STIPER FB Diharapkan Hadirkan Intelektual Ngada yang Cerdas dan Kreatif

oleh -233 views
Wakil Ketua MPR RI Dr. Jazilul Fawaid didampingi Anggota DPR RI N. M. Dipo Nusantara Pua Upa, S.H., M.Kn melakukan kunjungan ke ibu kota Kabupaten Ngada (Bajawa), Provinsi Nusa Tenggara Timur, Jumat (30/07/2020).

BAJAWA, suluhdesa.com – Wakil Ketua MPR RI Dr. Jazilul Fawaid didampingi Anggota DPR RI N. M. Dipo Nusantara Pua Upa, S.H., M.Kn melakukan kunjungan ke ibu kota Kabupaten Ngada (Bajawa), Provinsi Nusa Tenggara Timur, Jumat (30/07/2020). Kunjungan ini dalam rangka kegiatan sosialisasi empat (4) pilar kebangsaan.

Dalam kunjungan tersebut mereka disambut oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Ngada Theodosius Yosefus Nono, Ketua Yasukda RD Silverius Betu bersama dengan Ketua Sekolah Tinggi Pertanian Flores Bajawa (STIPER FB) Dr. Nicolaus Noywuli. Sambutan ini diawali dengan penyematan Tas adat Ngada (Bere, red), parang Bajawa (topo, red) dan sapaan adat (Sa Ngaza, red).

Setelah dari ituWakil Ketua MPR RI bersama rombongan diarak dengan tarian Jai yang dibawakan oleh Para Tenaga Pendidik dan Kependidikan STIPER FB serta para Guru dan Pelajar SMAK Regina Pacis Bajawa  yang dipimpinan oleh Wakil Ketua STIPER FB Gerardus Reo, SE., M.Si menuju Aula Yayasan Persekolahan Umat Katolik Ngada (YASUKDA) yang juga rektorat Kampus Sekolah Tinggi Pertanian Flores Bajawa (STIPER FB).

Baca Juga:  Dokter Domi Mere: Cegah Corona Hindari Kerumunan Massa

Mengawali kegiatan sosialisasi empat (4) pilar kebangsaan, dihadapan seluruh pengurus STIPER FB, para dosen, karyawan/karyawati, pengurus YASUKDA, utusan sekolah-sekolah yang bernaung di bawah Yasukda serta perwakilan dari Pemerintah Kabupaten Ngada, Dr. Jazilul Fawaid, SQ., MA dalam sambutan mengucapkan limpah terimakasihnya kepada Pemerintah Kabupaten Ngada, dan juga kepada Yayasan Persekolahan Umat Katolik Ngada (YASUKDA).

“Saya mewakili kami semua yang datang mengucapkan limpah terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Ngada dan juga kepada Yayasan Persekolahan Umat Katolik Ngada (YASUKDA) yang telah menyambut kedatangan kami secara meriah. Ngada adalah kabupaten yang dingin tetapi hangat karena kebiasaan masyarakatnya. Mungkin ini karena selalu mengonsumsi Kopi Bajawa yang memang mampu membangkitkan energi,” katanya.

Dalam acara sosialisasi Empat (4) Pilar Kebangsaan tersebut Dr. Jazilul mengingatkan kepada semua yang hadir bahwa, “saat ini Indonesia dan dunia sedang menghadapi problem besar pandemi Covid-19. Pandemi ini memengaruhi seluruh dimensi kehidupan manusia termasuk ekonomi bangsa-bangsa. Bersamaan dengan problem ini Pancasila juga memang diuji. Untuk itu ketahanan pangan menjadi fondasi yang sangat baik untuk dikelola.”

Baca Juga:  Disperindag Jatim Bagikan Masker Kepada Pedagang Pasar Keputran Surabaya

Selain itu, ia juga menegaskan bahwa, “penting bagi kita masyarakat Indonesia untuk selalu menjaga  toleransi dan silaturahmi sebagai wujud pemahaman dan pengamalan pilar-pilar kebangsaan demi menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Karena dengan itu akan membawa berkat bagi perkembangan kehidupan bersama.”

Menutup kegiatan sosialisasi itu, Wakil Ketua MPR RI juga mengharapkan agar STIPER FB harus menjadi target bagi semua orang untuk belajar menimba ilmu di tempat ini.

Sedangkan, Anggota DPR RI dari PKB, N. M. Dipo Nusantara Pua Upa pada kesempatan itu juga menambahkan, “dari Flores, Soekarno merefleksikan Pancasila. Maka dari itu saya yakin bahwa nilai-nilai keutamaan Pancasila telah hidup dan berkembang di Flores sejak dahulu kala. Flores adalah Laboratorium Pancasila. Oleh karena itu STIPER FB harus dapat menghadirkan intelektual muda Ngada yang cerdas dan kreatif di bidang pertanian, agar alam Flores yang indah tidak dieksploitasi untuk kepentingan orang perorangan yang dapat merusak tatanan kehidupan yang ada di Flores. Terutama dalam kehidupan dengan alam yang indah dan lahan pertanian yang subur.”

Di akhir kegiatan sosialisasi empat pilar kebangsaan, Ketua STIPER FB, Dr. Nicolaus Noywuli, SPt., M. Si menjelaskan, pihak STIPER FB menyampaikan rasa hormat yang mendalam kepada semua pihak yang mendukung kegiatan tersebut.

Baca Juga:  Pemkot Kupang Harus Lakukan Penyelidikan Epidemiologi Secara Efektif dan Rapid Test Massal

Tak lupa pula ia juga mengucapkan terima kasih kepada Wakil Ketua MPR RI dan Anggota DPR RI yang hadir.

“Saya atas nama keluarga besar STIPER FB menyampaikan limpah terima kasih kepada semua pihak yang mendukung kegiatan ini. Dan terima kasih pula disampaikan kepada Bapak Dr. Jazilul Fawaid dan Bapak N. M. Dipo Nusantara Pua Upa, S.H., M.Kn. Kunjungan kalian ke STIPER FB merupakan suatu kehormatan yang luar biasa,” ucap Noywuli.

Noywuli juga berharap, “kiranya melalui kunjungan dan dukungan  ini, STIPER FB menjadi lebih bersemangat dalam bertumbuh dan berkembang untuk menghasilkan para intelektual yang mampu menjadi kekuatan yang dapat diandalkan dalam mengembangkan pertanian dan peternakan di Kabupaten Ngada, yang memahami dan mengamalkan pilar-pilar kebangsaan demi menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.” (Jello/Red)