lagi hingga bulan Mei 2020. Setelah itu emergency state dicabut karena Covid-19 di Tiles sudah tidak ada (Zona Hijau).

Baca Juga:  Polres Malaka Didesak Segera Tahan Pelaku Pengeroyokan Terhadap Wartawan

“Satu dua minggu ke depan Pemerintah RDTL merencanakan untuk memberlakukan lagi emergency state untuk menyelamatkan masyarakat Tiles dari Covid-19 gelombang kedua yang diimport dari luar,” ucap Alberto.

Alberto menjelaskan, hingga saat ini aktivitas di Perbatasan RI-RDTL sesuai keputusan Pemerintah Timor Leste setiap hari Rabu di buka mulai Pukul 10.00 -12.00 Wita untuk menerima arus keluar masuknya barang dan orang ke Timor Leste dan sebaliknya.

Baca Juga:  PMKRI Kupang Minta Pemprov NTT Perketat Pelabuhan dan Bandara Cegah Penyebaran Corona

“Hal itu bisa mengalami perubahan sesuai keadaan dan kebutuhan,” tutup Alberto. (fecos/fecos)